Kajian Landasan Antropologis dalam Pendidikan dan Pembelajaran: Membangun Pengalaman Belajar yang Bermakna dan Berkesinambungan

  • Rhendica Rhendica UIN Sultan Aji Muhammad Idris
  • Wahyudi Wahyudi UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: Anthropological, Meaningful, Continuous

Abstract

Abstract

This research tries to identify the anthropological foundations of education and learning and how they may be used to create lasting and meaningful learning experiences. This essay was written utilizing a literature review study methodology, starting with a survey of theories pertinent to the anthropological foundations of education. According to the studies done, it is known that studying anthropological foundations in education and learning can enhance learning quality and have a good influence on educational understanding. Learning that is not only integrated in the cognitive domain but must spread to the emotive and psychomotor domains demonstrates the significance of researching this anthropological basis. These learning domains eventually influence the inculcation of critical elements required by everyone participating in the educational field. Because learning will be more meaningful if students experience what they are learning firsthand by activating many senses in a pluralistic environment, the continuity of meaningful education and learning is positively impacted by social and cultural understanding from the anthropological basis of education. Similar to this is the comprehension of lifelong learning, which happens throughout human existence as a system of ideas that explains all the activities associated with teaching and learning.

Keyword: Anthropological, Meaningful, Continuous

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dasar-dasar antropologis pendidikan dan pembelajaran serta bagaimana mereka dapat digunakan untuk menciptakan pengalaman belajar yang berkesan dan bermakna. Esai ini ditulis dengan menggunakan metodologi studi tinjauan pustaka, dimulai dengan survei teori-teori yang relevan dengan dasar-dasar antropologis pendidikan. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa mempelajari dasar-dasar antropologis dalam pendidikan dan pembelajaran dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan memiliki pengaruh positif pada pemahaman pendidikan. Pembelajaran yang tidak hanya terintegrasi dalam domain kognitif tetapi juga harus menyebar ke domain emosional dan psikomotor menunjukkan pentingnya meneliti dasar antropologis ini. Domain pembelajaran ini akhirnya memengaruhi penanaman elemen-elemen kritis yang diperlukan oleh semua pihak yang terlibat dalam bidang pendidikan. Karena pembelajaran akan lebih berarti jika siswa mengalami secara langsung apa yang mereka pelajari dengan mengaktifkan banyak indra dalam lingkungan pluralistik, kesinambungan pendidikan dan pembelajaran yang berarti dipengaruhi secara positif oleh pemahaman sosial dan budaya dari dasar antropologis pendidikan. Sejalan dengan hal ini adalah pemahaman tentang pembelajaran sepanjang hayat, yang terjadi sepanjang kehidupan manusia sebagai suatu sistem gagasan yang menjelaskan semua aktivitas yang terkait dengan pengajaran dan pembelajaran.

Kata Kunci: Antropologis, Bermakna, Berkelanjutan

Published
2023-11-30
How to Cite
Rhendica, R., & Wahyudi, W. (2023). Kajian Landasan Antropologis dalam Pendidikan dan Pembelajaran: Membangun Pengalaman Belajar yang Bermakna dan Berkesinambungan. Borneo Journal of Islamic Education, 3(2), 161-173. https://doi.org/10.21093/bjie.v3i2.7837