Pengembangan Multimedia Pembelajaran Autoplay dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di MTs Kota Samarinda
Abstract
Penelitian ini merupakan penilian research and development (R&D) dengan model pengembangan Borg dan Gall. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk multimedia autoplay pada pembelajaran biologi. Penelitian ini dilaksanakan pada dua sekolah yaitu MTS N Samarinda dan MTSs DDI Tani Aman dengan tiga uji lapangan yaitu preliminary field testing, main field testing dan operational field testing pada aspek pembelajaran, materi dan media. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa, tahap preliminary field testing skor rata-rata keseluruhan aspek untuk MTS N Samarinda adalah 3,94 dan MTSs DDI Tani Aman 3,90 yang termasuk kategori baik. Tahap main field testing skor rata-rata keseluruhan aspek untuk MTS N Samarinda adalah 3,84 dan MTSs DDI Tani Aman 3,91 yang termasuk kategori baik. Tahap operational field testing skor rata-rata keseluruhan aspek untuk MTS N Samarinda 3,62 dan MTSs DDI Tani Aman 3,44 yang termasuk kategori baik. Peningkatan hasil belajar terlihat dari nilai pretes dan postes yang mengalami peningkatan yaitu pada MTS N Samarinda, nilai pretes 45,42% dan postes 89,68% sedangkan MTSs DDI Tani Aman, nilai pretes 44,30% dan nilai postes 88,25%.
References
Annauval, A. R., & Ghofur, M. A. (2021). Lingkungan Keluarga dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi pada Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2114–2122.
Aryanto, B. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Dengan Mengunakan Autoplay 8 Untuk Meningkatkan Kreativitas Kelas X Siswa SMK N 2. 1(1), 12–17.
Djamarah., Bahri, S., & Zain, A. (2010). Strategi belajar mengajar. Rineka Cipta.
Gagne, Robert M & Briggs, L. J. (1970). Principles of Instructional Design. Harcourt Brace Jovanicih College Publisher.
Gerlach & Ely. (1980). Teaching & Media: A Systematic Approach. (second). MA: Allyn and Bacon. Copyright by Pearson Education.
Hadi, H., & Agustina, S. (2016). Pengembangan Buku Ajar Geografi Desa-Kota Menggunakan Model Addie. Jurnal Educatio, 11(1), 90–105.
Hadijah, H. (2020). Pemanfaatan Gadget pada Pembelajaran Biologi di SMA Negeri 1 Tanjung Jabung Barat. At-Ta’lim: Kajian Pendidikan Agama Islam, 2(1), 94–103.
Hafzah, N., Amalia, K. P., Lestari, E., Annisa, N., Adiatmi, U., & Saifuddin, M. F. (2020). Meta-Analisis Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Digital Dalam Peningkatan Hasil dan Minat Belajar Biologi Peserta Didik di Era Revolusi Industri 4.0:(Meta-analysis Effectiveness of the use of Digital Learning Media in Increasing The Results and In. BIODIK, 6(4), 541–549.
Hamilton, R. dan E. G. (1994). Learning and Instruction. McGRAW-HILL, INC.
Hill, W. F. (2010). Theories of Learning. Harper Collins Publishers.
Jannah, M., Copriady, J., & Rasmiwetti, R. (2019). Development of Interactive Learning Media using Autoplay Media Studio 8 for Colloidal Chemistry Material. Journal of Educational Sciences, 3(1), 132. https://doi.org/10.31258/jes.3.1.p.132-144
Jayawardana, H. B. ., & Gita, R. S. D. (2020). Inovasi Pembelajaran Biologi di Era Revolusi Industri 4 . 0. Prosiding Seminar Nasional Biologi Di Era Pandemi Covid-19, 6(1), 58–66. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/psb/
Maulana, I. R., Adi, S., & Hariyanto, E. (2019). Media Pembelajaran Berbasis Autoplay Media Studio untuk Siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(9), 1177. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i9.12702
Miarso, Y. H. (2004). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Fajar Interpratama Offset Kerja sama dengan Pustekkom Diknas.
Mina, L., & Anantyarta, P. (n.d.). Pengembangan Interactive Module of Disgestive System Berbasis Multimedia Autoplay. 272–285.
Nafi’a, M. Z. I., Degeng, I. N. S., & Soepriyanto, Y. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Materi Perkembangan Kemajuan Teknologi Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(3), 272–281.
Nggajung, H. O., & Anantyarta, P. (2020). Analisis Kebutuhan Modul Sistem Pernapasan Manusia Berbasis Multimedia Autoplay pada Program Studi Pendididikan Biologi. IKIP Budi Utomo, 368–375. http://ejurnal.budiutomomalang.ac.id/index.php/prosiding/article/view/1002
Nisa, K., Wati, M., & Mahardika, A. I. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Autoplay Media Studio Pada Pokok Bahasan Fluida Dinamis Di Sma. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(1), 13. https://doi.org/10.20527/jipf.v1i1.925
Sugian Noor. (2020). Penggunaan Quizizz Dalam Penilaian Pembelajaran Pada Materi Ruang Lingkup Biologi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X.6 SMA 7 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Hayati, 6(1), 1–7.
Sukardjo. (2005). Evaluasi pembelajaran. Diktat mata kuliah evaluasi pembelajaran. Prodi TP PPs UNY. UNY Press.
Susanti, P., & Yefterson, R. B. (2021). Media Pembelajaran Sejarah Berbasis Multimedia Autoplay. 3(3), 159–172.
Suwarna. (2005). Pengajaran Mikro: Pendekatan Praktis dalam Menyiapkan Pendidik Profesional. Tiara Wacana.
Syarief & Purbowati. (2021). Optimalisasi Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Pada Tingkat Sekolah Menengah Atas ( Sma ) Di. 1(1), 75–84.
Wijaya, I., & Rakhmawati, L. (2015). Media Pembelajaran Autoplay Media Studio Pengembangan Media Pembelajaran Autoplay Media Studio Pada Mata Pelajaran Perekayasaan Sistem Audio Di SMK Negeri 3 Surabaya. In Jurnal Pendidikan Teknik Elektro (Vol. 4, Issue 3). https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/12916
Woolfolk, A. (2004). Educational Psychology Ninth Edition. (Boston Pearson Education: Inc Printed in the United States of America.