Analisis Gaya Belajar Visual Siswa Kelas 3 Dalam Pemecahan Masalah Matematis Di SD

  • Diva Magdalena Universitas Muria Kudus
  • Natasya Septina Universitas Muria Kudus
  • Lovika Ardana Riswari Universitas Muria Kudus
Keywords: gaya belajar, pemecahan masalah, matematika

Abstract

Artikel ini mengkaji tentang analisis gaya belajar visual siswa kelas 3 dalam pemecahan masalah matematis di SD 3 Bacin Kudus. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan informasi terkait dengan pemecahan masalah matematis dengan penerapan gaya belajar visual untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, pengambilan video, foto, perekam suara, dan wawancara dengan siswa maupun guru kelas juga guru pengampu pembelajaran matematika terkait dengan gaya belajar dan cara memecahkan suatu masalah matematis saat pembelajaran matematika berlangsung. Dari penelitian yang telah dilakukan siswa kelas 3 di SD Bacin Kudus yang berjumlah 5 orang siswa mereka semua menyukai pembelajaran matematika.

 

References

Ahmad. (2020). Gaya Belajar Matematika Siswa SMP. Penerbit Cakra, 70.
Cahyono, H. (2019). Faktor-faktor kesulitan belajar siswa MIN Janti. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan …. http://oipas.sentraki.umpo.ac.id/index.php/dimensi/article/view/1636
Cholifah, T. N. (2018). Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE). Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 01(02), 65–74.
Davita, P. W. C., & Pujiastuti, H. (2020). Anallisis kemampuan pemecahan masalah matematika ditinjau dari gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif …. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano/article/view/23601
Dinar, R. A., Ismaya, E. A., & Riswari, L. A. (2022). Peran Orang Tua dalam Pendampingan Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Era New Normal di Desa Undaan Lor. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3686–3691. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.921
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Fitri, S. F. N. (2021). Problematika Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1148
Hermawati, H., Jumroh, J., & Sari, E. F. P. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Materi Kubus dan Balok di SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 141–152. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i1.874
Lestari, S., & Djuhan, M. W. (2021). Analisis Gaya Belajar Visual, Audiotori dan Kinestetik dalam Pengembangan Prestasi Belajar Siswa. JIIPSI: Jurnal Ilmiah Ilmu …. https://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/jiipsi/article/view/250
Lovika Ardana Riswari & Ermawati Diana. (2023). PENALARAN DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS (M. P. Ardana Riswari Lovika, M.Pd. & Ermawati Diana (ed.)). Badan Penerbit Universitas Muria Kudus.
Pendidikan, J., Anak, I., Dini, U., Kelas, S., & Boloagung, V. S. D. N. (n.d.). A s - S A B I Q U N. 5, 592–603.
Rahmatiya, R., & Miatun, A. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari resiliensi matematis siswa SMP. Teorema: Teori Dan Riset Matematika. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/article/view/3619
Santosa, D. (2019). Pengaruh Media Audio Visual Melalui Game PUBG Mobile Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Pembelajaran Renang Gaya Dada Siswa Kelas VII Di SMP …. Seminar Nasional Keindonesiaan (FPIPSKR). http://103.98.176.39/index.php/snk/article/view/490
Susilowati, R. (2018). Pemahaman Gaya Belajar Pada Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru …. http://journal.iainkudus.ac.id/index.php/thufula/article/download/4245/2756
Wardana, R. W., Riswari, L. A., & Kironoratri, L. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Model Think Pair Share ( TPS ) Berbantuan Mystery Pics.
Wiedarti, P. (2018). Seri manual GLS: Pentingnya memahami gaya belajar. repositori.kemdikbud.go.id. https://repositori.kemdikbud.go.id/12240/1/Seri Manual GLS_Pentingnya Memahami Gaya Belajar.pdf
Yayuk, E. (2019). Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en%5C&lr=%5C&id=uc_oDwAAQBAJ%5C&oi=fnd%5C&pg=PP2%5C&dq=matematika+sekolah+dasar%5C&ots=_QBcTfmg1M%5C&sig=lhXB
Al-Hamzah, I. N., & Awalludin, S. A. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika.
Aliffianti, T. R., Kurniati, N., Salsabila, N. H., & Turmuzi, M. (2022). Analisis kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari gaya belajar siswa kelas VIII SMPN 5 kota Bima tahun ajaran 2021/2022. Griya Journal of Mathematics Education and Application.
Arikunto, S. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Edited by Restu Damayanti. 3rd ed. Jakarta: Bumi Aksara. .
Diana, L. &. (2022). PENALARAN DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS. Kudus: Badan Penerbit Universitas Muria Kudus.
Yudha, F. (2019). Peran pendidikan matematika dalam meningkatkan sumber daya manusia guna membangun masyarakat islam modern. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM).
Published
2023-07-28
How to Cite
Magdalena, D., Septina, N., & Riswari, L. (2023). Analisis Gaya Belajar Visual Siswa Kelas 3 Dalam Pemecahan Masalah Matematis Di SD. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 5(1), 25-36. https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v5i3.6989