Pengaruh Penggunaan Media Sosial Youtube Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Materi Suhu dan Kalor pada Siswa Kelas V di MI Ma’arif NU 01 Samarinda

  • Maulida Ulfa Hidayah UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Marniati Kadir UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Kristi Budianti UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi proses pembelajaran di MI Ma’Arif NU 01 Samarinda yang masih menggunakan metode pembelajaran yang konvesional sehingga membuat rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Maka salah satu upaya yang dilakukan yaitu merancang dan memilih model atau media yang tepat yaitu media Youtube yang dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa dan dapat membuat siswa lebih aktif dan membuat pembelajaran lebih menyenangkan tidak jenuh dan terkesan membosankan. Pendidik dituntut mampu menyenangkan tidak jenuh dan terkesan membosankan. Pendidik dituntut mampu memanfaatkan metode atau media pembelajaran agar tercapainya suatu tujuan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Sosial Youtube Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Pada Siswa kelas V Di MI’Ma’Arif NU 01 Samarinda. Jenis Penelitian ini menggunakan kuantitatif (quasi eksperimen), Desain yang digunakan adalah two control group pretest-posttest design, dengan variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel X penggunaan media Youtube dan Y adalah hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam. Populasi dalam penelitian  ini adalah seluruh siswa di kelas V MI’Ma’Arif NU 01 Samarinda yang berjumlah 83. Sampel dalam penelitian yaitu siswa VA sebagai kelas Eksperimen yang berjumlah 28 siswa dan kelas VB sebagai kelas kontrol yang berjumlah 28 siswa dengan menggunakan teknik Purposive Sampling Penelitian menggunakan teknik pengumpulan data yaitu, observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik keabsahan data menggunakan uji validitas dan uji realibilitas. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji T. Berdasarkan hasil perhitungan analisis menunjukkan bahwa uji hipotesis pada uji t ialah Hal ini ditunjukkan dengan hasil posttest uji independent t-test pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan nilai signifikansi sebesar 0,018 kurang dari 0,05. Maka dapat dinyatakan bahwa Ha diterima Ho ditolak. Artinya dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan media sosial Youtube terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam materi suhu dan kalor di kelas V Mi Ma’Arif Nu 01 Samarinda.

Published
2021-12-23
How to Cite
Hidayah, M., Kadir, M., & Budianti, K. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Youtube Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Materi Suhu dan Kalor pada Siswa Kelas V di MI Ma’arif NU 01 Samarinda. Borneo Journal of Islamic Education, 1(2), 251-258. https://doi.org/10.21093/bjie.v1i2.5095