Implementasi Project Based Learning (PJBL) dalam Menumbuhkan Kreativitas pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS)

  • Arsinah Arsinah UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Nur’Aini Nur’Aini Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Marniati Kadir Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: Implementasi PJBL, Menumbuhkan, Kreativitas,, Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya Kreativitas dalam Penerapan Project Based Learning (PJBL) pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) karena dengan adanya penerapan project based learning (PJBL) pada pembelajaran ini, peserta didik dapat menumbuhkan kreativitasnya serta menemukan hal baru dari pengetahuan dan kemampuan dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan dan dampak dari Project Based Learning (PJBL) dalam menumbuhkan kreativitas pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) kelas IV di SD Islam Al-Azhar 47 Samarinda. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskripstif. Lokasi penelitian berada di SD Islam Al-Azhar 47 Samarinda. Subjek penelitiannya adalah anak kelas IV serta guru IPAS. Uji keabsahan data dalam penelitian menggunakan triangulasi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data peneliti menggunakan analisis deskriptif dengan memaparkan data tentang implementasi model project based learning pada pembelajarn IPAS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa lebih aktif terlibat dalam proses pembelajaran, mampu mengaitkan materi dengan konteks kehidupan nyata, serta mampu menghasilkan produk atau proyek yang menunjukkan pemahaman mendalam terhadap materi yang dipelajari. Dengan demikian, implementasi PJBL pada pembelajaran IPAS di SD Islam Al-Azhar 47 Samarinda secara signifikan berkontribusi dalam meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran IPAS kelas IV.

References

Ahmad Tanze. “Metedologi Penelitian Praktis,”. Teras:Yogyakarta, 2011
Abidin Dan Yunus. “Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013”.
Bandung: PT Refika Aditama, 2014
Ahmad Yani. “Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Jasmani” (Jakarta: Bumiaksara, 2020)
Al-Tabany Trianti Ibnu Badar. “Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan kontekstual”, Jakarta: Prenadamedia Group, 2014.
Asih Widi Wisudawati dan Eka Sulistyowati, “ Metodologi Pembelajaran IPA”
Jakarta: PT Bumi Aksara, 2017
A. Sukmawati dkk, “Pembentukkan Karakter Berbasis Keteladanan Guru Dan Pembiasaan Murid Sit Al Biruni Jipan Kota Makasar”, dalam Jurnal Education and Human Development edisi No.1 Vol.V, 2020
Atep Sujana, “Dasar-Dasar IPA Konsep Dan Aplikasinya”. Bandung: UPI Press, 2014, Bayu Wijayama, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Bervisi SETS Dengan
Pendekatan SAVI. Semarang: Qahar Publisher, 2019
Bundu, Patta. “Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah Dalam Pembelajaran Sains”. Jakarta : Depdiknas 2006
Daryanto Dan Mulyo Raharjo, “Model Pembelajaran Inovatif” Yogyakarta: Gava Media, 2012

Daryanto, “Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013”, Yogyakarta: Gava Media, 2014
Deddy Mulyadi, “Studi Kebijakan Public Dan Pelayanan Publik, Konsep Dan Aplikasi Proses Kebijakan Publik Dan Pelayanan Publik”, Bandung: Alfabeta, 2015
E. Mulyasa, “Kurikulum Yang Di Sempurnakan”. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2006
Hardani Akhyar, Metodelogi Kualitatif dan Kuantitatif , Yogyakarta : CV, Pustaka Ilmu Group Yogyakarta, 2020
Hendro Darmojo Dan Jenny R. F. Kaligis. “Pendidikan IPA II”. Jakarta: Depdikbud.
2006
Hisbullah Dan Nurhayati Selvi, “Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Dasar”, Makassar: Aksara Timur, 2018
Hosna, “Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21” , Bogor: Ghalia Indonesia, 2014
Husama, “Pembelajaran Luar Kelas Outdoor Leraning”, Jakarta: Prestasi Pustaka, 2013
I Gede Astawan Dan I Gusti Ayu Tri Agustina, “Pendidikan IPA Sekolah Dasar Di Era Revolusi Industri 4.0”. Bandung: NILACAKRA, 2020
Imah Kurniasih & Berlin Sani, “Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru”, Jogjakarta: Kata Pena, 2015
Kementrian Pendidikan Dan Kebudayan. “Kurikulum 2013”. Jakarta 2013
Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. 2014. “Modul Implementasi Kurikulum 2013”. Jakarta: 2015
Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi, “Kurikulum Merdeka”,
Jakarta: 2022.
M. Fathurrohman, “Model-Model Pembelajaran Inofatif”, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2015
Made Wena, “Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional”, Jakarta: Bumi Aksara, 2012
Made Wena, “Strategi Pembelajaran Inovatif Kontenporer: Suatu Tinjauan Kosep Tual Operasional”, Jakarta: Bumi Aksara, 2013
Muhammad, Faturohman, “Model-Model Pembelajaran Inofatif”, Yogyakarta: Ar- Ruzz Media, 2016
Mulyas, “Pengembangan Dan Implementasi Kurikulum 2013”, Bandung: Remaja Rodakarya, 2014
Mulyasa, “Implementasi Kurikulum Satuan Pendidikan”, Jakarta: Bumi Aksara, 2015
Pattonn B.R, Acar O, “Argumentation And Formal Reasoning Skilss In An Argumtation-Based Guided Inquiry Course”, Procedia-Social And Behavioral Science, 2012
Priansa Dan Ani, “Manajemen Pserta Didik Dan Model Pembelajaran”, Bandung: Alphabet 2015
Purwanto Dan Sulistyastuti, “Analisis Kebijakan Dan Formulasi Ke Implementasi Kebijakan”, Jakarta; Bumi Aksara, 2012
Rusman, “Belajar Dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan”, Jakarta: Pernadamedia Group, 2018
Syaifudin, “Desain Pembelajaran Dan Implementasinya”, Ciputat: Quantum Teaching. 2006
Trianto, “Model-Model Terpadu”, Jakarta: Bumi Aksara, 2010
Ujang Suparman, Bagaimana menganalisis Data Kualitatif ?, Bandung : Pustaka Media, 2020
Umar Muhammad Al-Taumiy Al-Syaibani, “Falsafah Pendidikan Islam, Terj. Hasan Langgulung, Cet. 1”, Jakarta: Bulan Bintang, 1979
Usman, Samatowa. “Bagaimana Membelajarkan IPA Di SD”. Jakarta: Depdiknas 2010
Uum Murfiah, “Pembelajaran Terpadu”, Bandung: PT Refika Aditama, 2017 Widiasworo E, “19 Kiat Sukses Membangkitkan Motivasi Belajar Peserta Didik”,Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2016
Yanti Rosinda Tinenti, “Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PBP) Dan Penerapannya Dalam Proses Pembelajaran Di Kelas” Grup Penerbitan CV Budi Utama. 2018
Eva Meidina “Penerepan Model Pembelajran Project Based Learning Melalui Bahan Daur Ulang Pada Pembeljaran Tematik Kelas V SDN 4 Meneteng Palangka Raya” Skripsi IAIN Palang Karaya, 2021.
Ni’matul Chusana, “Implementasi Model Project Based Learning Pada Pembelajaran Tematik Di MIN 7 Tulung Agung”. Skripsi Universitassayyid Ali Rahmattullah Tulung Agung Tahun 2021.
Renita Fitria Damayanti, “Penerapan Model Project Based Learning Pada Pembeljaran Tematik Kelas III Di MI Negeri Banyuwangi”, Skripsi UIN Kiai Haji Achmad Siddiq, Tahun 2022
Enggar Desnylasari Dkk, “Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Dan Problem Based Learning Pada Materi Termokimia Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMA NEGERI 1 Karanganyar T.P 2015/2016”, Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), Vol. 5 No. 1 Tahun 2016

Eva Iryani, “Al-Qur’an Dan Ilmu Pengetahuan,” Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi 7, No. 3 (2017)
Ferida Asih Wiludjeng Ardina Prafitasari, Organisasi Kepemudaan Yang Rfrktif Dan Rfesien Dalam Meningkatakan Partisipasi Masyarakat Desa Darung Kecamatan Wlingi, Jurnal Translitera 2, No.1 (2016)
Gede Billy Bagiarta Sutrisna, Dkk. Modek Project Based Learning Berlandaskan Tri Hita Karana Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS. Jurnal Adat Dan Budaya, Vol.1, No. 2 Tahun 2019
Gunawan Stefanus & Agustina, Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatksn Hasil Belajar IPA Dan Kemampuan Berfikir Jreatif Siswa Kelas V Sd. Jurnal JTIEE, Vol.2 No 1, Mei 2018
Ida Arsani Dewi, Penerapan Metode Proyek Melalui Kegiatan 3M Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Kelompok A TK Negeri Pembina, E-Journal PGPAUD Universitaspendidikan Ganesa.,Vol. 3 No. 1, 2015
Juhji, “Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah,” Jurnal 7, No. 01. 2015
Mardawani, Model Project Based Learning Pada Muatan IPA Kelas V Di SDN 34 Teratai, Jurnal Pendidikan Dan Konseling No 4 3, Vol 4 , 2022

Muhammad Dedi Irawan,”Implementasi E-Arip Pada Program Studi Teknik Informatika”, Jurnal Teknologi Informasi, No. 1, Vol II, 2018
Munirah, Petunjuk Al-Quran Tentang Belajar Dan Pembelajaran, Jurnal Lentera Pendidikan Vol.19 NO.1, Juni 2016
Nue Azizah, Mei Fitri Asri Utari, Agnita Siska Pramasdyahsa, Ulin Nikmah, “Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Peserta Didik Kelas IV SD Supriyadi Kota Semarang” Jurnal Pendidikan Tambusai, No 2, Vol 7, 2023
Nurul Amelia, Nadia Aisya, “ Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning0 Dan Penerapanya Pada Anak Usia Dini Di Tkit Al-Farai” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 1 No. 2 Desember 2021
Surahman, Dkk., “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Pokok Bahasan Makhluk Hidup Dan Proses Kehidupan Melalui Media Gambar Kontekstual Pada Siswa Kelas II SD Alkhairaat Towera,” Jurnal Kreatif Tadulako Online 3, No. 4: 93.
Tri Pudji Astuti, “Model Problem Based Learning Dengan Mind Mapping Dalam Pembelajaran IPA Abad 21,” Jurnal Proceeding Of Biology Education 3, No. 1 (2019)
Published
2024-10-05
How to Cite
Arsinah, A., Nur’Aini, N., & Kadir, M. (2024). Implementasi Project Based Learning (PJBL) dalam Menumbuhkan Kreativitas pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 5(3), 161-173. https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v5i3.9366