Waqf and Its Implementation in Islamic Education: A Comparative Study of Educational Waqf in Indonesia and Thailand from the Perspective of Islamic Law

  • Moh. Mahrus Universitas Islam Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Imroh Atul Musfiroh Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Galby Silvia Rachmah Arunsat Vittaya School Pattani Thailand
Keywords: Wakaf, Pendidikan, Indonesia, Thailand, Wakaf Pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi wakaf di bidang pendidikan dalam perspektif hukum Islam dengan studi komparatif antara Indonesia dan Thailand. Wakaf, sebagai salah satu instrumen filantropi dalam Islam, memiliki peran penting dalam mendukung pembangunan sosial dan ekonomi, khususnya dalam sektor pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kepustakaan, serta analisis terhadap regulasi dan praktik wakaf di kedua negara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun terdapat perbedaan kontekstual antara Indonesia dan Thailand dalam pengelolaan wakaf, keduanya memanfaatkan wakaf pendidikan untuk memperkuat akses terhadap pendidikan bagi masyarakat Muslim. Di Indonesia, wakaf pendidikan telah berkembang melalui dukungan pemerintah dan regulasi yang mengatur pemanfaatan serta pengelolaan harta wakaf. Sementara itu, di Thailand, pengelolaan wakaf pendidikan dilakukan dengan pendekatan komunitas yang lebih informal, menyesuaikan dengan kondisi minoritas Muslim di negara tersebut. Studi ini menyimpulkan bahwa dengan optimalisasi wakaf pendidikan, kedua negara memiliki potensi besar dalam meningkatkan kualitas pendidikan umat Islam. Implikasi dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan bagi pengembangan kebijakan wakaf yang lebih efektif dan berkelanjutan di sektor pendidikan, serta memperkaya literatur terkait wakaf dalam perspektif hukum Islam.

References

Ahmad Rafiq, Tuntunan Wakaf dalam Perspektif Ekonomi Syariah: Konsep, Implementasi, dan Tantangan, Jurnal Ekonomi Syariah dan Pengembangan Ekonomi Daerah, Vol. 5 No. 1, 2022, 1-15 DOI: 10.1234/jesped.2022.v5i1.001
Muhammad Mustafa Syalabi, Muhadarah fi al-Waqf wa al-Washiyyah (Iskandariyah: tnp, 1957), 19
Kajian Teori Kesejahteraan Sosial Dalam Pelaksanaan Wakaf Atas Tanah - Onny Medaline, Awqaf, Volume 10 No. 2 Edisi Desember 2017 Hal 142 -153
Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004
Peraturan Pemerintah Nomor 42 Tahun 2006
Liesma Maywarni Siregar, Puguh Setiawan, Majalah Ilmu Pengetahuan dan Pemikiriran Keagamaan Tajdid , h.169-176.
Disadur dari dokumentasi pada “Buku Agenda Santri Ponpes Putri Walisongo Cukir Jombang” tahun akademik 2009-2010.
Edy Setyawan, Asep Saepullah, Fitri Fahrunnis, Mahkamah: Jurnal Kajian Hukum Islam, 273 Vol. 3, No. 2, Desember 2018 E-ISSN: 2502-6593
Published
2024-06-15
How to Cite
Mahrus, Moh., Imroh Musfiroh, and Galby Rachmah. 2024. “Waqf and Its Implementation in Islamic Education: A Comparative Study of Educational Waqf in Indonesia and Thailand from the Perspective of Islamic Law”. SYAMIL: Journal of Islamic Education 12 (1), 161-72. https://doi.org/10.21093/sy.v12i1.9349.

Most read articles by the same author(s)