Implementasi Pembelajaran Fikih Berbasis Multimedia Interaktif Macro-Enabled untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa

  • Zarkasi Zarkasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
  • Ahmad Taufik Universitas Wahid Hasyim Semarang
Keywords: Multimedia Pembelajaran Interaktif PowerPoint (macro-enabled), keaktifan siswa.

Abstract

Di beberapa sekolah negeri dan swasta di Kabupaten Demak, terdapat beberapa permasalahan dalam pembelajaran pendidikan agama Islam diantaranya adalah pengajaran yang masih dominan klasikal (ceramah), di beberapa madrasah dan sekolah rata-rata didominasi oleh guru yang usianya sudah tidak tergolong muda, siswa sering merasa bosan dan bahkan mengantuk ketika pembelajaran PAI, keaktifan siswa serta hasil belajar yang cenderung rendah. Penelitian ini bertujuan: mendeskripsikan bagaimana implementasi pembelajaran fikih kelas X materi zakat berbasis multimedia pembelajaran interaktif – power point (macro-enabled) untuk meningkatkan keaktifan siswa MAS Miftahussalam Wonosalam Kabupaten Demak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah guru dan siswa, teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian ini adalah ketika pembelajaran fikih pada materi zakat dilaksanakan di laboratorium komputer dengan menggunakan multimedia pembelajaran interaktif – power point (macro-enabled), terlihat semua siswa kelas X IPA tampak semangat sekali dan juga sangat antusias untuk mengikuti proses pembelajaran. Namun karena jumlah komputer yang ada di laboratorium komputer hanya 23 buah sedangkan jumlah siswa kelas X IPA sebanyak 40 orang, maka siswa dibagi menjadi 20 kelompok dimana setiap kelompok terdiri dari 2 orang siswa untuk menggunakan1 komputer. Setelah melihat indikator keaktifan belajar siswa, multimedia pembelajaran interaktif ini terbukti mampu meningkatkan keaktifan belajar siswa.

References

Buku

Hamid, Moh. Sholeh, Mendesai Kegiatan Belajar-Mengajar Begitu Menghibur Metode Edu Tainment Cet. 2, Yogyakarta: DIVA Press, 2012.

Wena, Made, Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer (Suatu Tinjauan Konseptual Operasional) Cet. Ke-6, (Jakarta Timur: PT Bumi Pustaka, 2011.

Syaodih Sukmadinata, Nana, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2007.

Jumantoro, Totok dan Munir Amin,Samsul, Kamus Ushul Fikih, Jakarta: Amzah, 2009.

Ash-Shidqy, T.M Hasbi, Pengantar Hukum Islam, Jakarta: Bulan Bintang, 1996.

Bakry, Nazar, Fiqh Dan Ushul Fiqh, Jakarta:PT Raja Grafindo Persada, 2009.

Mulyasa, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006

Ma’mur Ali, Jamal, 7 Tips Aplikasi PAKEM Cet.7, Yogyakarta: DIVA Press, 2013.

Djamarah, Syaiful Bahri, dan Zain, Aswan, Strategi Belajar Mengajar Cet.IV, Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Asyhar, Rayandra, Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran, Jakarta: Referensi, 2012.

Arsyad, Azhar, Media Pembelajaran, Jakarta: Rajawali Pers, 2009.

Daryanto, Media Pembelajaran, Yogyakarta: Gava Media, 2010.

Schunk, Dale H., Learning Theories an Educational Perspective Terj. Edisi Ke-6, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.

Nana Sudjana dan Ahmad Rivai, Media Pengajaran, Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2002.

Asyhar, Rayandra, Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran, Jakarta: Referensi, 2012.

Marcovitz, D. M, Powerful Power Point for educators : using Visual Basic for applications to make Power Point interactive. Wesport: Libraries Unlimited, 2004.

Sardiman, A. M., Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2007

Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta, 1999.

Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana, 2009.

Sudjana, Nana, Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remadja Karya, 1988.

Jurnal

Suartama, I. Pengembangan Mutimedia untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran pada Mata Kuliah Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, Jilid 43,Nomor 3, Oktober 2010.

Nursit, Isbadar, Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Power Point(Macro-Enabled) Pada Mata Kuliah Geometri Euclid Dalam Pembelajaran Matematika,Jurnal Media Pendidikan Matematika “J-MPM” Vol. 4 No. 1, ISSN 2338-3836.

Nanindra Mahastrajaya, Anisa, Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Melaksanakan Sholat Untuk Siswa Kelas IV SDN Lempuyangwangi Yogyakarta, Artikel Jurnal.
Hamidi, Nur, Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pendidikan Agama Islam Berbasis Adobe Flash Professional CS6 Untuk Mendukung Implementasi Kurikulum 2013, Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. XIV, No. 1, Juni 2017.

Website

Ilham. 2009. Upaya Guru Membangkitkan Keaktifan Siswa. Online at: bangilham.wordpress.com/2009/03/31/pentingnya-upaya-guru-dalammengembangkan-keaktifan-belajar-siswa/.

Sumber dari https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2018/03/gunakan-komputer-dalam-pembelajaran-bukan-hanya-unbk diakses pada 1 Mei 2018.

Diakses dari https://kemenag.go.id/berita/read/363759/kakanwil-jatim--100--madrasah-di-surabaya-terapkan-unbk pada 1 Mei 2018.
http://media.diknas.go.id/media/document/PAI.pdf diakses tanggal 20 Mei 2018.

Diakses dari https://support.office.com/id-id/article/membuat-makro-di-Power Point-5b07aff6-4dc9-462f-8fc9-66b4c5344e7e pada 1 Mei 2018.
Published
2019-12-01
How to Cite
Zarkasi, Zarkasi, and Ahmad Taufik. 2019. “Implementasi Pembelajaran Fikih Berbasis Multimedia Interaktif Macro-Enabled Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa”. SYAMIL: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education) 7 (2), 187-206. https://doi.org/10.21093/sy.v7i2.1787.