Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Berbasis Metode Ummi Bagi Siswa SDIT Salsabilla Sleman

  • Hafidh Nur Fauzi Pascasarjana Universitas Ahmad Dahlan
  • Waharjani Waharjani Pascasarjana Universitas Ahmad Dahlan
Keywords: Character Education, Tahfidz Learning, Ummi Method.

Abstract

This study aims to determine the steps of character education through the Al Qur`an SDIT Salsabila 8 Sleman tahfidz program, to identify the character values of Salsabila 8 Sleman SDIT students through the Al Quran tahfidz program, and to determine the evaluation of character education through the Al Quran tahfidz program. This study uses a qualitative descriptive study with data triagulation analysis techniques. To obtain information the researchers used interview, observation and documentation techniques with the subject of the teacher and the principal. Based on the results obtained: Steps in character education through learning the Koran tahfidz at SDIT Salsabila; 1) Preparing the teaching staff, 2) mapping the levels of students, 3) Grouping, 4) Making a schedule, 5) implementation. Implementation of character values that are applied through learning Tahfidz Al Qur'an at SDIT Salsabila 8 Sleman there are 18 characters, but there are 7 dominant character values that appear including: 1) Religion, 2) honest, 3) hard work, 4) fond of reading, 5) creative, 6) responsible, and 7) discipline. Evaluation of character learning through Al Quran tahfidz education at SDIT Salsabila 8 Sleman has been going well where students will be evaluated daily and at the end of the semester by examiners and controlled through achievement books.

References

Agus Setiawan, Prinsip Pendidikan Karakter dalam Islam (Jurnal Dinamika, Vol. 14, No. 1, 2014)
Ahmad Sudrajat, Pengaruh karakter dalam kesuksesan seseorang (Jakarta: Sudrajat Wordpress, 2005)
Ahmad Tanzeh. Metodologi Penelitian Praktis (Yogyakarta: Teras, 2011)
Anas Salahudin & Irwanto, Pendidikan Karakter Berbasis Agama dan Budaya, (Bandung: Pustaka Setia, 2013)
Asmani Jamal Ma’mur. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. (Yogyakarta: Diva Press, 2011)
Azzet Akhmad Muhaimin. Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia. (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2011)
Hakim, Rosniati.. Pendidikan Karakter peserta didik melalui Pendidikan Berbasis Al Quran. (Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun 2014), Vol. IV, No 2
Hilda Anissyifa, Pendidikan Karakter dalam Prespektif Pendidikan Islam, (Jurnal Pendidikan Universitas Garut, Vol. 8, No. 1, 2014)
John W. Creswell. Research Design (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2017)
Kemendiknas. Panduan pelaksanaan pendidikan Karater. (Jakarta: Kemendiknas, 2011)
Kesuma Dharma, dkk. Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011)
Kharis Khozin. Konsribusi Program Tahfidzul Al Qur`an Jurusan Agama dalam mengembangkan Manajemen Pendidikan Berbasis Pesantren Ma Al-Amiriyyah blokagung Tegalsari Banyuwangi.( Jurnal Darussalam; Jurnal Pendidikan, komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam, 2017), Vol. VII, No 2
Margono. Metode Penelitian Pendidikan (Jakarta: Rineka Cipta, 2014)
Mu’in, Pendidikan Karakter Konstruksi Teoritik dan Praktik, (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Group, 2011)
Muhtar, Ahmad & Anam, Nurul. Manifesto Pendidikan Islam dan Pesantren. (Yogyakarta: Pustaka Pelajar., 2003)
Musrifah, Pendidikan Karakter Prespektif Islam. (Jurnal Edukasia Islamika, Vol. 1 No.1, Desember 2016)
Musyanto. Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Tahfidz Al-Qura’an di SDIT IQRA Bengkulu. (Jurnal Al-Bahtsu Vol. 1 No 1 Juni 2016)
Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Kalam Mulia, 2010)
Saptono. Dimensi-dimensi Pendidikan Karakter Wawasan, Strategi, dan Langkah Praktis. (Jakarta: Erlangga, 2011)
Tim Penyusun, Sertifikasi Guru Al-Qur’an Metode Ummi (Surabaya: Ummi Foundation, 2011)
Yuanita, Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Siswa SDIT Al-Bina Pangkalpinang. (Jurnal JPSD Vol. 5 No. 1, 2018)
Zulfitria. Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an dalam pendidikan Karakter Anak Usia Dini. (Jurnal JIPI Anak Usia Dini, Vol. 1 No. 2, 2006)
Muhsinin, Model Pendidikan Karakter Berbasis Nilai Islam Untuk Membentuk Karakter Siswa yang Toleran. (Jurnal Edukasi, Vol. 8, N0. 2, Agustus 2013).
Published
2019-12-01
How to Cite
Fauzi, Hafidh, and Waharjani Waharjani. 2019. “Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Berbasis Metode Ummi Bagi Siswa SDIT Salsabilla Sleman”. SYAMIL: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education) 7 (2), 149-64. https://doi.org/10.21093/sy.v7i2.1831.