Analisis Kriteria Pemilihan Film Islami Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan kriteria pemilihan film Islami yang sesuai untuk siswa SD, dengan mempertimbangkan aspek nilai-nilai keislaman, perkembangan anak, serta relevansi edukatif. Metode kualitatif digunakan untuk menyelidiki dan menggambarkan secara detail kriteria dalam pemilihan film Islami yang sesuai dengan karakter siswa SD melalui wawancara mendalam dengan 4 guru PAI di SD Kecamatan Kartasura. Penelitian ini difokuskan pasa siswa kelas I hingga kelas III SD sebagai target utama pemanfaatan film Islami. Temuan menunjukkan bahwa terdapat delapan kriteria Pemilihan Film Islami untuk Siswa SD dalam Mata Pelajaran Agama Islam yaitu kesesuaian cerita dengan al-Qur’an dan Hadits, pembuat film tidak harus berlatar belakang muslim, isi film mencerminkan nilai-nilai Islami, penayangan film 2 dimensi atau 3 dimensi, penayangan cerita dalam film tidak berlebihan, pentingnya ulasan film, keamanan fisik dan mental anak, humor dalam film, dan dapat digunakan untuk pembelajaran. Penelitian ini menekankan pentingnya peran guru, orang tua, dan institusi pendidikan dalam pemilihan film Islami untuk anak SD. Guru perlu memiliki literasi media yang baik, orang tua harus terlibat dalam mendampingi tontonan anak, dan institusi perlu menyediakan pedoman serta dukungan. Kolaborasi ketiganya diperlukan agar film yang dipilih sesuai dengan nilai Islam, perkembangan anak, dan tujuan pembelajaran.
References
Al-Attas, S. M. N. (2023). Islam and Schularism al Attas. In Comparative Secularisms in a Global Age (pp. 1–159). https://ia801808.us.archive.org/23/items/islam-and-secularism-al-attas/Islam-and-Secularism al attas.pdf
Al Mubarok, A. A. S. A. (2021). Alat Permainan Edukatif dalam Menanamkan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 9(1), 93. https://doi.org/10.21043/thufula.v9i1.10103
Anugrah, B. P., Subakti, G. E., & Tjahjodiningrat, H. (2022). Analisis Ajaran Agama Islam Untuk Pendidikan Anak Melalui Film Animasi “ Nussa : the Movie Analysis of Islamic Religious Teachings for Children ’ S Education Through the Animated Film " Nussa : the Movie ". 2(3), 77–84.
Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Rajawali Press.
Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. PT. RajaGrafindo Persada.
B.Milles, M., & Huberman, A. M. (2014). Qualitative Data Analysis.
Bahri, S., & Shirazy, H. El. (2021). Prinsip dan Panduan Umum Seni Islami. Buku Republika.
Baihaqi, A., Mufarroha, A., & Imani, A. I. T. (2020). Youtube sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Efektif di SMK Nurul Yaqin Sampang. EDUSIANA: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 07(01), 74–88. http://journal.stainim.ac.id/index.php/edusiana
Buckingham, D. (2003). Media education : literacy, learning and contemporary culture. Cambridge : Polity Press.
Carpendale, J., Lewis, C., & Muller, U. (2017). The Development of Children’s Thinking. SAGE Publications Ltd.
E.Smaldino, S., L.Lowther, D., & Mims, C. (2018). Instructional technology and media for learning. In Revista mexicana de investigación educativa (Vol. 15, Issue 44).
Ernanida, E., & Yusra, R. Al. (2019). Media Audio Visual dalam Pembelajaran PAI. Murabby: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 101–112. https://doi.org/10.15548/mrb.v2i1.333
Hardianto. (2016). Media Pembelajaran dalam Pendidikan Agama Islam. HIKMAH : Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 1–20. https://ojs.staituankutambusai.ac.id/index.php/hikmah/article/view/1/1
Hawa, S. (2023). Pengaruh Film Animasi Terhadap Pendidikan Karakter Anak. Jurnal Aktualisasi Pendidikan Islam, 18(1), 69–80.
Huringiin, N., & Safitri, A. (2023). Ismail Raji Al-Faruqi on Ummah and Its Relevance to Society 5.0. Insaniyat : Journal of Islam and Humanities, 7(2), 85–97. https://doi.org/10.15408/insaniyat.v7i2.28345
Karim, F. (2023). Ihya Ulum-id-Din. ( Fazlul Karim, Trans.). In Revival Of Religous lLarnings by Imam Ghazaali’s Ihya Ulum-Id-Din (p. 133).
Khafiyya, N. (2023). Konsep Ta’dib dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Taqaddumi: Journal of Quran and Hadith Studies, 2(2), 79–92. https://doi.org/10.12928/taqaddumi.v2i2.7059
Kusumastuti, N. D., & Rukiyati. (2017). PENANAMAN NILAI-NILAI MORAL MELALUI KEGIATAN BERCERITA PADA ANAK USIA 5 TAHUN. 5(2), 1–23.
L.S.Vygotsky. (2020). Mind in Society The Development of Higher Psychological Processes. In Accounting in Australia (RLE Accounting). https://doi.org/10.4324/9781315867519-201
Manshur, U., & Ramdlani, M. (2020). Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Pai. Al Murabbi, 5(1), 1–8. https://doi.org/10.35891/amb.v5i1.1854
Mir, K. J., Fatima, D. S. A., & Fatima, D. S. T. (2023). Impact of Dual Coding Strategy to Enhance Students’ Retention of Scientific Concepts in Middle Schools. Annals of Human and Social Sciences, 4(4).
Nasution, N. A., Auni, L., & Siregar, A. (2024). Kontekstualitas Ayat Alquran Tentang Media Pendidikan Islam. 8, 32956–32961.
Potter, W. J. (2015). Introduction to Media Literacy. SAGE Publications, Inc.
Pratama, R. A. (2022). Penggunaan Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Dan Kesesuaiannya dengan Faktor-Faktor Pendidikan di SMA Negeri 1 Ujanmas. Al-Manar, 11(1), 12–24. https://doi.org/10.36668/jal.v11i1.376
Rahman, T. A., Rashid, Z. M., Yusof, W. S. W., & Amir, A. N. (2015). Transforming Islamic Values in Malaysia: The Role of Al-Faruqi. Revelation and Science, 5(1), 27–33.
Ruddock, A. (2020). Digital Media Influence: A Cultivation Approach. SAGE Publications Ltd.
Salvini, A., & Psaroudakis, I. (2024). Symbolic Interactionism and Religion (W. H. Brekhus, T. DeGloma, & W. R. Force (eds.)). Oxford University Press.
Santrock, J. W. (2012). Educational Psychology. McGraw-Hill.
Santrock, J. W. (2023). Psikologi pendidikan (Edisi ke-2). In Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sartika, F., Desriwita, E., & Ritonga, M. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Pai Di Sekolah dan Madrasah. Edupedia, 5(1), 65–77. https://doi.org/10.35316/edupedia.v5i1.882
Sassi, K. (2018). Ta’Dib As a Concept of Islamic Education Purification: Study on the Thoughts of Syed Muhammad Naquib Al-Attas. Journal of Malay Islamic Studies, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.19109/jmis.v2i1.2541
Shirley Khumaidah , M . Andik Susanto, M. Y. dan M. ilham ma ’ ruf. (2021). RELEVANSI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Shirley Khumaidah , M . Andik Susanto , Muhammad Yuda dan Mohammad ilham ma ’ ruf UIN Sunan Ampel Surabaya , Indonesia Diterima : Abstrak Direvisi : Disetujui : Relevansi Nilai Pendidik. 1.
Simanjuntak, M. B. (2020). The Educational Value of The Main Character In Beautiful Mind Film. Journal of Advanced English Studies.
Susanto, A., & Bagiya, B. (2021). Nilai Moral Dalam Tokoh Utama Film Ajari Aku Islam Sutradara Deni Pusung Dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kelas Xi Sma. Literasi : Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia Serta Pembelajarannya, 5(1), 85. https://doi.org/10.25157/literasi.v5i1.3581
Suyuthi, A. (2011). TA ’ DIB SEBAGAI UPAYA REKONSTRUKSI PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF SYED NAQUIB AL-ATTAS AL HIKMAH , Volume 1 , Nomor 2 , September 2011 AL HIKMAH , Volume 1 , Nomor 2 , September 2011. Al Hikmah, 1(September), 156–169.
Tiwow, G. M., Manullang, D. R., HS, S. R., Siahaan, A. L., & Komalasari, F. P. (2025). Media Pembelajaran Digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Umam Junaid, K. (2022). Pengaruh Film Bergenre Islami Terhadap Pengetahuan Keagamaan Dan Perkembangan Jiwa Keagamaan Remaja Mesjid Jami Al Amilin Tibojong Kabupaten Bone. El-Fata: Journal of Sharia Economics and Islamic Education, 1(1), 28–39. https://doi.org/10.61169/el-fata.v1i1.3
UNESCO. (2021). Media and information literacy curriculum for teachers.
Wahyuni, F., & Rani, D. S. (2025). Utilization of Augmented Reality Technology as an Interactive Learning Media in Islamic Religious Education. Proceeding International Seminar on Islamic Studies, 6(1).
Yusuf, & Rahmawati. (2019). Media Audiovisual dalam Pembelajaran Akidah Akhlak. Jurnal Pendidikan Islam, 5, 60–70.

