Peran Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah Melalui Transformasi Digital Pasca Pandemi Di Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang peran kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah melalui transformasi digital pasca pandemi di sekolah dasar, mulai dari peran kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah sebagai educator, manajerial, supervisor, dan motivator. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, dan guru. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 1 Manggung. Sumber data menggunakan peristiwa, arsip dan dokumen. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Model analisis data menggunakan metode analisis data tertata dalam situs untuk deskripsi. Uji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas yang dilakukan dengan triangulasi. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan kompetensi digital guru pada pembelajaran di sekolah dasar melalui peran kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah dan untuk mengidentifikasi dan menganalisis kendala yang timbul, berdasarkan data-data yang telah disiapkan dan hasil diskusi. Hasil penelitian menunjukan peran kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah melalui transformasi digital sudah berjalan dengan baik, mulai peran sebagai educator dengan melakukan pelatihan dan webinar bagi guru, selain itu peran sebagai manajerial dengan pengadaan sarana-prasarana pendukung, peran sebagai supervisor dengan pengawasan dan bimbingan pembelajaran berbasis digital bagi guru, dan yang terakhir peran sebagai motivator dengan memberikan dorongan dan motivasi baik material maupun non-material.
Kata Kunci: Kepemimpinan Pembelajaran, Kepala Sekolah, Transformasi digital.
References
Agustian N, Salsabila, & Unik Hanifah. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran. ISLAMIKA, 3(1), 123–133. https://doi.org/10.36088/islamika.v3i1.1047
Anridzo, A. K., Arifin, I., & Wiyono, D. F. (2022). Implementasi Supervisi Klinis dalam Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8812–8818. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3990
Arikunto, & Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Rineka Cipta.
Bafadal, I., Nurabadi, A., Prestiadi, D., Triwiyanto, T., Ubaidillah, E., Lesmana, I., & Maulinda, A. (2022). Penguatan Kepemimpinan Pembelajaran Berbasis Moral pada Kepala Sekolah Dasar Unggul. In JAMP: Jurnal Adminitrasi dan Manajemen Pendidikan (Vol. 5). http://journal2.um.ac.id/index.php/jamp/
Beteille, T., Ding, E., Molina, E., Pushparatnam, A., & Wilichowski, T. (2020). Three Principles to Support Teacher Effectiveness During COVID-19. World Bank, Washington, DC. https://doi.org/10.1596/33775
bungin, burhan. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. PT Raja Grafindo.
Campbell, P., Chaseling, M., Boyd, W., & Shipway, B. (2019). The effective instructional leader. Professional Development in Education, 45(2), 276–290. https://doi.org/10.1080/19415257.2018.1465448
Devisa, M., Matin, & Maduki Ahmad. (2022, October). KEPEMIMPINAN PEMBELAJARAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI LITERASI DIGITAL GURU. “Transformasi Pendidikan Di Era Super Smart Society 5.0” Oktober 2022.
Dewi, Y. K., Zamroni, & Kadir, I. M. (2019). PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN KINERJA GURU DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) MIFTAHUL ULUM SAMARINDA. In Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran (Vol. 6, Issue 3).
Djum Noor Benty, D., Hapsari, A., Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, J., Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang Jalan Semarang No, J., & Malang, K. (2022). Karakteristik Kepemimpinan Pembelajaran Era Digital dan Pemecahan Masalah Pembelajaran Masa Pandemi Covid 19. In JAMP: Jurnal Adminitrasi dan Manajemen Pendidikan (Vol. 5). http://journal2.um.ac.id/index.php/jamp/
Hayudiyani, M., Bafadal, I., & Sumarsono, R. B. (2022). Kepemimpinan Pembelajaran dalam Implementasi Kebijakan Digital School. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 7(2), 66. https://doi.org/10.17977/jptpp.v7i2.15190
Kusumaningrum, D. E., Sumarsono, R. B., & Gunawan, I. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Pembelajaran, Kepemimpinan Perubahan, Kepemimpinan Spiritual, Budaya Sekolah, dan Etika Profesi terhadap Kinerja Mengajar Guru. Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 4(3), 198–219. https://doi.org/10.17977/um025v4i32020p198
Kusumawati, G. A. (2020). PENERAPAN SUPERVISI KLINIS UNTUK MENINGKATKAN KOMITMEN KERJA GURU. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(1), 117. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i1.24985
Latifah, L., & Ngalimun, N. (2023). PEMULIHAN PENDIDIKAN PASCA PANDEMI MELALUI TRANSFORMASI DIGITAL DENGAN PENDEKATAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM DI ERA SOCIETY 5.0. Jurnal Terapung : Ilmu - Ilmu Sosial, 5(1), 41. https://doi.org/10.31602/jt.v5i1.10576
Mansyur, A. R. (2020). Dampak COVID-19 Terhadap Dinamika Pembelajaran Di Indonesia. Education and Learning Journal, 1(2), 113. https://doi.org/10.33096/eljour.v1i2.55
Mestry, R., Moonsammy-Koopasammy, I., & Schmidt, M. (2013). The instructional leadership role of primary school principals. Education as Change, 17(sup1), S49–S64. https://doi.org/10.1080/16823206.2014.865990
Moloeng, L. J. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Karya.
Mulyasa, E. (2011). Manajemen & Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bumi Aksara.
Nova Syafira Ariyanti, N., Syafira Ariyanti, N., Mustiningsih, M., & Arifin, I. (2019). The Principal’s Conflict Management Strategy Through Increased Community Participation in the Era of Industrial Revolution 4.0. Proceedings of the 5th International Conference on Education and Technology (ICET 2019). https://doi.org/10.2991/icet-19.2019.7
Nurabadi, A., Irianto, J., Bafadal, I., Juharyanto, J., Gunawan, I., & Adha, M. A. (2021). THE EFFECT OF INSTRUCTIONAL, TRANSFORMATIONAL AND SPIRITUAL LEADERSHIP ON ELEMENTARY SCHOOL TEACHERS’ PERFORMANCE AND STUDENTS’ ACHIEVEMENTS. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 40(1), 17–31. https://doi.org/10.21831/cp.v40i1.35641
Rahmi, R. (2020). INOVASI PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19. AL-TARBIYAH: Jurnal Pendidikan (The Educational Journal), 30(2). https://doi.org/10.24235/ath.v30i2.6852
Rizal, M. B., Roesminingsih, E., Sondang Sumbawati, M., & Lidah Wetan Surabaya, J. (2022). IMPLEMENTASI KEPEMIMPINAN PEMBELAJARAN UNTUK MEWUJUDKAN MUTU SEKOLAH. In JAMP: Jurnal Adminitrasi dan Manajemen Pendidikan (Vol. 5). http://journal2.um.ac.id/index.php/jamp/
Rosaliawati, B. N., Mustiningsih, M., & Arifin, I. (2020). HUBUNGAN GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KINERJA GURU. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3(1), 61–71. https://doi.org/10.17977/um027v3i12020p61
Saharuddin. (2022). PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM MANAJEMEN PENGELOLAAN KELAS MELALUI SUPERVISI KLINIS . EDU LEARNING : Journal of Education and Learning, vol 2, no 2, 74–82.
Salsabila, U. H., Khusnul Khasanah, Anggie Perwitasari, Neysa Salsabila Felasufa Amadea, & Bellafia Afisya. (2022). Optimasi Platform Digital sebagai Transformasi Pendidikan Islam Berkemajuan. IQRO: Journal of Islamic Education, Vol.5, No.2,(ISSN(P): 2622-2671; ISSN(E): 2622-3201, DOI: https://doi.org/10.24256/iqro.v5i2.3494), 95–112.
Sanjani, M. A. (2019). KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS KEPALA SEKOLAH. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 7(1). https://doi.org/10.37755/jsap.v7i1.131
Siswanto, R. (2022, September). TRANSFORMASI DIGITAL DALAM PEMULIHAN PENDIDIKAN PASCA PANDEMI. Https://Gurudikdas.Kemdikbud.Go.Id/News/Transformasi-Digital-Dalam-Pemulihan-Pendidikan-Pasca-Pandemi.
Sukmadinata, N. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosadakarya.
Sulastri, Nelfia Adi, & Ermita. (2022). Pelatihan Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah Berbasis Action Learning di Era Revolusi Industri 4.0. Journal of Practice Learning and Educational Development, 2(3), 136–139. https://doi.org/10.58737/jpled.v2i3.57
Sutama. (2015). Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Fairuz media.
Ulum, M. B., Sarwoko, E., & Yuniarinto, A. (2020). KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KINERJA GURU: PERAN MEDIASI MOTIVASI KERJA. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3(4), 299–307. https://doi.org/10.17977/um027v3i42020p299
Visone, J. (2018). The Development of Problem-Solving Skills for Aspiring Educational Leaders. Journal of Leadership Education, 17(4), 35–53. https://doi.org/10.12806/V17/I4/R3
Wahyudi Ahmad, Narimo Sabar, & Wafroturohmah. (2019). KEPEMIMPINAN PEMBELAJARAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA . JURNAL VARIDIKA, Vol. 31, No. 2,(p-ISSN 0852-0976 | e-ISSN 2460-3953 Website: http://journals.ums.ac.id/index.php/varidika, DOI: 10.23917/varidika.v31vi2i.10218), 47–55.
Wisda, R. S. (2021). PERSEPSI GURU TENTANG KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DASAR NEGERI. JAMP : Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 4(4), 358–363. https://doi.org/10.17977/um027v4i42021p358