Optimasi Model Manajemen Pendidikan Islam dalam Mewujudkan Generasi Islam Berkualitas

  • Rhendica Rhendica UIN Sultan Aji Muhammad Idris

Abstract

Abstract

In general, it can be argued that the quality of Islamic educational institutions in Indonesia lags far behind that of non-Islamic educational institutions. The quality of education is influenced by the quality of the education management that makes it happen. There is no doubt that the better the quality of management of an educational institution, the more directly proportional the quality of education it produces. Times are changing and the competition between educational institutions is becoming more intense. If you can’t manage the learning environment properly, you will decline and possibly go bankrupt. One such self-improvement effort is the need to revise strategic management by considering the concept of strategic management model. The objective of this study is to explore strategic governance models to improve the quality of Islamic education. The study was conducted using library methods. The results of this study show that management strategy does have a concept in Islam, so there are already Islamic educational institutions managed according to Islamic guidelines to improve the quality of Islamic education

Keywords: models, strategic management, Islamic education

 

Abstrak

Pada umumnya, dapat di argumentasikan bahwa kualitas lembaga pendidikan Islam di Indonesia jauh ketinggalan dibandingkan dengan lembaga pendidikan non-Islam. Kualitas pendidikan dipengaruhi oleh kualitas manajemen pendidikan yang membuatnya terjadi. Tidak ada keraguan bahwa semakin baik kualitas manajemen sebuah lembaga pendidikan, maka semakin langsung proporsional kualitas pendidikan yang dihasilkan. Saat ini sedang berubah dan persaingan antar lembaga pendidikan semakin ketat. Jika tidak bisa mengelola lingkungan belajar dengan baik, maka akan terdegradasi dan mungkin bangkrut. Salah satu upaya peningkatan diri adalah perlu merevisi manajemen strategis dengan mempertimbangkan konsep model manajemen strategis. Tujuan dari studi ini adalah untuk mengeksplorasi model tata kelola strategis untuk meningkatkan kualitas pendidikan Islam. Studi ini dilakukan menggunakan metode perpustakaan. Hasil studi ini menunjukkan bahwa manajemen strategi memang memiliki konsep dalam Islam, sehingga sudah ada lembaga pendidikan Islam yang dikelola sesuai dengan petunjuk Islam untuk meningkatkan kualitas pendidikan Islam.

Kata kunci: model, manajemen strategis, pendidikan Islam

References

Adi Purwanto. (2019). "Development of Quality Islamic Education in Indonesia". Journal of Education, 17(2), pp. 103-116.
Arifin, M., Zahruddin, Z., & Maftuhah, M. (2021). Optimalisasi Model Manajemen Strategik untuk Peningkatan Kualitas Pendidikan Islam. Al-Fikr: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 97–103. https://doi.org/10.32489/alfikr.v7i2.224
As-salam, J., No, V., & Juni, J. (2022). (Print ISSN 2528-1402 : Jurnal As-Salam , Online ISSN 2549-5593). 6(1), 1–10.
Dasar, J. P., Mts, D. I., & Karawang, A.-I. A. (n.d.). Jurnal : Fondatia. 6(September 2022), 526–539.
Dukhri Muhamad. (2020). Manajemen Pendidikan Karakter dalam Mewujudkan Generasi Berakhlakul Karimah di SMP Negeri 4 Purworejo. Jurnal : Cakrawala Manajemen Pendidikan Islam dan Studi Sosial. 4(1), 69–83.
Ilham, I. (2019). Sinergisitas Pendidikan Islam: Model Sinergisitas Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia. TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman dan Kemanusiaan, 3(2), 236–258. https://doi.org/10.52266/tadjid.v3i2.298
Muljawan, A. (2019). Model Dan Strategi Manajemen Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Asy-Syukriyyah, 20(2), 51–69. https://doi.org/10.36769/asy.v20i2.81
Pawero, A. M. D. (2021). Arah Baru Perencanaan Pendidikan dan Implikasinya Terhadap Kebijakan Pendidikan. Dirasah (Jurnal Study Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam), 4(1), 24. http://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/dirasah/article/view/177
Perguruan, D. I., & Umum, T. (2019). Manajemen Pendidikan Karakter. Jurnal Wahana Karya Ilmiah Pascasarjana (S2) PAI Unsika Vol. 3 No. 2 Juli-Desember 2019. Zaenal Arifin, 3(2), 364–384.
Purwati, S. A. Y. U. (2023). Program Studi Manajemen Dakwah. Jurnal : Dakwah Islami Risalah J Anuari 2023.
Sa’dun. (2016). Model Manajemen Pendidikan Islam Terpadu dalam Upaya Peningkatan Mutu Sekolah. Quality, 4(2), 236–253.
Setiyadi, A. C. (2012). Pendidikan Islam dalam Lingkaran Globalisasi. At-Ta’dib, 7(2). https://doi.org/10.21111/at-tadib.v7i2.74
Suparyanto dan Rosad (2015. (2020). Optimalisasi Manajemen Masjid dalam Upaya Meningkatkan Kemakmuran Masjid Darus Salam Desa Sukorejo Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember. Tesis : UIN KHAS Jember In Suparyanto dan Rosad (2015 (Vol. 5, Issue 3).
Tata, E., Paud, K., & Mewujudkan, U. (2023). Edukasi Tata Kelola PAUD untuk Mewujudkan Tenaga Pendidik Yang Berkualitas. 1(12), 1691–1703.
Wahyudin. (2017). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Buku: Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 6(1), 1–6.
Zuhairini, Dkk., Sejarah Pendidikan Islam , (Cet. 8, Jakarta: PT. Bumi Aksara Bekerjasama Dengan Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam Departemen Agama; 2006), 219-103. (2020).
Published
2022-11-30
How to Cite
Rhendica, R. (2022). Optimasi Model Manajemen Pendidikan Islam dalam Mewujudkan Generasi Islam Berkualitas. Borneo Journal of Islamic Education, 2(2), 189-198. https://doi.org/10.21093/bjie.v2i2.6025