PENERAPAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP JUAL BELI PADA MATA PELAJARAN PAI
Abstract
Adapun tujuannya dari penelitian ini guna meningkatkan pemahaman siswa kelas VI SDN 1 Karangtengah mengenai konsep jual beli dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam melalui penggunaan metode bermain peran (role playing). Penelitian dilakukan dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terbagi atas dua siklus, setiap siklusnya ini mencakup tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, maupun refleksi. Temuan dari penelitian tindakan ini mengindikasikan bahwasanya pengimplementasian metode role playing secara signifikan dapat menambah tingkatan keterlibatan dan hasil belajar siswa. Pada tahap awal pembelajaran, nilai rerata siswa sebesar 6,42 mengalami peningkatan menjadi 7,71 pada akhir siklus kedua. Tidak hanya itu, tingkat keaktifan siswa dalam proses pembelajaran juga meningkat, dari 68% pada awal siklus pertama menjadi 90% di akhir siklus kedua. Pendekatan ini terbukti efektif dalam membantu siswa memahami materi melalui pengalaman langsung yang dilibatkannya siswa secara aktif dalam proses belajar. Sehingga, metode role playing tidak hanya memperkuat aspek kognitif siswa, namun juga menambah tingkatan keterlibatannya dalam pembelajaran maupun memotivasi mereka agar belajar lebih giat.
References
Arifin. (2025). Simulasi role playing untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi zakat fitrah dalam pelajaran Fiqih di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 5(1), 182–187.
Bahtiar. (2019). Penggunaan metode bermain peran dalam mengembangkan keterampilan menceritakan pengalaman jual beli di tingkat sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 71.
Eti. (2017). Strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui metode bermain peran untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SD Trosemi 02 Sukoharjo. Gatak Kab. Sukoharjo, 5, 5893–5901.
Farhan. (2024). Efektivitas penggunaan role playing dalam memahami konsep bangun datar di SDN Balai Gajah, Desa Dogang. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 107–111. https://doi.org/10.56832/10.56832/pema.v4i2.495
Hamid. (2016). Peningkatan hasil belajar topik jual beli dengan pendekatan bermain peran pada siswa kelas VI MI Hidayatullah Kabupaten Banjar. Jurnal Pendidikan, 4(1), 1–23.
Hidayat. (2025). Pelaksanaan metode role playing dalam pembelajaran Fiqih kelas XII di SMK Muhammadiyah 1 Sragen. Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 1120–1125.
Kemmis dan McTaggart. (2020). Penelitian tindakan kelas untuk pengembangan kompetensi profesional guru. Pena Persada.
Mardiana. (2021). Dampak metode role playing terhadap hasil belajar siswa dalam materi jual beli pada mata pelajaran IPS di sekolah dasar. All Rights Reserved, 8(1), 72–76. http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index
Mariana. (2022). Metode role playing sebagai sarana peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Risalah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 8(2), 650–662.
Marlita. (2025). Meningkatkan minat belajar Pendidikan Agama Islam melalui strategi bermain peran pada siswa kelas V SDN 143/VIII Teluk Kembang Jambu. Journal of Indonesian Professional Teacher, 1(2), 161–172.
Muhamad Azin. (2023). Strategi role playing dalam pelajaran PAI untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa. Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 113–120.
Nadilla. (2024). Pengaruh strategi pembelajaran role playing terhadap pemahaman konsep jual beli di kelas IV sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 2(3), 454–474.
Nudin. (2024). Efektivitas metode role playing dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam di tingkat SMA Sabiluth Thayyib Kota Pasuruan. Jurnal Pendidikan Islam Ta’limuna, 13(2), 138–145.
Pandey. (2023). Langkah-langkah guru Bahasa Inggris dalam riset tindakan kelas: Penyusunan template kelas. Nepal Journal of Multidisciplinary Research, 6(3), 1–11. https://doi.org/10.3126/njmr.v6i3.58965
Permana. (2024). Strategi optimalisasi pengajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah dasar. Al-Hasanah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 9(c), 393–407.
Purnama. (2016). Efektivitas role playing dalam membangun kepercayaan diri siswa SMAN 9 Bandung pada pelajaran sejarah. 1–23.
Rachma. (2023). Peningkatan semangat belajar PAI dengan metode bermain peran di SMKN 1 Setu Kabupaten Bekasi. Journal of Community Service and Empowerment, 4(1), 77–87.
Rahman. (2022). Penerapan metode role playing untuk meningkatkan capaian belajar peserta didik. Al Minhaj: Jurnal Pendidikan, 5(1), 1–12.
Ramadhani. (2025). Pengaruh pembelajaran role playing terhadap kemampuan berbicara siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 8, 369–376.
Rhadita. (2023). Penerapan role playing untuk menumbuhkan minat belajar siswa kelas IV SDN 1 Nglongsor dalam materi jual beli mata pelajaran IPAS. Jurnal Ilmiah dan Pendidikan Dasar, 8(1), 6213–6221.
Rochman. (2021). Pembelajaran aktivitas jual beli menggunakan metode bermain peran pada siswa kelas III sekolah dasar. Journal of Elementary Education, 4(6), 875–881.
Salsabilla. (2020). Penerapan metode role playing dalam proses pembelajaran sekolah dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 3(1), 37–52.
Saputri. (2022). Pengaruh metode pembelajaran role playing terhadap pemahaman materi dongeng di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7275–7280. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3472
Sari. (2024). Penerapan model bermain peran untuk meningkatkan kepercayaan diri peserta didik dalam materi Indonesiaku Kaya Budaya kelas IV. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10.
Sayekti. (2022). Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan metode role playing di sekolah dasar. Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, XXI(1), 1–23
ulaiman. (2022). Implementasi pendekatan role playing dalam pembelajaran Fiqih dan dampaknya terhadap pemahaman siswa pada materi memandikan jenazah. Jurnal Pendidikan Islam, c, 1–7.
Susanti. (2023). Penggunaan metode role playing untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru Tahun 2021, 2020, 105–111.
Wahyuni. (2023). Implementasi metode bermain peran dalam pembelajaran PAI di PAUD binaan BGP Aceh. Jurnal Buah Hati, 10(1), 53–64. https://doi.org/10.46244/buahhati.v10i1.2174
Yurina. (2022). Peningkatan rasa percaya diri siswa dalam pelajaran PAI kelas VII melalui pendekatan role playing di SMP Negeri 3 Menggala Tulang Bawang. 1–23.

