Analisis Kemampuan Penalaran Masalah Matematis Siswa SD Dalam Menyelesaikan Soal Persegi Panjang

  • Diana Primari Yonanda Universitas Muria Kudus
  • Nisa Wandiana Putri Universitas Muria Kudus
  • Lovika Ardana Riswari Universitas Muria Kudus
Keywords: kemampuan penalaran matematis, persegi panjang, siswa SD

Abstract

Pada penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisa bagaimana ketrampilan penalaran matematik siswa SD dalam menyelesaikan soal persegi panjang. Pada penelitian ini dilakukan dengan melibatkan seluruh siswa kelas IV yang berjumlahi 20 siswa di SD 6 Bulungcangkring, Jekulo, Kudus. Perangkat penelitian berbentuk ujian tertulis dengan cara  pengerjaan 5 butir soal cerita. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dari hasil tes yang dikerjakan siswa. Dalam penilaian ketrampilan penalaran matematik dikategorikan jadi 3 macam yakni : kategori tinggi, kategori sedang dan kategori rendah. Kategori tinggi bila siswa dapat mencapai 4 indikator, kategori sedang bila siswa dapat mencapai setidaknya 2 sampai 3 indikator, kategori rendah bila siswa dapat mencapai setidaknya 0 sampai 1 indikator.  Hasil  analisa menunjukkan bahwa ketrampilan penalaran matematk siswa kelas IV SD 6 Bulungcangkring, Jekulo, Kudus dalam menyelesaikan soal persegi panjang termasuk di kategori tinggi dengan jumlah 10 siswa, masuk di kategori sedang dengan jumlah 8 siswa dan masuk kategori rendah dengan jumlah 2 siswa.

References

Aledya, V. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Pada Siswa. Researcgate, 2, 1–7.
Aliyah, I. M., Yuhana, Y., & Santosa, C. A. H. F. (2019). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Ditinjau dari Kemampuan Awal dan Gender. Jurnal Didaktik Matematika, 6(2), 161–178. https://doi.org/10.24815/jdm.v6i2.14104
Ekawati, A., Agustina, W., & Noor, F. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Dalam Membuat Diagram. Lentera: Jurnal Pendidikan, 14(2), 1–7. https://doi.org/10.33654/jpl.v14i2.881
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Fajriyah, L., Nugraha, Y., Akbar, P., & Bernard, M. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa Smp Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis. Journal On Education, 1(2), 288–296.
Gasila, Y., Fadillah, S., Studi, P., & Fisika, P. (2019). ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA DALAM. 06(1), 14–22.
Gunawan, D. (2020). Pengaruh Media Video Interaktif Terhadap Hasil Belajar Kognitif Kelasa Iv Sd Negeri 2 Karangrejo Trenggalek. EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.29100/eduproxima.v2i1.1489
Mirlanda, E. P., Nindiasari, H., & Syamsuri, S. (2020). Pengaruh Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 11. https://doi.org/10.31000/prima.v4i1.2081
Nurhasanah, D. S., & Luritawaty, I. P. (2021). Model Pembelajaran REACT Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 71–82. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i1.1027
Pemahaman, T., & Matematis, K. (2022). Model Pembelajaran Blended Learning Berbantuan Media Zoom Meeting. 3(2), 455–460.
Penelitian, M., Kualitatif, D., Perspektif, D., & Konseling, B. D. A. N. (2018). No Title. 2(2), 83–91. https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497
Purnamasari, I., & Setiawan, W. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi SPLDV Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(2), 207. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i2.771
Puspaningtyas, N. D. (2019). Berpikir Lateral Siswa SD dalam Pembelajaran Matematika. Mathema Journal, 1(1), 24–30.
Rimbawan, E., & Jumadi. (2021). Pengembangan Media Ajar Video Youtube Berbasis Online-Inquiry Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Aspek Kognitif. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1), 1–9.
Riswari, L. A., & Ermawati, D. (2023). Penalaran dan Pemecahan Masalah Matematis. Kudus: Badan Penerbit Universitas Muria Kudus.
Rohmatulloh, R., Syamsuri, S., Nindiasari, H., & Fatah, A. (2022). Analisis Meta: Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1558–1567. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1395
Safitri, A. M., Rohaeti, E. E., & Afrilianto, M. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Smp Pada Materi Segitiga Dan Segiempat. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 759. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i4.p759-764
Saja’ah, U. F. (2018). Analisis Kesulitan Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 10(2), 98. https://doi.org/10.17509/eh.v10i2.10866
Sinaga, D. K. (2021). Analisis kemampuan kreativita matematis siswa berbasis zoom pada materi sistem persamaan linier dua variabel di kelas VIII SMP Swasta Budi Murni 2 Medan tahun ajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 83–90.
Siswa, H., Vi, K., Dasar, S., Desa, D., Riswari, L. A., Sari, A. C., & Suryanto, H. (2023). Jurnal Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Borneo Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Pada Materi Operasi Hitung Campuran Sebagai Implementasi Dalam Kehidupan Sehari-. 4(3), 233–242.
Sobarningsih, N., Sugilar, H., & Nurdiansyah, R. (2019). Analisis Implementasi Standar Proses Pembelajaran Guru Matematika. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 67. https://doi.org/10.31000/prima.v3i1.1054
Zellatifanny, C. M., & Mudjiyanto, B. (2018). TIPE PENELITIAN DESKRIPSI DALAM ILMU KOMUNIKASI. 1(2), 83–90.
Published
2023-07-26
How to Cite
Yonanda, D., Putri, N., & Riswari, L. (2023). Analisis Kemampuan Penalaran Masalah Matematis Siswa SD Dalam Menyelesaikan Soal Persegi Panjang. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 4(3), 333-341. https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v4i3.6976