Strategi Guru PAI dalam Meningkatkan Kualitas Sholat Berjamaah Siswi di SMA Nabil Husein Samarinda

  • M Nafiul Walid UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Aam Amaliatus Sholihah UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Lismina Lismina UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: Strategy, PAI Teachers, Quality, Congregational Prayer, Strategi, Guru PAI , Kualitas, Sholat Berjamaah

Abstract

Abstract

This study discusses the strategies used by Islamic Religious Education teachers to improve the quality of congregational prayers of female students at SMA Nabil Husein Samarinda. Some of the problems faced by several female students at SMA Nabil Husein Samarinda are being undisciplined, not participating in wiridan, being unprepared, and being noisy during congregational prayers. All of these problems affect the quality of congregational prayers. This study aims to improve the quality of congregational prayers of female students at SMA Nabil Husein Samarinda. This study is descriptive qualitative, meaning it aims to provide a complete picture of the subject. The data sources in this study were the Principal, Islamic Religious Education Teacher, Deputy Curriculum, and six female students at SMA Nabil Husein Samarinda. The data analysis technique is qualitative data analysis which is carried out interactively and periodically until finished, when the data becomes saturated. The results of the study indicate that Islamic Religious Education teachers use four strategies to improve the quality of congregational prayers. These strategies include punishment, habituation, role models, and advice strategies. Five indicators are used as a reference in supporting this effort including solemnity in prayer, harmony of movements between congregations, accuracy of reading, physical and mental presence, and behavior and attitude after prayer. Based on the results of the study, this effort was able to improve the quality of congregational prayer of female students actively and consistently, discipline them to be present on time, and encourage positive changes in their attitudes and behavior.

Keywords: Strategy, Islamic Religious Education Teachers, Quality, Congregational Prayer.

 

Abstrak

Penelitian ini membahas strategi yang digunakan guru PAI untuk peningkatan kualitas sholat berjamaah siswi di SMA Nabil Husein Samarinda. Beberapa masalah yang dihadapi beberapa siswi SMA Nabil Husein Samarinda adalah tidak disiplin, tidak ikut wiridan, tidak siap, dan ribut saat sholat berjamaah. Semua masalah ini memengaruhi kualitas sholat berjamaah. Studi ini bermaksud guna menumbuhkan kualitas sholat berjamaah siswi di SMA Nabil Husein Samarinda. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, artinya bertujuan untuk memberikan gambaran lengkap tentang subjeknya. Sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru PAI, Waka Kurikulum, dan enam siswi SMA Nabil Husein Samarinda. Teknis analisis data yaitu analisis data kualitatif yang dilaksanakan secara interaktif serta secara berkala hingga selesai, sesampainya data menjadi jenuh. Perolehan studi menunjukkan bahwasanya guru PAI menggunakan empat strategi untuk meningkatkan kualitas sholat berjamaah. Strategi ini termasuk hukuman, pembiasaan, keteladanan, serta strategi nasihat. Lima indikator digunakan sebagai acuan dalam mendukung upaya ini meliputi kekhusyukan dalam salat, keselarasan gerakan antar jamaah, ketepatan bacaan, kehadiran fisik dan mental, serta perilaku dan sikap setelah salat. Berdasarkan hasil penelitian upaya ini mampu meningkatkan kualitas salat berjamaah siswi secara aktif dan konsisten, mendisiplinkan mereka untuk hadir tepat waktu, serta mendorong perubahan positif dalam sikap dan perilaku mereka.

Kata Kunci: Strategi, Guru PAI , Kualitas, Sholat Berjamaah.

References

Aditya, A. M., Setyadi, A. R., & Leonardho, R. (2020). Analisis Strategi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Manazhim, 2(1), 97–104.

Alim, A. S., Budi, S., & Irhamsyah, F. (2023). Komparasi Metode Hukuman, Keteladanan dan Kisah dalam Pendidikan Islam dan Barat perspektif Muhammad Qutb. Al-Qiyadi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 11–25.

Al-Qur’an Dan Terjemahannya Edisi Penyempurnaan. (2019) Lajnah Pentashihah Mushaf Al-Qur’an Badan Litbang Dan Diklat Agama Republik Indonesia.

Anastakim, S., Sitorus, G. G., & Irayani, S. P. (2022). Penyebab Rasa Malas Remaja di SMP Bani Abdillah Desa Cilebut, Kabupaten Bogor Tahun 2021: Causes of Laziness among Teenagers at Bani Abdillah Middle School, Cilebut Village, Bogor Regency in 2021. Journal of Public Health Education, 1(4), 197–201.

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).

Ardyan, E., Boari, Y., Akhmad, A., Yuliyani, L., Hildawati, H., Suarni, A., Anurogo, D., Ifadah, E., Judijanto, L., & Efitra, E. (2023). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif: Pendekatan Metode Kualitatif dan Kuantitatif di Berbagai Bidang. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Atmaja, S. T., & Zulyan, Z. (n.d.). Strategi Pembiasaan Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Untuk Membangun Karakter Siswa di MAN 2 Kepahiang Tahun 2022/2023. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan (JUPANK), 4(1), 485–492.

El-Sutha, S. H. (2016). Shalat Samudra Hikmah. WahyuQolbu.

Fatmawati, F. (2020). Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Shalat (Analisis Terhadap Ayat-Ayat Tentang Shalat di dalam Al-Qur’an). Al-Amin Journal: Educational and Social Studies, 5(1), 76–94.

Ghoniyati, S., Afandi, N. K., & Sudadi, S. (2023). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Penguatan Moderasi Beragama Siswa. Borneo Journal of Islamic Education, 3(2), 223–236.

Habsy, B. A., Shidqah, S. B., Amali, A. N., & Fadhilla, I. N. (2023). Lingkungan Positif dalam Mendukung Pembelajaran. Tsaqofah, 4(1), 211–216.

Hamid, A. (2020). Penerapan Metode Keteladanan sebagai Strategi Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Al-Fikrah: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan Dan Keislaman, 3(2), 154–169.

Hasibuan, S. M. (2022). Strategi Pemberian Reward dan Punishment pada Pembelajaran Tematik SDII Luqman Al Hakim 01 Lingga Kelas III. Ta'diban: Journal of Islamic Education, 3(1), 62–72.

Hs, A. H., Sahlan, F., & Rahman, A. (2022). Pengaruh Lingkungan Masyarakat dan Kepribadian Siswa Terhadap Perilaku Keagamaan Siswa SMP Assahaqiah Bekasi. Almarhalah: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 55–73.

Ilyas, M. (2021). Hadis tentang keutamaan shalat berjamaah. Jurnal Riset Agama, 1(2), 247–258.

Kosim, A. (2022). Bacaan-Bacaan dalam Shalat:(Kajian Bahasa dan Nilai-Nilai Pendidikan). Kalamuna: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 3(1), 33–62.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2008). Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.

M Khalilurrahman Al-Mahfani, M., & Hamdi, A. (2016). Kitab Lengkap Panduan Shalat. WahyuQolbu.

Mahmudi, W. L., Sulaiman, S., Yusetyowati, Y., & Wahyumi, P. (2022). Kajian Sholat Khusyuk Dalam Membentuk Kepribadian Mahasiswa Teknik Sipil Politeknik Negeri Semarang. Bangun Rekaprima, 8(2), 40–50.

Ma’muroh, M., & T, E. (2024). Nilai-Nilai Pendidikan Sosial dalam Ritual Shalat Berjamaah. Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(2), 146–151.

Nasution, W. N. (2017). Strategi pembelajaran.

Nurtakyidah, N. (2018). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kualitas Shalat Berjamaah di Sdn 106162 Medan State Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. ANSIRU PAI: Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 2(2), 28–36.

Pratiwi, R., Cakranegara, P. A., Kamal, I., & Surahman, S. (2022). The Strategic Role of Islamic Law in Strengthening Entrepreneurial Character Education in The Era of The Industrial Revolution 5.0. Jurnal Manajemen Bisnis, 9(2), 234–241.

Rismawati, M. (2022). Application of Advice Methods to Improving the Ability to Perform Prayer in Children Aged 5-6 Years Old in Tk Aisyiyah Bustanul Athfal Ii Perumnas. Al Asma: Journal of Islamic Education, 4(2), 108–115.

Saragih, G. A., & Manalu, A. D. P. (2024). Strategi Efektif Mengatasi Rasa Malas di Kalangan Mahasiswa untuk Meningkatkan Produktivitas. Jurnal Teologi Injili Dan Pendidikan Agama, 2(4), 157–171.

Siregar, H. D., & Hasibuan, Z. E. (2024). Pendidikan Agama Islam: Pengertian, Tujuan, Dasar, Dan Fungsi. Intellektika: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(5), 125–136.

Sumaji, M. A. (2008). 125 masalah thaharah. Tiga Serangkai.

Syekh, A. K. (2018). Tatacara Pelaksanaan Shalat Berjama’ah Berdasarkan Hadis Nabi. Jurnal Ilmiah Al-Mu’ashirah: Media Kajian Al-Qur’an dan Al-Hadits Multi Perspektif, 15(2), 177–190.

Utama, A. Y. P., Putra, I. B. U., & Amerta, I. M. S. (2021). Keterbukaan Sistem Informasi. Scopindo Media Pustaka.

Yulianti, M., Anggraini, D. L., Nurfaizah, S., & Pandiangan, A. P. B. (2022). Peran guru dalam mengembangan kurikulum merdeka. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 1(3), 290–298.

Published
2025-11-30
How to Cite
Walid, M., Sholihah, A., & Lismina, L. (2025). Strategi Guru PAI dalam Meningkatkan Kualitas Sholat Berjamaah Siswi di SMA Nabil Husein Samarinda. Borneo Journal of Islamic Education, 5(2), 147-156. https://doi.org/10.21093/bjie.v5i2.9330