Peran Ustadz Dan Ustadzah Pelaksanaan Pendidikan Karakter Para Santri di TPA Baitussolihin Tenggarong

  • Risma Choirul Imamah State Islamic Institute of Samarinda
  • Muhammad Saparuddin
Keywords: Karakter, Peran, Pendidikan, Lingkungan

Abstract

Peran adalah sebuah perangkat tingkat yang diharapkan dimiliki oleh orang yang berkedudukan dalam masyarakat. Ustadz dan Ustadzah atau guru adalah seorang pendidik yang berada dalam linkungan pendidikan Islam. Ustadz dan Ustadzah yang memiliki tugas untuk menyalurkan pemahamannya baik dalam segi pemahaman Al-Qur’an dan Hadits serta tenta memiliki pkarakter yang baik sehingga dapat di contoh oleh para peserta didiknya. Pendidikan adalah sebuah proses denga pengubahan sikap dan sebuah tata sikap seseorang atau sekelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan, seperti proses, cara dan perbuatan pendidik. Karakter adalah sifat-sifat kejiwaan, akhlak atau budi pekerti yang membedakan seseorang dari yang lain, tabiat atau watak. Tujuan dengan adanya peran ustadz dan ustadzah adalah untuk memberikan contoh kepada peserta didik pentingnya memiliki karakter ayng baik. Sekarang banyak anak-anak yang memiliki karakter memprihatinkan tidak sesuai dengan pendidikan yang diinginkan. Banyak yang berpendapat bahwasannya pendidikan karakter dapat memperbaiki macam-macam karakter anak agar menjadi manusia yang baik. Maka dari itu, penulis mengambil sebuah penelitian di salah satu tempat pendidikan tentang pelaksanaan pendidikan karakter.

References

Abdurrahman, and Fatoni. “Metodologi Penelitian Dan Teknik Penyusunan Skripsi,” hlm. 104-105. Jakarta: PT. Rinekha Cipta, 2006.
Johansyah, “The Role of School Culture in the Formation of Student Character in SMPN 4 Kaubun Kabupaten Kutai Timur,” Proceedings of the 2017 International Conference on Education and Technology (2017 ICEduTech), November, 2017. https://dx.doi.org/10.2991/icedutech-17.2018.17
Maryam, Siti, Ahmad Riyadi, dan Wildan Saugi. 2019. "Implementasi Pendidikan Berbasis Sistematika Wahyu." el-Buhuth: Borneo Journal of Islamic Studies 2 (1): 9-23. https://doi.org/10.21093/el-buhuth.v2i1.1943
Rahmat, Pupu Saeful. “Penelitian Kualitatif.” EQUILIBRIUM Vol. 5 No. 9 (2009): hlm. 2.
Ridwan. “Statistika Untuk Lembaga Dan Instansi Pemerintah/Swasta,” hlm.137. Bandung: Alfabeta, 2004.
Samrin. “Pendidikan Karakter (Sebuah Pendekatan Nilai).” Jurnal Al-Ta’dib Vol. 9 No. 1 (2016): hlm. 123.
Saugi, Wildan. 2020. "Implementation of Curriculum Kuttab Al-Fatih on Children at an Early Age." Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5 (1): 70-84. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.510.
Setiawan, Agus. “Konsep Pendidikan Tauhid Dalam Keluarga Perspektif Pendidikan Islam.” EDUCASIA: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Dan Pembelajaran, June 30, 2017. http://educasia.or.id/index.php/educasia/article/view/15.
———. “Prinsip Pendidikan Karakter Dalam Islam: Studi Komparasi Pemikiran Al-Ghazali Dan Burhanuddin Al-Zarnuji.” Dinamika Ilmu 14, no. 1 (June 1, 2014): 1–12.
Published
2020-07-01
How to Cite
Imamah, R., & Saparuddin, M. (2020). Peran Ustadz Dan Ustadzah Pelaksanaan Pendidikan Karakter Para Santri di TPA Baitussolihin Tenggarong. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 1(3), 215-221. https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v1i3.2420