Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Penguatan Moderasi Beragama Siswa

  • Shoimatul Ghoniyati UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Nur Kholik Afandi UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Sudadi Sudadi UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda

Abstract

Abstract

The purpose of this research is to determine the implementation of Islamic Religious Education Learning in strengthening religious moderation at SMPN 15 Samarinda. To gather data the author used observation, interview and as well as documentation. Meanwhile, in analyzing data the author used qualitative methods. From the outcome of this survey, it is known that the implementation of Islamic Religious Education learning in strengthening religious moderation carried out at SMPN 15 Samarinda includes teaching and habituation. Teaching is bring out not only inside but also outside the classroom. Through this teaching, the teacher then familiarizes students with understanding each other so that tolerant attitudes grow stronger in their daily lives and also in social interactions with the outside world. The implementation of Islamic Religious Education is quite good, seen from the attitudes and behavior of students, most of whom show moderate students. Even though some of them still have students who do not understand this, they do not give up in continuing to try to learn and understand tolerance, non-violence and moderation in worship. The student environment which does not fully support the success of learning Islamic Religious Education in realizing religious moderation is wrong. One thing that teachers must continue to pay attention to. This can be done in several ways, namely habituation, example, and enforcing school rules. It is hoped that this can help teachers in giving birth to moderate generations, that is they have a good and consistent attitude of tolerance, are anti-violence, and are not excessive. In worship, the meaning here is not always to blame people whose worship is seen to be different from oneself.

Keywords: Islamic Education, Attitude, and Religiouus Moderation,

 

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui suatu pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam penguatan moderasi beragama di SMPN 15 Samarinda. Untuk pengumpulan data pada penelitian ini penulis menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan pada analisis data penulis menggunakan metode kualitatif. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam penguatan moderasi beragama yang dilakukan di SMPN 15 Samarinda diantaranya melalui pengajaran serta pembiasaan. Adapun pengajaran di sana dilakukan tidak hanya dalam kelas tetapi juga luar kelas. Melalui pengajaran tersebut guru kemudian membiasakan siswa untuk saling memahami satu sama lain agar sikap toleran tumbuh semain kuat dalam kesehariannya maupun juga di pergaulan dunia luar. Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam ini dilihat dari sikap dan perilaku siswa yang sebagian besar sudah menujukkan siswa yang bermoderat. Meski beberapa dari mereka masih terdapat siswa yang belum memahami hal tersebut namun mereka tidak menyerah untuk terus berusaha belajar mengerti dan memahami mengenai sikap toleran, anti kekerasan dan moderasi beribadah. Lingkungan siswa yang belum sepenuhnya menunjang keberhasilan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam penguatan moderasi beragama ini menjadi salah satu hal yang harus terus diperhatikan oleh guru. Hal ini dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu: pembiasaan, keteladanan, dan penegak aturan sekolah diharapkan dapat membantu guru dalam melahirkan generasi-generasi yang bermoderat yaitu memiliki sikap toleransi yang baik dan juga konsisten, anti terhadap hal-hal yang berkaitan dengan kekerasan, dan tidak berlebihan dalam beribadah maksudnya disini tidak selalu menyalahkan orang-orang yang dilihat ibadahnya berbeda dengan dirinya. Guru juga semestinya lebih memberikan variasi pada metode pembelajaran di kelas supaya siswa mudak memahami apa yang disapaikan dan tidak merasa bosan selama proses pembelajaran berlangsung.

Kata Kunci: Pendidikan Agama Islam, Budi Pekerti, dan Moderasi Beragama

Published
2023-11-30
How to Cite
Ghoniyati, S., Afandi, N., & Sudadi, S. (2023). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Penguatan Moderasi Beragama Siswa. Borneo Journal of Islamic Education, 3(2), 223-236. https://doi.org/10.21093/bjie.v3i2.8355