Evaluasi Rekruitmen ASN PPPK Jalur Formasi Guru

  • Isnaini Maratus Sholihah Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Sumardi Sumardi Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Ahmad Muhibbin Universitas Muhammadiyah Surakarta
Keywords: evaluation, recruitment, civil servant, PPPK, CIPP.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi terhadap rekrutmenĀ  ASNĀ  melalui jalur PPPK dengan fokus pada formasi guru. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Library Research, di mana data dan informasi diperoleh dari studi literatur yang relevan dengan topik evaluasi rekrutmen ASN PPPK. Evaluasi dilakukan menggunakan pendekatan model CIPP (Context, Input, Process, Product), yang melibatkan analisis konteks, evaluasi pada tahap input, evaluasi proses, dan evaluasi produk. Pada tahap evaluasi konteks, evaluasi ini mendukung tujuan proyek yaitu mengatasi permasalahan guru honorer, meningkatkan kesejahteraan guru, dan meningkatkan kualitas pendidikan. Temuan evaluasi tahap input menunjukkan bahwa ketentuan dan tahapan seleksi yang ditetapkan telah tepat. Evaluasi proses pelaksanaan penerimaan PPPK Jalur Formasi Guru menyoroti pentingnya koordinasi yang lebih baik antar kementerian terkait dalam penentuan jadwal tahapan seleksi. Evaluasi produk program rekrutmen ASN guru melalui jalur PPPK menunjukkan keberhasilan dan dampak positif terhadap pendidikan di Indonesia. Rekrutmen ini telah berhasil mengatasi permasalahan guru honorer, meningkatkan kesejahteraan guru, dan berkontribusi dalam peningkatan kualitas pendidikan.

Published
2023-06-14
How to Cite
Sholihah, I., Sumardi, S., & Muhibbin, A. (2023). Evaluasi Rekruitmen ASN PPPK Jalur Formasi Guru. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 4(2), 223-234. https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v4i2.6670