Inovasi Pembelajaran Dalam Kurikulum Merdeka dimensi Kreatif
Abstract
Pentingnya inovasi pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka adalah untuk memastikan bahwa pendidikan dapat mengikuti perkembangan zaman dan kebutuhan siswa di era yang terus berubah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui inovasi pembelajaran dalam kurikulum merdeka. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. pendekatan penelitian yang digunakan untuk memahami dan menjelaskan fenomena kompleks dalam konteks yang lebih luas. Metode ini berfokus pada interpretasi makna subjektif yang terkandung dalam data yang dikumpulkan, dengan tujuan untuk menggali pemahaman yang mendalam tentang pengalaman, persepsi, keyakinan, dan konteks sosial yang melatarbelakangi fenomena tersebut. Tempat penelitian ini dilakukan di SMK Al-Islam Surakarta. Inovasi pembelajaran yang diterapkan di SMK Al-Islam Surakarta dengan memanfaatkan powerpoint sebagai media pembelajaran. Penayangan video menjadi opsi lain dalam penyampian materi. Penyampaian materi melalui video memiliki keunggulan dalam membentuk kreativitas siswa. Pemnafaatan aplikasi Canva menjai salah satu inovasi dalam pembelajaran yang bisa diterapan dalam kelas. Penggunaan aplikasi Canva dapat menjadi alat yang efektif untuk membentuk kreativitas siswa