Evaluasi Pengelolaan Pembelajaran Al-Qur’an dalam Penguatan Hafalan dan Bacaan Siswa di SDIT Muhammadiyah Al-Kautsar

  • Zainab Alqudsi Universitas Muhammadiyah Surakarta
Keywords: Evaluasi, Al-Qur’an, Muri-Q, Iqra’

Abstract

Al-Qur’an adalah salah satu mu’jizat yang kekal hingga hari kiamat dan dijaga keasliannya. Ruang lingkup program Al-Qur’an meliputi membaca, menulis, dan menghafal yang bertujuan untuk mengembangkan serta meningkatkan kemampuan dalam menguasai bacaan dan hafalannya agar dapat mendukung pelaksanaan ibadah mahdhoh, terutama dalam ayat yang dibacakan dalam sholat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan evaluasi pengelolaan pembelajaran Al-Qur’an dalam penguatan hafalan dan bacaan siswa yang meliputi pengelolaan pembelajaran Al-Qur’an, konsep evaluasi pembelajaran Al-Qur’an, dan model atau metode evaluasi pembelajaran Al-Qur’an. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi aktif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) pengelolaan pembelajaran tahfizh dan iqra’ yang dilakukan sudah efektif dan efisien, hal itu terlihat dari jadwal kegiatan siswa yang sering berinteraksi dengan Al-Qur’an, (2) metode pembelajaran tahfizh dan tahsin mengguanakan metode Muri-Q dan metode iqra’, (3) konsep evaluasi yang digunakan sangat sederhana, efektif dan efesien, dimana perkembangan hafalan dan bacaan siswa akan terus terawasi, (4) model evaluasi yang digunakan adalah model evaluasi CIPP (contexs, input, process, product), (5) hasil evaluasi contexs menunjukan bahwa tujuan yang telah ditentukan oleh sekolah secara umum bisa dicapai.

References

Hamdani, M. (2018). Penerapan Metode Membaca Alquran Pada Tpa Di Kecamatan Amuntai Utara (Studi Pada Metode Iqra Dan Metode Tilawati). Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 11(24), 89–106. Https://Doi.Org/10.35931/Aq.V0i0.12
Hidayat, A., Muslim, & Sarifudin. (2021). Evaluasi Pengelolaan Pembelajaran Tahfizh Dalam Meningkatkan Hafalan Santri Di Pondok Pesantren Hamalatull Qur’an Al Falakiyah Loji Bogor. Cendekia Muda Islam Jurnal Ilmiah, 1(3). Http://Jurnal.Staialhidayahbogor.Ac.Id/Index.Php/Cendikia/Article/View/2190
Idrus. (2019). Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran Idrus L 1. Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran, 2, 920–935.
Istiqomah, R., & Hidayah, R. (2021). Manajemen Pembelajaran Al-Qur’an: Studi Kasus Longitudinal Di Pondok Pesantren. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 6(1), 138–150. Https://Doi.Org/10.25299/Al-Thariqah.2021.Vol6(1).6932
Kartika, T. (2019). Manajemen Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Berbasis Metode Talaqqi. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 4(2), 245–256. Https://Doi.Org/10.15575/Isema.V4i2.5988
Khoiruddin, H., & Kustiani, A. W. (2020). Manajemen Pembelajaran Tahsin Al-Quran Berbasis Metode Tilawati. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 5(1), 55–68. Https://Doi.Org/10.15575/Isema.V5i1.5546
Khusen, M. (2018). Implementasi Manajemen Pembelajaran Tahfidzul Qur’an Di Mi Istiqomah Sambas Purbalingga. Jurnal Penelitian Agama, 19(2), 104–120. Https://Doi.Org/10.24090/Jpa.V19i2.2018.Pp104-120
Lestari, T. D., & Permana, H. (2022). Strategi Kepala Sekolah Dalam Penerapan Pembelajaran Tahfidzul Qur ’ An Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sdit Khoirul Ummah Kedung Waringin. Peteka: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(2), 273–280.
Magdalena, I., Mulyani, F., Fitriyani, N., & Delvia, A. H. (2020). Konsep Dasar Evaluasi Pembelajaran Sekolah Dasar Di Sd Negeri Bencongan 1. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 87–98.
Malik Iskandar, A., Anriani, H. B., & Masdar, M. (2022). JTCSA 3 (1) (2022) Journal Of Training And Community Service Adpertisi Penerapan Metode Iqra Dalam Pembelajaran Al-Qur’an. 3(1).
Mardiah, & Syarifuddin. (2018). Model-Model Evaluasi Pendidikan. Mitra Ash-Shibyan : Jurnal Pendidikan & Konseling, 2(1), 38–50. Https://Doi.Org/10.24090/Insania.V13i2.292
Mutaqin, D., Indra, H., & Lisnawati, S. (2021). Manajemen Pembelajaran Tahfizh Al – Qur’an Untuk Ketercapaian Target Hafalan Di SMPTQ Abi Ummi. Rayah Al-Islam, 5(02), 494–505. Https://Doi.Org/10.37274/Rais.V5i02.479
Nisak, N. M. (2018). Implementasi Kurikulum Pembelajaran Al Qur’an Di Sekolah Dasar. Halaqa: Islamic Education Journal, 2(2), 150–164. Https://Doi.Org/10.21070/Halaqa.V2i2.1780
Sauri, S., Hapsah, S. H., Amri, N., Jumad, A., Najwa, S., Latifaturrahmaniah, L., & Sakrani, A. (2021). Implementasi Metode Iqra’ Dalam Pembelajaran Membaca Al Qur’an Di Tpq Dusun Lelonggek Desa Suntalangu. EMPOWERMENT: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(01), 54–61. Https://Doi.Org/10.51700/Empowerment.V1i01.200
Sawaluddin. (2018). Konsep Evaluasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Islam 1775-Article Text-4102-3-10-20180713. Al- Thariqah, 3(1), 39–52.
Sholihah, B. (2018). Evaluasi Dan Supervisi Program Pembelajaran Al-Qur’an Di Sekolah Dasar Islam Bilingual An-Nissa Semarang. Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam, 15(1). Https://Doi.Org/10.34001/Tarbawi.V15i1.718
Sudibyo, A., & Hidayat, S. (2023). Penerapan Metode Talaqqi Dalam Pembelajaran Tahfizul Qur ’ An. 6, 2893–2901.
Suryana, N., Dina, & Nuraeni, S. (2018). Manajemen Tahfidz Al Qura’an. Jurnal Islamic Education Manajemen, 3(2), 220–230. Http://Journal.Uinsgd.Ac.Id/Index.Php/Isema
Tambak, S., M, A., Khairi, Z., & Sukenti, D. (2018). Development Of Madrasah Teacher Professionalism By Strengthening The Khalifah Concept And Islamic Psychosocial Perspective. Advances In Social Science, Education And Humanities Research.
Toriqul Arif, M. (2019). Penelitian Evaluasi Pendidikan. ADDABANA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 66–76. Https://Doi.Org/10.47732/Adb.V2i2.122
Wicaksana, A. (2016). Strategi Pembelajaran Alquran Pada Peserta Didik Tingkat Mi. Https://Medium.Com/, 4, 94–106. Https://Medium.Com/@Arifwicaksanaa/Pengertian-Use-Case-A7e576e1b6bf
Wijayanti, N. I., Yulianti, R., & Wijaya, B. (2019). Evaluasi Program Pendidikan Pemakai Dengan Model CIPP Di Perpustakaan Fakultas Teknik UGM. Tik Ilmeu : Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 3(1), 37. Https://Doi.Org/10.29240/Tik.V3i1.790
Published
2024-03-31
How to Cite
Alqudsi, Z. (2024). Evaluasi Pengelolaan Pembelajaran Al-Qur’an dalam Penguatan Hafalan dan Bacaan Siswa di SDIT Muhammadiyah Al-Kautsar. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 5(2), 205-218. https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v5i2.7054