Pelaksanaan Program Pendidikan Kecakapan Hidup di Pondok Pesantren An-Nuriyyah Bumiayu Brebes

  • Aam Amaliatus Sholihah UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda

Abstract

Abstract

     Beside from teaching religious knowledge, An-Nuriyyah Bumiayu Islamic Boarding School focuses on life skills. From initial research, several life skills programs can be seen in Islamic boarding school activities, starting from mandatory boarding school activities such as studying books and extra activities such as hadrah. The research used a descriptive, the research subjects are the teacher and the students. The data collection techniques used are observation and interview, and documentation, the data analysis is done by a qualitative descriptive methode. The research results can be that implementation of the life skill education at Boarding School An-Nuriyah Bumiayu actualized in the students’ activities even in the daily, weekly, monthly, or annual programs. The life skill is integratedly implemented in the learning activity at the Islamic Boarding School An-Nuriyah.The implementation of the life skill education at Islamic Boarding School An-Nuriyah is implemented to the fullest extent. It can be seen from every program that represents all of the life skill education elements even generally or specifically also by the integrated system between general knowledge or religion knowledge This is justified by the balanced integration of general knowledge and religious principles in the students' future lives.Second, the obstacles happened in the process of the life skill education implementation the lack of student discipline, limited resources and infrastructure so that the the process of the life skill education implementation does not run maximally.

 

Keyword: Program Implementation, life Skill Education, Islamic Boarding School

 

 

Abstrak

Selain mengajarkan ilmu agama, Pondok Pesantren An-Nuriyyah Bumiayu fokus pada kecakapan hidup. Dari penelitian awal beberapa program kecakapan hidup terlihat dalam kegiatan pondok pesantren mulai dari legiatan wajib pondok seperti mengkaji kitab dan kegiatan ekstra seperti hadrah. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, subyek penelitian adalah pengajar dan santri. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: Pertama,Pendidikan kecakapan hidup santri di pondok pesantren An-Nuriyyah teraktualisasi dalam kegiatan santri yang diimplementasikan secara integratif dalam kegiatan pembelajaran yang ada di

 

pondok pesantren An-Nuriyyah.Oleh karena itu, ada tiga tujuan dari pembelajaran yaitu menguasai konsep utama dari materi pelajaran, memperoleh kemampuan untuk belajar atau memproses keterampilan melalui metode penemuan yg biasa disebut discovery atau inquiry, dan memperoleh keterampilan hidup yang luas dan khusus. Pendidikan kecakapan hidup dipondok pesantren An-Nuriyyah dilaksanakan seoptimal mungkin. Hal ini terlihat dari setiap program yang mewakili semua unsur pendidikan kecakapan hidup baik yang bersifat umum maupun khusus dan sistem yang mengintegrasikan pengetahuan umum dan religius adalah yang tepat karena dapat menciptakan keseimbangan dalam kehidupan siswa di masa depan.  Kedua,Kendala yang terjadi pada proses pelaksanaan pendidikan kecakapan hidup adalah kurangnya kedisiplinan santri, terbatasnya sarana dan prasarana sehingga proses pelaksanaan pendidikan kecakapan hidup berjalan kurang maksimal.

Kata Kunci: Pelaksanaan Program, Pendidikan Kecakapan Hidup, Pondok Pesantren

References

Abdullah, I., J, H., & Zain, M. (2015). Agama Pendidikan Islam dan Tanggung Jawab Sosial Pesantren. Pustaka Pelajar.
Ahmadi, A., & Supriono, W. (2004). Psikologi Belajar. Rineka Cipta.
Assalawy, A. K. (2008). Biografi Seorang Mursyid yang Kharismatik dan Unik. Dewan Pimpinan Daerah JATMI.
Depdiknas, T. B. B. E. (2002). Kecakapan Hidup life Skill Melalui Pendekatan Pendidikan Berbasis Luas. SIC.
Ifnaldi. (2021). Pendidikan Kecakapan Hidup. Dar El Ilmi, 8(2).
Muhaimin. (2022). Paradigma Pendidikan Islam. PT Remaja Rosdakarya.
Nata, A. (2002). Pendidikan di Tengah Pusaran Arus.
Nur, A. H. (2015). Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill) di Pondok Pesantren dalam Meningkatkan Kemandirian Santri. Empowerment, 3(2252), 1–31.
RI, D. A. (2015). Al-Qur’an dan Terjemahnya. Surya Cipta Aksara.
Riyanto, J. (2023). Pengembangan Bantuan Bimbingan Karir Berbasis Pendidikan kecakapn Hidup (Life Skill) dengan Pendekatan teori karir super untuk Meningkatkan Karir Siswa di Sekolah Kejuruan. Universitas Pendidikan Ganesha.
Sa’diyah, H. (2018). Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Berbasis Kecakapan Hidup (Life Skill) dalam Pembelajaran PAI di SMP 4 Pamekasan. Islamuna, 5(2).
Sukmadinata, N. S. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.
Suwarno. (1998). Pengantar Umum Pendidikan. Aksara Baru.
Published
2023-11-30
How to Cite
Sholihah, A. (2023). Pelaksanaan Program Pendidikan Kecakapan Hidup di Pondok Pesantren An-Nuriyyah Bumiayu Brebes. Borneo Journal of Islamic Education, 3(2), 211-222. https://doi.org/10.21093/bjie.v3i2.7999