Evaluasi Program Parenting di Sekolah Dasar Menggunakan Discrepancy Evaluation Method

  • Taufik Nurrochman Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Sumardi Sumardi Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Ahmad Muhibbin Universitas Muhammadiyah Surakarta
Keywords: evaluasi discrepancy, parenting, sekolah dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberi evaluasi pada program parenting di SD Negeri 1 Manggung Boyolali. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian ini menggunakan model Discrepancy Evaluation Method mulai dari desain, instalasi, proses, produk, dan analisis biaya manfaat. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara kepala sekolah, guru dan orang tua siswa, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan ke efektifan perencanaan dan pelaksanaan program parenting dan untuk mengidentifikasi serta menganalisis masalah yang muncul dalam proses pelaksanaaan program parenting berdasarkan data-data yang telah dikumpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program parenting di SD Negeri 1 Manggung Boyolali mendapatkan penilaian yang baik. Deskripsi tahap desain, instalasi, dan tahap proses telah memenuhi delapan puluh persen aspek sesuai pedoman, dan tahap produk juga sesuai, sehingga program ini dinilai baik. Dalam tahap kelima membandingkan dengan program lain, setiap program memiliki manfaatnya sendiri dan saling mendukung. Namun, terdapat empat area yang perlu diperbaiki dalam program ini. Pertama, keterlibatan orang tua di dalam kelas belum terlaksana. Kedua, kegiatan "keluarga untuk keluarga" telah terhenti. Ketiga, belum terdapat gabungan berita dan bacaan pendamping. Terakhir, pengasuh ikut serta dalam program ini. Oleh karena itu, kami merekomendasikan agar program ini dilanjutkan dengan melakukan perbaikan yang diperlukan.

References

Abdulah, I., & Safarina. (2016). Keluarga, Sekolah Keluarga, dan Masyarakat (125th ed.). PT Raja Grafindo.
Agus, W. (2017). Pendidikan Karakter Usia Dini (Strategi Membangun Karakter di Usia Emas) (Vol. 75). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ahmad Yani. (2017). Jurnal Implementasi Islamic Parenting dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini Di RA At-Taqwa Kota Cirebon. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak , Vol.3, No.1, 157.
Arikunto, S., & Safrudin Abdul Jabar. (2014). Evaluasi Program Pendidikan Pedoman Teoritis Bagi Mahasiwa dan Praktisi Pendidikan. Bumi Aksara.
Cutlip, S. M. , C. A. H. , & Broom, G. M. (2014). Effective Public Relations ((9th ed.)). Kencana.
Ekawati, E. Y., & Iriani, A. (2020). Evaluasi Discrepancy Program Parenting Class dalam Rangka Meningkatkan Hubungan Masyarakat. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 117. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.525
Febyaningsih, Endah, & Nurfadilah. (2019). Pelaksanaan Program Parenting di Raudhatul Athfal Permata Assholihin. Jurnal AUDH, Vol. 1, No. 2(Januari 2019).
Fitroh, S. F., & Oktavianingsih, E. (2020). Peran Parenting dalam Meningkatkan Literasi Kesehatan Ibu terhadap Stunting di Bangkalan Madura. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 610. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.415
Fitroh, S. F., Oktavianingsih, E., & Tiara, D. R. (2022). Evaluasi Kepuasan Program Mindful Parenting dalam Pemahaman Orang Tua dan Guru tentang Pengasuhan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5171–5179. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2400
Helmawati. (2015). Mengenal dan Memahami PAUD (Vol. 61). PT. Remaja Rosadaksa.
Herdiyanti, P. (2019). Evaluasi Program Sekolah Sehat Di Sekolah Dasar Islam Alazhar 31 Yogyakarta. Jurnal Hanata Widya , Vol.8 Nomor 2.
Irmawati, A., Ali Mustofa, & Machfud Bachtiyar. (2021). Manajemen Program Parenting di Sekolah Dasar Islam Terpadu Nurul Fikri Sidoarjo. JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM, Volume 11, Nomor 1(DOI: 0.15642/jkpi.2020.10.2.226-251 p-ISSN 2088-9305; e-ISSN 0000-000X), 56–76.
Kusuma, A. S., I Gede Ratnaya, & I Made Candiasa. (2022). Evaluasi Pembelajaran Hybrid Pada Institusi Pendidikan Instiki Dengan Discrepancy Evaluation Model. JURNAL PENJAMINAN MUTU , Volume 8 Nomor 2.
Lindasari, E. (2017). Manajemen Parenting dalam Meningkatkan Hubungan Sekolah Dengan Orangtua. Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 1(2), 146–155. https://doi.org/10.17977/um025v1i22017p146
Nuraeni, L., Andrisyah, A., & Nurunnisa, R. (2019). Efektivitas Program Sekolah Ramah Anak dalam Meningkatkan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 20. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.204
Nurjanah, K. (2017). Pelaksanaan Program Parenting Di Paud Terpadu Yayasan Putra Putri Godean. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, Vol VI, no. 02.
Pidarta, M. (2014). Manajemen Pendidikan Indonesia. Rineka ipta.
Rahman, H. A., Affandi, H. M., Effendi, M., & Matore, E. M. (2018). Evaluating School Support Plan: A Proposed Conceptual Framework Using Discrepancy Evaluation Model. International Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(17), 49–56.
Siregar, F. A. (2018). Mengelola Hubungan Sekolah dan Masyarakat. IJTIMAIYAH JURNAL PENDIDIKAN ILMU SOSIAL DAN BUDAYA, 2(2).(http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ijtimaiyah/article/view/4475).
Suharyani, S., Alit Suarti, N. K., Tamba, I. W., Gunawan, I. M., & Astuti, F. H. (2021). Implementasi Program Parenting bagi Orang Tua Siswa di PAUD Al-Akram Desa Sepapan Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 2(1), 83. https://doi.org/10.33394/jpu.v2i1.3729
Sutama. (2015). Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Fairuz media.
Tahira, A., Nuruzahra Luthfillah, Rosma Bella Hindayanti, Tia Salmah Paujiah, Purwati, & Heri Yusuf Muslihin. (2023). Pelaksanaan Field Trip Sebagai Upaya Program Parenting Di Paud. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, Vol.7, No.1.
Ulya SetyaNingsih, Mawardi, & Bambang Ismanto. (2021). Evaluasi Program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Pada SMP Negeri 6 Salatiga Menggunakan Discrepancy Evaluation Model (DEM). Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, Vol. 11 No. 2, 140–153.
Umar, N. F. (2018). Studi Evaluasi Model Discrepancy Pelaksanaan Layanan Bimbingan Dan Konseling Bidang Pribadi Sosial. Indonesian Journal of Educational Studies, s Vol.21, No.1, 25–32.
Widoyoko, E. P. (2020). Evaluasi Program Pembelajaran. Pustaka Pelajar.
Wiranata, I. G. L. A. (2019). Mengoptimalkan Perkembangan Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Parenting. Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 48.(https://doi.org/10.25078/pw. v4i1.1068).
Zahidah, U., Afifa, F. R., Trisia, E., Sari, S. N., & Putri, Y. F. (2022). Program Parenting: Konsep Dan Tahapan Pembentukan Program Parenting. JIMR: Journal Of International Multidisciplinary Research, 1(01 Juni), 175–183.
Published
2024-01-17
How to Cite
Nurrochman, T., Sumardi, S., & Muhibbin, A. (2024). Evaluasi Program Parenting di Sekolah Dasar Menggunakan Discrepancy Evaluation Method. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 5(1), 47-61. https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v5i3.7003