Peran Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam

  • Hellena Nisfary Lukman UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Mukhamad Ilyasin UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Atika Muliyandari UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Muhammad Rezza Nur Rahman UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: Minat Belajar Siswa, Pendidikan Agama Islam, Peran Guru

Abstract

Rendahnya minat belajar siswa SDN 013 Palaran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam diindikasikan dengan sikap bermalas-malasan dalam mengerjakan tugas, serta pasifnya kegiatan tanya-jawab siswa dan guru membuat materi pembelajaran tidak dapat dipahami dengan baik, sehingga peran guru Pendidikan Agama Islam benar-benar penting untuk mengatasi hal tersebut. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 013 Palaran. Penelitian ini berupa deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. narasumber dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru Pendidikan Agama Islam, dan siswa SDN 013 Palaran. Analisis data menggunakan konsep Miles, Huberman, & Saldaña dengan tahapan data condensation, data display, dan drawing conclusion. Keabsahan data menggunakan diuji dengan triangulasi sumber dan teori. Hasil penelitian ini membahas upaya-upaya guru Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan minat belajar siswa melalui berbagai pembiasaan, yang mana upaya-upaya tersebut terbagi dalam lima peran guru, yaitu 1) Motivator; 2) Sumber belajar; 3) Pembimbing; 4) Fasilitator, dan; 5) Pengelola.

References

A.M., S. (2001). Interaksi dan Motivasi dalam belajar Mengajar. Raja Grafindo Persada.

Amelia, N. D., Hilyana, F. S., & Santoso. (2022). Peran Guru dalam Menumbuhkan Minat Belajar PPKn Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 8(3), 953–959. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2957

Aminingtyas, M., & Wardhani, J. D. (2023). Hubungan Minat dan Motivasi Belajar Berbasis Portal Rumah Belajar terhadap Hasil Belajar Kognitif Anak. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 590–601. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.268

Anggraini, I. M., Arrohmatan, & Aslamiyah, N. (2023). Peranan Guru PAI dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran PAI. Tarbiyah Jurnal: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 1(1). http://journal.an-nur.ac.id/index.php/demo3/article/download/1622/1132

Ariska, P. A. (2018). Peran Guru sebagai Pembimbing dalam Meningkatkan Nilai-nilai Pancasila pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pakel Tulungagung Tahun Ajaran 2016-2017. Jurnal Rontal Keilmuan Pancasila dan Kewarganegaraan, 4(1), Article 1.

Arlina, Siagian, N. A., Pasaribu, Z. K., Nabilah, S., & Siregar, F. H. (2023). Peran Guru dalam Meningkatkan Minat Baca Al-Qur’an Anak-anak di Taman Pendidikan Qur’an Aisyiyah. Journal on Education, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.989

Aziz, J. A. (2019). Komunikasi Interpersonal Guru dan Minat Belajar Siswa. IQ (Ilmu Al-qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), Article 02. https://doi.org/10.37542/iq.v2i02.30

Azizan, N., Lubis, M. A., & Muvid, M. B. (2020). Pemanfaatan Media Youtube untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak. Darul ’Ilmi: Jurnal Ilmu Kependidikan dan Keislaman, 8(2), Article 2.

Bintari, U. R. (2022). Peran Guru sebagai Fasilitator dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VIII di SMPN 1 Balaraja [Skripsi]. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Budianti, Y., Dahlan, Z., & Sipahutar, M. I. (2022). Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam. Jurnal Basicedu, 6(2), 2565–2571. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2460

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (Fifth Edition). Sage Publications.

Dalimunthe, H. A. (2021). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Matematika pada Anak Usia Dini (6-10 tahun) Komunitas Kampung Aur. Jurnal Social Library: Multidiciplinary Research of Social Science, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.51849/sl.v1i2.34

Dewi, R., & Saudah. (2021). Minat Belajar dan Kompetensi Mahasiswa dalam Penerapan Praktik Kebidanan. Penerbit NEM.

Djamarah, S. B. (2000). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Rineka cipta.

Fahri, L. M., & Qusyairi, L. A. H. (2019). Interaksi Sosial dalam Proses Pembelajaran. Palapa: Jurnal Studi keislaman dan Ilmu Pendidikan, 7(1), 149–166.

Febrianti, S., Nursafwa, H., Arifin, B., Hayati, I., & Zailani. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Mahasiswa di Masa Pandemi Pada Mata Kuliah Penulisan Karya Ilmiah di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Al-Ulum: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.56114/al-ulum.v2i1.115

Fiantika, F. R., Wasil, M., Jumiyati, S., Honesti, L., Wahyuni, S., Mouw, E., Jonata, Mashudi, I., Hasanah, N., Maharani, A., Ambarwati, K., Noflidaputri, R., Nuryami, & Waris, L. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. Global Eksekutif Teknologi.

Havik, T., & Westergård, E. (2020). Do Teachers Matter? Students’ Perceptions of Classroom Interactions and Student Engagement. Scandinavian Journal of Educational Research, 64(4), 488–507. https://doi.org/10.1080/00313831.2019.1577754

Hidayah, N., Hardika, Hotifah, Y., Susilawati, S. Y., & Gunawan, I. (2017). Psikologi Pendidikan (N. Hidayah, Hardika, & I. Gunawan, Ed.). UM Press.

Hidayat, M. I., & Susanto, B. H. (2022). Peran Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Anak Hiperaktif Kelas V SD Muhammadiyah Ambarketawang 2, Gamping, Sleman. Ẽl-Midad: Jurnal Jurusan PGMI, 14(1), Article 1.

Hulu, F. (2021). Peran Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal Education and Development, 9(2), 651–655.

Husamah, Pantiwati, Y., Restian, A., & Sumarsono, P. (2018). Belajar dan Pembelajaran. UMM Press.

Husamah, Restian, A., & Widodo, R. (2019). Pengantar Pendidikan (Cetakan ke-2). UMMPress.

Isjoni. (2006). Pendidikan sebagai Investasi Masa Depan (Zulkarnain, Ed.). Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Khusna, S., Mufridah, L., Sakinah, N., & Annur, A. F. (2022). Gerakan Literasi dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.35878/guru.v2i2.454

Korompot, S., Rahim, M., & Pakaya, R. (2020). Persepsi Siswa tentang Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar. Jambura: Guidance and Counseling Journal, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.37411/jgcj.v1i1.136

Lisnawati, L., Kuntari, S., & Hardiansyah, M. A. (2023). Peran Guru dalam Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Menumbuhkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sosiologi. As-Sabiqun: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(6), 1677–1693. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v5i6.4086

Maemunawati, S., & Alif, M. (2020). Peran Guru, Orang Tua, Metode dan Media Pembelajaran: Strategi KBM di Masa Pandemi Covid-19. 3M Media Karya.

Mesra, P., Kuntarto, E., & Chan, F. (2021). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa di Masa Pandemi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(3), Article 3. https://doi.org/10.5281/zenodo.5037881

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook (Second Edition). Sage Publications.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2013). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (Third Edition). Sage Publications.

Mu’alim, Nasor, M., & Uliyah, T. (2024). Peran Guru Mata Pelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Unisan Jurnal: Jurnal Manajemen dan Pendidikan, 3(7), Article 7.

Muamalah, I., Suhardi, Hamdan, Said, M., & Yusuf, M. Y. (2022). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik. Bacaka: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), Article 1.

Muktar, M. (2017). Peranan Guru Agama Islam dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Bidang Studi Aqidah Akhlak di MI Kelas V dan VI Al Muniroh II Ujungpangkah Gresik. Tasyri’: Jurnal Tarbiyah-Syari’ah Islamiyah, 24(2), Article 2.

Najoan, R. A. O., Lala, W. C. I., & Ratunguri, Y. (2023). Peran Guru sebagai Motivator dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Japendi: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(3), 215–227. https://doi.org/10.59141/japendi.v4i03.1632

Noor, Moh. (2019). Guru Profesional dan Berkualitas (Sulistiono, Ed.). Alprin.

Nugraha, D., Joko, & Syahlan, F. (2023). Pengaruh Keikutsertaan dalam Kegiatan Ekstrakurikuler/UKM dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. JIPMukjt: Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 4(1), 1–8.


Nurhasanah, Nasution, J. A., Nelissa, Z., & Fitriani. (2021). Peranan Guru Kelas sebagai Pembimbing pada siswa SD. Jurnal Suloh, 6(1), Article 1.

Nurziahman, M. (2021). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk Meningkatkan Partisipasi Siswa dalam Kegiatan Keagamaan dan Menumbuhkan Minat Belajar PAI di SMKN 1 Jenangan Ponorogo [Skripsi]. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

Panggabean, R. D., Lumbantobing, P. A., Farida, N., & Natalia, I. T. (2021). Peran Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Masa Pandemi COVID-19 di Kelas V SD Negeri 066043 Medan Helvetia T.A 2020/2021. Jurnal Mutiara Pendidikan Indonesia, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.51544/mutiarapendidik.v6i2.2294

Prastika, Y. D. (2021). Hubungan Minat Belajar dan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Matematika di SMK Yadika Bandar Lampung. JI-MR: Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(1), 26–32.

Presiden Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Rahman, M. R. N., Riyadi, A., Darwis, & Musfiroh, I. A. (2024). The Effect of Using Quizizz on Students’ Learning Motivation in MAN 2 Samarinda. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v5i3.7715

Safitri, A., & Nurmayanti, N. (2018). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Masyarakat Bajo. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 18(3), Article 3. https://doi.org/10.30651/didaktis.v18i3.1846

Sapbrina, C. B., Bektiarso, S., & Prastowo, S. H. B. (2021). Pengaruh Minat dan Motivasi terhadap Aktivitas dan Kesiapan Belajar Fisika Siswa SMAN 1 Sukomoro. Orbita: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika, 7(1), 136–146. https://doi.org/10.31764/orbita.v7i1.4405

Simbolon, N. (2013). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik. Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED, 1(2), Article 2. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/elementary/article/view/1323

Sudaningsih, I. V. (2020, Maret 7). Interaksi Edukatif antara Pendidik dan Peserta Didik untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Inggris. Prosiding Seminar Nasional. Implementasi Merdeka Belajar Berdasarkan Ajaran Tamansiswa, Yogyakarta.

Supit, D., Neman, M. I. E., Lumapow, H. R., Lengkong, J. S. J., & Ratunguri, Y. (2022). Peran Guru sebagai Motivator dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV SD GMIM Wailan. JPDK: Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(6), 3612–3619.

Sya’bani, M. A. Y. (2018). Profesi Keguruan: Menjadi Guru yang Religius dan Bermartabat. Caremedia Communication.

Syarifa, H. (2021). Peran Guru sebagai Motivator dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas III MIN 27 Aceh Besar [Skripsi]. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh.

Tafsir, A. (2011). Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam (Bandung). Remaja Rosdakarya.

Uno, W. A. (2021). Pengembangan Teknologi Pendidikan IPA Berbasis Multimedia dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa (N. L. H. Sholehah, Ed.). CV. Cahaya Arsh Publisher & Printing.

Witherington, H. C. (1983). Educational Psychology (M. Bukhori, Penerj.). Aksara Baru.

Yanti, S., Ayulanda, I., & Rahman, M. R. N. (2024). Efektivitas Penggunaan Media Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 36 Samarinda. Fenomena: Jurnal Penelitian, 16(1), 11–23.

Zaman, S. G., & Widiastuti, H. T. (2024). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial Siswa. Ghaidan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam dan Kemasyarakatan, 8(1), Article 1.
Published
2024-11-24
How to Cite
Lukman, H. N., Ilyasin, M., Muliyandari, A., & Rahman, M. R. N. (2024). Peran Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Borneo Journal of Islamic Education, 4(2), 119-131. https://doi.org/10.21093/bjie.v4i2.9159