Transformasi Manajemen Pendidika Transformasi Manajemen Pendidikan Islam di Era Digital: Peran dan Tantangan Kecerdasan Buatan (AI)
Abstract
Transformasi digital telah memberikan dampak signifikan pada berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam manajemen pendidikan Islam. Salah satu inovasi teknologi utama adalah kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI), yang berpotensi mendefinisikan ulang proses manajemen berbasis nilai-nilai Islam. Artikel ini mengeksplorasi bagaimana AI dapat digunakan untuk meningkatkan efisiensi operasional, personalisasi pembelajaran, dan pengambilan keputusan strategis dalam pendidikan Islam. Namun, penerapannya menghadapi tantangan seperti kesenjangan digital, kesiapan sumber daya manusia, dan integrasi nilai-nilai Islam. Dengan pendekatan kualitatif dan studi literatur, penelitian ini menganalisis peran, manfaat, serta hambatan implementasi AI. Artikel ini merekomendasikan kolaborasi antara pemangku kepentingan dan investasi dalam infrastruktur serta pelatihan untuk memastikan implementasi AI yang efektif, etis, dan sesuai dengan prinsip-prinsip Islam. Diharapkan, melalui pemanfaatan AI yang bijak, manajemen pendidikan Islam mampu bertransformasi guna menciptakan generasi Islam yang berkualitas tanpa meninggalkan nilai-nilai fundamental agama.
References
Arifin, Z., & Turmudi, M. (2020). Struktur Bangunan Ilmu Pengetahuan Manajemen Pendidikan Islam. Indonesian Journal of Humanities and Social Sciences, 1(2), 95–108.
Diah Anggraini Teknologi Informasi, A., Pontianak Jl Merdeka Barat No, S., & Barat, K. (2024). IGNITE: Journal Islamic Global Network for Information Penerapan Artifical intelligence dalam Administrasi Pendidikan untuk Meningkatkan Transparansi dan Akuntabilitas di Yayasan Pendidikan Garuda Khatulistiwa Kubu Raya. Technology and Entrepreneurship, 2(3), 34–40. https://doi.org/10.59841/ignite.v2i3.1565
Dinata, V. M., Wedi, A., & Fajarianto, O. (2024). Pengembangan Model Pembelajaran Adaptif dengan Implementasi Learning Analytics Berdasarkan Gaya Belajar VARK. Dalam Didaktika: Jurnal Kependidikan (Vol. 13, Nomor 4). https://jurnaldidaktika.org
Dissanayake, D. M. C. (2021). Artificial Intelligence A Brief Overview of the Discipline.
Hajri, M. F. (2023). Pendidikan Islam di Era Digital: Tantangan dan Peluang pada Abad 21. Al-Mikraj Jurnal Studi Islam dan Humaniora (E-ISSN 2745-4584), 4(1), 33–41.
Hidayah, N., Ridwan, A., & Azis, A. (2024). Tantangan dan Solusi dalam Implementasi Manajemen Pendidikan Islam di Era Modern. Jurnal Al-Fatih, 7(2), 209–228.
Huda, M., & Suwahyu, I. (2024). Peran Artificial Intelligence (Ai) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Referensi Islamika: Jurnal Studi Islam, 2(2), 53–61.
Jannah, M., Shafika, N., Parsetyo, E. B., & Habib, S. (2023). Transformasi Digital dalam Manajemen Pendidikan Islam: Peluang dan Tantangan. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Darussalam (JMPID), 5(1), 131–140.
Lutfiyatun, E., Kurniati, D., & Fajriah, N. (2023). Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) Dalam Meningkatkan Kompetensi Pembelajaran Gramatikal, Tarjamah dan Muhadatsah di Perguruan Tinggi. seulanga, 2(2), 93–105.
Maharani, M. (2022). Kesenjangan digital pendidikan agama Islam dalam keluarga dan masyarakat. Sabilarrasyad: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kependidikan, 7(1), 46–49.
Mulyanto, B. S., Sadono, T., & Koeswanti, H. D. (2020). Evaluation of Critical Thinking Ability with Discovery Lerning Using Blended Learning Approach in Primary School. Journal of Research and Educational Research Evaluation, 9(2), 78–84.
Najib, A. C. (2024). Tantangan Guru Pendidikan Agama Islam di Era Modern dalam Penggunaan Artificial Intelligence (AI): Challenges for Islamic Religious
Education Teachers in the Modern Era in the Use of Artificial Intelligence (AI). TA’LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam, 13(2), 146–151.
Nasrul Syarif. (2024, Desember). Artificial Intelligence (AI) dalam Perspektif Agama Islam dan Etika: Implikasi, Pluang, dan Tantangan. Pasca UIT Lirboyo.
Permana, D., Fahmi, A. Z., Ridlo, A., & Diana, R. (2024). Pendidikan Karakter pada Kisah Nabi Musa AS dalam Al-Qur’an. Chatra: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 2(1), 38–45.
Purwaningsih, E., & Islami, I. (2023). Analisis Artificial Intelligence (AI) sebagai Inventor Berdasarkan Hukum Paten dan Hukum Islam. Jurnal Ilmiah Galuh Justisi, 11(1), 1–15.
Rosidin, R., Novianti, R., Ningsih, K. P., Haryadi, D., Chrisnawati, G., & Anripa, N. (2024). Peran Kecerdasan Buatan dalam Pengembangan Sistem Otomatisasi Proses Bisnis. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 9320–9329.
Rusdiana, R., & AR, M. R. (2024). Pemanfaatan Model Pembelajaran E-Learning Berbasis Artificial Intelegent (AI) pada Pendidikan Islam. ADDABANA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(2), 69–84.
Safitri, R. A., Nasution, H. S., & Syahlan, A. (2024). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Nilai-Nilai Moral Keislaman di Era Digitalisasi pada Lingkungan SMP Swasta Plus An-Nur Mulia Kota Tebing Tinggi. At-Tarbiyah: Jurnal Penelitian dan Pendidikan Agama Islam, 2(1), 275–279.
Sappaile, B. I., Nuridayanti, N., Judijanto, L., & Rukimin, R. (2024). Analisis Pengaruh Pembelajaran Adaptif Berbasis Kecerdasan Buatan terhadap Pencapaian Akademik Siswa Sekolah Menengah Atas di Era Digital. Jurnal Pendidikan West Science, 2(01), 25–31.
Sodik, A. (2024). Peran Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) dalam Mendorong Inovasi Manajemen Pendidikan Islam di Era Revolusi Industri 4.0. An Naba, 7(1), 9–18.
Soegiarto, I., Hasnah, S., Annas, A. N., Sundari, S., & Dhaniswara, E. (2023). Inovasi Pembelajaran Berbasis Teknologi Artificial Intelligences (AI) Pada Sekolah Kedinasan di Era Revolusi Industri 4.0 Dan Society 5. O. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 10546–10555.
Straub, V. J., Hashem, Y., Bright, J., Bhagwanani, S., Morgan, D., Francis, J., Esnaashari, S., & Margetts, H. (2024). AI for bureaucratic productivity: Measuring the potential of AI to help automate 143 million UK government transactions. arXiv preprint arXiv:2403.14712.