PENGARUH INTEGRASI NILAI KARAKTER DALAM KURIKULUM MERDEKA TERHADAP PERILAKU SISWA DI SMP ISLAM NURUL IHSAN PALANGKARAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh integrasi nilai karakter dalam Kurikulum Merdeka terhadap perilaku siswa kelas VIII di SMP Islam Nurul Ihsan Palangka Raya. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional. Data diperoleh melalui angket skala Likert yang disebarkan kepada 30 siswa dan dianalisis menggunakan statistik deskriptif serta uji korelasi Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat integrasi nilai karakter dalam Kurikulum Merdeka berada pada kategori sangat tinggi (82,8%), dengan nilai religius mencapai 88%, kejujuran dan tanggung jawab 85%, dan gotong royong 82%. Sementara itu, perilaku siswa berada pada kategori tinggi (76,8%), dengan skor religiusitas 81%, tanggung jawab akademik 80%, dan kedisiplinan 78%. Uji korelasi menunjukkan hubungan positif dan signifikan (r = 0,684 > r tabel = 0,361), menandakan bahwa semakin tinggi penerapan nilai karakter, semakin baik pula perilaku siswa. Kurikulum Merdeka melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) terbukti menjadi sarana strategis dalam internalisasi nilai karakter lintas disiplin. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya pelatihan guru secara berkelanjutan, penguatan kolaborasi sekolah dan keluarga, serta pengembangan lingkungan belajar yang kondusif agar karakter siswa dapat terbentuk secara optimal dan berkelanjutan di masa depan. Oleh karena itu, generasi yang dihasilkan tidak hanya cerdas secara akademik, tetapi juga matang secara moral dan spiritual
References
Alawyah, K., Aulia, F., Husni, I, N., Jalinus, N., Waskito, W. (2024). Probelamatika dalam Implemetasi Kurikulum Merdeka di SMK Negeri 1 Sungai Limau. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 7(1), 1–6. https://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/download/5710/3211/
Albusthomi, A, N. (2019). Pendidikan akhlak sebagai landasan pembentukan karakter di majelis taklim konversi diniyah (mtkd) al ikhlas kec. bandung kulon. Jurnal TEXTURA, 6(2), 15–37. https://journal.piksi.ac.id/index.php/TEXTURA/article/view/93
Alhana, A, N. (2024). Penguatan Profil Pelajar Pancasila melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka untuk Menumbuhkan Sikap Gotong Royong Siswa di Sekolah Dasar Islam Terpadu Quantum Mulia Kroyo Cilacap [UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta]. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67151/
Ananta, A. P., Samsiyah, N., & ... (2023). Analisis Penguatan Karakter Siswa Pada Kurikulum Merdeka Melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Di Kelas Iv Sdn …. Jurnal Konferensi Ilmiah Dasar, 4, 716–720. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID/article/view/4474
Anggraena, Y., Gianto, D., Felicia, N., Andiarti, A., Herutami, I., Alhapip, L., Iswoyo, S., Hartini, Y., Mahardika, r, L. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidkan Anak Usia Dini, Pendidikan dasar, dan Menengah. In Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia. Kemendikbudristek.
Aprilia Yola Azhari, Dwi Lutfiana Nur Janah, Fadhila Eka Meyliana, & Bagus Setiawan. (2023). Pengaruh Perkembangan Pendidikan Karakter Dalam Mengatasi Masalah Bullying Di Indonesia. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 2(4), 257–271. https://doi.org/10.58192/sidu.v2i4.1588
Azhari, M. (2024). Integrasi Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-nilai Keislaman di Madrasah : Implementasi dan Evaluasi. Future Academia, 2(4), 691–700. https://doi.org/10.61579/future.v2i4.240
Baidowi, A., & Putri, S. (2024). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Membentuk Pribadi Islami Peserta Didik. AL MUNTADA, 2(1), 23–31. https://ejournal.stpdnlebakbanten.ac.id/index.php/almuntada/article/view/12
Fakhrudin, I. A., Probosari, R. M., Indriyani, N. Y., Khasanah, A. N., & Utami, B. (2023). Implementasi Pembelajaran Stem Dalam Kurikulum Merdeka: Pemetaan Kesiapan, Hambatan Dan Tantangan Pada Guru Smp. RESONA : Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 7(1), 71. https://doi.org/10.35906/resona.v7i1.1266
Ginting, E, B., Sijabat, Y, G, M., Thesia, D, P., Panjaitan F, A., Sihite, D, V., Rachman, F., Siagan, L. (2025). Desain Pembelajaran Berbasis Kolaboratif dalam Pemecahan Masalah pada Mata Pelajaran PPKn di Sekolah Menengah Pertama Eshaulin. Pancasila and Civics Education Journal, 2(3), 21–27. https://doi.org/10.30596/jcositte.v1i1.xxxx
Hadi, A. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pendidikan Islam: Integrasi Nilai-Nilai Keislaman dan Kemandirian Belajara. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 4(1), 15522–15534. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp
Hidayat, A, R. (2022). Upaya peningkatan karakter religius siswa melalui kegiatan keagamaan di mts negeri 6 sleman yogyakarta [Universitas Islam Indonesia Yogyakarta]. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/41218
Jayanto, I., Nurnoviyati, I., Mere, K., & Merdeka, K. (2025). Pengaruh penguatan profil pelajar pancasila terhadap karakter siswa dalam kurikulum merdeka. 8, 4957–4962. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp
Judrah, M., Arjum, A., Haeruddin, & Mustabsyirah. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. Journal of Instructional and Development Researches, 4(1), 25–37. https://www.journal.iel-education.org/index.php/JIDeR
Julaeha, S. (2019). Problematika Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Karakter. 7(2). https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.367
Khasanah, U., & Herina, H. (2020). Membangun Karakter Siswa Melalui Literasi Digital Dalam Menghadapi Pendidikan Abad 21 (Revolusi Industri 4.0). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 999–1015. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2662
Kontesa, D, A., & Minsih, M., Fuadi, D. (2023). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Active Deep Learner Experience Dalam Membangun Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1416–1427. https://doi.org/10.31949/jee.v6i3.6638
Lumbu, A., Pinatih, N, P, S. Judijonto, L., Suwandi, W., Retoningsih, R., & Muhtadin, D, A. (2025). Pendidikan Karakter (Teori dan Implementasi Pendidikan Karakter Bagi Gen-Z). PT. Sonpedia Publishing Indonesia. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=tAhSEQAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP3&dq=info:4jueRwgEqZMJ:scholar.google.com/&ots=QD3CtZ5oOx&sig=nKCQ
Muhajiir, Oktaviyanthi, R., Lida, U. M., Nasikhin, Muflihin, A., Syadzili, M. F. R., Nitasari, N., Zukana, S., Hariadi, Babang, V. M. M. F., Romadhon, S., Juwariyah, I., Ande, A., Bangun, S. Y., Maimunah, I., Martiningsih, D., Babang, M. P. I., Widanita, N., E.W.T, A. W., … Masgumelar, N. K. (2021). Implementasi dan Problematika Merdeka Belajar. In Akademia Pustaka. Akademia Pustaka.
Mulyawati, S., Nugraha, M. S., Aliyah, A., & Yani, A. (2024). Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Melalui Pengelolaan Kelas pada Pembelajaran SKI di Madrasah Tsanawiyah. Kharismatik : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 93–107. https://doi.org/10.70757/kharismatik.v2i2.93
Nugraha, B. O., & Irianto, A. (2024). Peran Lingkungan Sekolah dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(2), 34413–34419. https://jptam.org/index.php/jptam/article/download/18968/13677
Nurhamidah, S., & Nurachadijat, K. (2023). Project Based Learning dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Inovasi, Evaluasi, Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 3(2), 42–50. http://journal.ainarapress.org/index.php/jiepp
Pangkey, R. D. H., & Sarudi, R. (2024). Kurikulum Merdeka dalam Pembentukan Karakter Siswa. Journal on Education, 6(4), 22104–22113. https://doi.org/10.31004/joe.v6i4.6331
Prastiwi, L, D, T. (2023). Penanaman Nilai Kejujuran Sebagai Upaya Penguatan Pendidikan Karakter ( Studi Kasus di SD Katolik Santo Yusup Surabaya) [Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Widya Yuwana Madiun]. http://eprints.widyayuwana.ac.id/id/eprint/768/1/SKRIPSI LIDIA DESI TRIA PRASTIWI - 193046.pdf
Putry, R. (2018). Nilai Pendidikan Kakakter di Sekolah Perspektif Kemendiknas. Gender Equality: Internasional Journal of Child and Gender Studies, 4(1), 39–54. https://doi.org/10.7748/nm.23.9.12.s14
Rangkuti, A, N. (2019). Metode Penelitian Pendidikan ( Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, PTK, dan Penelitian Pengembangan). Citapustaka Media.
Rizal, S. U., Hikmah, N., & Anshari, M. R. (2022). Bimbingan Teknis Implementasi Kurikulum Merdeka di MIN 2 Kota Palangka Raya. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 134–138. https://doi.org/10.32764/abdimaspen.v3i3.3395
Rizkiyanto, A, U., Armadi, A., & Hardiansyah, F. (2025). Pembentukan Karakter Moral Siswa Kelas 4 Melalui Implementasi Profil Pancasila dalam Kurikulum Merdeka di SDN Lombang II. Journal of Human And Education, 5(1), 264–276. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jh.v5i1.2200
Rosyah, D, L., Darmawan, P. (2023). Analisis Relevansi Pembelajaran Difrensiasi pada Kurikulum Merdeka dengan Konsep Visi Pedagogik KI Hajar Dewantara. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Pendidikan, 3(9). https://doi.org/10.17977/um066.v3.i9.2023.5
Sari, J., Rohiem, A, F. (2023). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Pembentukan Karakter Siswa pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Papedas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 266–273. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v6i2.5834
Sholika, L, R, N., Pratomo, W., Nadziroh, N., Chairiyah, C. (2025). Peran Guru dalam Menanamkan Karakter Cinta Damai pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas V SDN Karanganyar Gunung Kidul Yogyakarta. Jurnal PEKAN, 10(1), 75–82. https://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/PEKAN/article/download/4715/2546
Sianipar, H. M., & Irawati, W. (2022). Peran Guru Sebagai Teladan Dalam Upaya Pembentukan Karakter Siswa Berdasarkan Kajian Filsafat Aksiologi Kristen. Didache: Journal of Christian Education, 3(1), 58. https://doi.org/10.46445/djce.v3i1.483
Sulistianingsih, S., Ajung, A., Alkani, S., & Kasih, R. (2024). Strategi Penguatan Karakter Demokratis Melalui Pembelajaran PPKn Berbasis Proyek. Jurnal Citizenship Virtues, 4(2), 821–834. https://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/citizenshipvirtues/article/download/2055/1222/8959
Supriadi, Sani, A., & Setiawan, I. P. (2020). Integrasi Nilai Karakter dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Siswa. YUME : Journal of Management, 3(3), 84–93. https://doi.org/10.2568/yum.v3i3.778
Suwardani, N, P. (2020). “QUO VADIS” Pendidikan Karakter dalam Merajut Harapan Bangsa yang Bermartabat. Distributor Tunggal : UNHI Press.
Urifah, D., Hayati, M., & Hasanah, N. (2024). Tantangan dan Peluang : Pendidikan Karakter sebagai Pondasi Mengatasi Degrasi Moral di Era Digital. IBTIDA’IY : Jurnal Prodi PGMI, 9(2), 1–13. http://journal.ummat.ac.id/index.php/ibtidaiy
Yurneli, Y. (2024). Integrasi Nilai-Nilai Islam untuk Meningkatkan Karakter Toleransi dan Kejujuran di SDN 21 Selayo Tanang Bukit Sileh. EduSpirit : Jurnal Pendidikan Kolaboratif, 02(01), 324–330. https://journal.makwafoundation.org/index.php/eduspirit
Zaenuri, Marzuki, & Jami’ah, Y. (2019). Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Melalui Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al Mumtaz Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 8(3), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.26418/jppk.v8i3.31708
Zahro, S, F. (2024). Peran Lingkungan Pesantren dalam Pembentukan Karakter Religius Santri: Studi Kasus di Pondok Pesantren Al-Hasani Pontianak. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 8(1), 69–80. https://doi.org/https://doi.org/10.61595/edukais.2024.8.1.69-80
Zain, S. K. (2025). Peran pembelajaran PAI Dalam Pencegahan Perilaku Bullying di SD Negeri 3 Rukti Sediyo Kecamatan Raman Utara lampung Timur [PASCASARJANA INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI METRO]. https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10779/1/Sri Kurnia Zain.pdf

