Learning Society Berbasis Literasi Digital Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam Menuju Era 5.0 (Studi Kasus di MI Riyadlotul Uqul Kediri)

  • Pratama Surya Bagus Kusuma Sekolah Tinggi Agama Islam Al Fithrah Surabaya
  • Ficky Dewi Ixfina Sekolah Tinggi Agama Islam Al Fithrah Surabaya
Keywords: learning society, literasi digital, mutu pendidikan

Abstract

Berkembangnya teknologi Informasi menjadi salah satu factor yang mempengaruhi era digital 5.0. Teknologi serba digital sangat massif berkembang khususnya pada sector pendidikan di Indonesia. Learning society berbasis literasi digital di munculkan sebagai upaya meningkatkan mutu pendidikan khususnya lembaga pendidikan islam. Madrasah dikategorikan bermutu yakni apabila dapat mengembangkan potensi untuk semakin berprestasi, baik akademik maupun non akademik. MI Riyadlotul uqul Kediri merupakan madrasah yang memiliki sarana perpustakaan dan mengembangkan budaya literasi digital. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data berupa, wawancara, dokumentasi dan observasi, Analisis data data berupa, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini pertama tahab pelaksanaan meliputi; penyediaaan lab komputer untuk menunjang learning society, memanfaatkan media digital dalam proses pembelajaran, menyediakan papan informasi berbasis digital, menggunakan aplikasi edukatif. Kedua system pengendali meliputi; sistem pengendali dari pihak madrasah yakni sering mengevaluasi segala bentuk progam penggunakan literasi digital, system pengendali dari lingkup keluarga karena keluarga memiliki peran yang cukup penting untuk kelangsungan pendidikan anak. Ketiga implikasi; mampu meningkatkan mutu pendidikan melalui jalur prestasi akademik dan non akademik.

References

Akbar, M. F., & Anggraeni, F. D. (2017). Teknologi Dalam Pendidikan : Literasi Digital dan Self-Directed Learning pada Mahasiswa Skripsi. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(1), 28–38. https://doi.org/10.23917/indigenous.v1i1.4458
Arfani, L. (2016). Mengurai hakikat pendidikan, belajar dan pembelajaran. Pelita Bangsa Pelestari Pancasila, 11(2), 81–97. https://pbpp.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPB/article/view/5160
Habsari, S. (2005). Bimbingan dan Konseling SMA Untuk Kelas IX (Grasindo).
Harahap, L. (2019). Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNIMED PERAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PENDIDIKAN. 375–381.
Kholilur Rahman. (2018). Perkembangan Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia. Tarbiyatuna, 6(1), 1–8. http://journals.sagepub.com/doi/10.1177/1120700020921110%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.reuma.2018.06.001%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.arth.2018.03.044%0Ahttps://reader.elsevier.com/reader/sd/pii/S1063458420300078?token=C039B8B13922A2079230DC9AF11A333E295FCD8
Laela, N. A. (2022). Literasi Digital Dalam Lingkugan Sekolah. In Literasi Digital Berbasis Pendidikan.
Muthmainnah, -. (2015). Pemanfaatan Video Clip Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini. In Jurnal Pendidikan Anak (Vol. 2, Issue 2). https://doi.org/10.21831/jpa.v2i2.3050
Nugraha, D. (2022). Literasi Digital dan Pembelajaran Sastra Berpaut Literasi Digital di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9230–9244. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.3318
Oktariani, O., & Ekadiansyah, E. (2020). Peran Literasi dalam Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan (J-P3K), 1(1), 23–33. https://doi.org/10.51849/j-p3k.v1i1.11
Prayoga, A., Widad, A. L., Marliana, E., Mukarromah, I. S., & Ruswandi, U. (2019). Implementasi Penjaminan Mutu Madrasah. Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 70–84. https://doi.org/10.52431/murobbi.v3i1.183
Rahmah, S. (2016). Peran Keluarga Dalam Pendidikan Akhlak. Alhiwar Jurnal Ilmu Dan Teknik Dakwah, 147(March), 11–40.
Salminawati. (2017). Filsafat Pendidikan Islam. In Inspiratif Pendidikan (Vol. 6, Issue 2). https://doi.org/10.24252/ip.v6i2.5231
Setyaningsih, R., Abdullah, A., Prihantoro, E., & Hustinawaty, H. (2019). Model Penguatan Literasi Digital Melalui Pemanfaatan E-Learning. Jurnal ASPIKOM, 3(6), 1200. https://doi.org/10.24329/aspikom.v3i6.333
Suharmanto, A. dan S. (2017). Pemanfaatan Internet Sebagai Media Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di Sma Negeri 1 Sleman. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Dan Hukum, 5, 24–41.
Syaikhu, A. (2020). Strategi Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(2), 59–75. https://doi.org/10.36835/au.v2i2.416
Umam, Kaiful; Zaini, I. (2013). Penerapan Media Digital Dalam Pembelajaran Apresiasi Batik Kelas X SMA Negeri 1 Blega. Jurnal Pendidikan Seni Rupa, 1(1), 100–105. https://media.neliti.com/media/publications/246793-penerapan-media-digital-dalam-pembelajar-2cae37c2.pdf
Widya, L. W., & Soedjarwo, N. (2019). Partisipasi Masyarakat dalam Mewujudkan Masyarakat Pembelajar (Learning Society) Melalui Kampung Herbal Nginden Kecamatan Sukolilo Surabaya. JPUS: Jurnal Pendidikan Untuk Semua, 3(1), 27–36. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpls/index
Yunaningsih, Ani Indah, Diani, Septiawan, E., & Fajar. (2021). Upaya Meningkatkan Kualitas Layanan Publik Melalui Digitalisasi. Altasia : Jurnal Pariwisata Indonesia, 3(1), 9–16. https://doi.org/10.37253/altasia.v3i1.4336
Published
2023-06-15
How to Cite
Kusuma, P., & Ixfina, F. (2023). Learning Society Berbasis Literasi Digital Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam Menuju Era 5.0 (Studi Kasus di MI Riyadlotul Uqul Kediri). Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 4(2), 255-267. https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v4i2.6640