STRATEGI KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH UNTUK MENDUKUNG KEBERHASILAN KURIKULUM MERDEKA

  • Eny Ratnawati Universitas Mulawarman
  • Warman Warman Universitas Mulawarman
  • Widyatmike Gede Mulawarman Universitas Mulawarman
  • Usfandy Haryaka Universitas Mulawarman
Keywords: Strategi, Kepemimpinan Transformasional, Kepala Sekolah, Kurikulum Merdeka

Abstract

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Penerapan strategi kepemimpinan transformasional untuk mendukung keberhasilan kurikulum merdeka di SMPN 1 Anggana. (2) Faktor yang mempengaruhi keberhasilan implementasi kurikulum merdeka di bawah kepemimpinan kepala sekolah. (3) Hambatan dan solusi yang dialami guru di SMPN 1 Anggana. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif.  Penelitian kualitatif juga dikenal sebagai penelitian interpretatif, penelitian naturalistik, atau penelitian fenomenologis. Ini adalah jenis penelitian yang bersifat deskriptif dan biasanya menggunakan pendekatan analisis induktif.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi kepemimpinan transformasional kepala sekolah mampu mendukung terlaksananya pembelajaran kurikulum merdeka.  Dengan strategi yang digunakan kepala sekolah implementasi kurikulum merdeka dapat berjalan dengan baik.  Hambatan yang terjadi dapat diatasi oleh kepala sekolah dengan mengadakan komunikasi dengan guru, orang tua dan steakholder yang ada di sekolah.

References

Anangsyaa, Lisa Angreani, and Arismunandar. 2024. “Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah Dalam Implementasi.” Jurnal Administrasi, Kebijakan, Dan Kepemimpinan Pendidikan [JAK2P] 5 (1): 97–108.
Devi, Sinthia, Masduki Asbari, and Carolina Anggel. 2024. “Kurikulum Merdeka Yang Memerdekakan Manusia: Perspektif Munif Chatib.” Journal of Information Systems and Management (JISMA) 3 (1): 48–52.
Hamdi, Muchlis dan Lina Miftahul Jannah. 2021. Metode Penelitian. Jaya Abadi Utama: Tanggerang.
Juita, Dince Putri, Hadhriyatul Amni Ali, Asmendri Asmendri, and Milya Sari. 2024. “Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mewujudkan Merdeka Belajar Di Sekolah Menengah Atas.” Indo-MathEdu Intellectuals Journal 5 (3): 2681–88. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i3.1107.
Kusumaningrum, Azizah Puji, Tri Murwaningsih, and Cicilia Dyah Sulistyaningrum Indrawati. 2024. “Implementasi Kurikulum Merdeka Di SMK Negeri 1 Karanganyar (Studi Kasus Pada Guru Produktif).” JIKAP (Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran) 8 (1): 89. https://doi.org/10.20961/jikap.v8i1.76264.
Martono, S, and T Prihatin. 2021. “The Effect of Academic Supervision and Principal Leadership Through Performance Motivation Toward The Teacher Performance.” Educational Management 10 (2): 210–20. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eduman/article/view/44731.
Nadrah, Nadrah. 2023. “The Effect of Academic Supervision to School Supervisors and Teacher Motivation on Teacher Performance.” International Journal of Multidisciplinary: Applied Business and Education Research 4 (7): 2601–12. https://doi.org/10.11594/ijmaber.04.07.36.
Pratiwi, Wiwik, Sholeh Hidayat, and Suherman Suherman. 2023. “Kurikulum Merdeka Sebagai Kurikulum Masa Kini.” JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal 10 (1): 80–90. https://doi.org/10.62870/jtppm.v10i1.21407.
Rukin. 2019. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia. Jakarta hal 6
Rohman, Hendri. 2020. “Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru.” Jurnal MADINASIKA Manajemen Dan Kelas 1 (2): 92–102. https://ejurnalunma.ac.id/index.php/madinasika.
Rosa, Elisa, Rangga Destian, Andy Agustian, and Wahyudin Wahyudin. 2024. “Inovasi Model Dan Strategi Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka.” Journal of Education Research 5 (3): 2608–17. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1153.
Rosmalah, Asriadi, Mujahidah. 2023. “Analisis Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka.” Seminar Nasional Hasil Penelitian 2023, 465–72. https://ojs.unm.ac.id/semnaslemlit/article/viewFile/54122/24030.
Sabariah, Sabariah, Abdul Khair, Muhammad Hizri, Rufi’i Rufi’i, Sulistiami Sulistiami, and Agustina Rahmi. 2024. “Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Komitmen Guru.” An-Nidzam : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Studi Islam 11 (1): 69–80. https://doi.org/10.33507/an-nidzam.v11i1.1972.
Setya Dwi Aryati, Mukromin Mukromin, and Faisal Kamal. 2024. “Implementasi Kurikulum Merdeka Dan Ketersediaan Sumber Belajar Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di MTs Negeri 2 Wonosobo.” Jurnal Kajian Dan Penelitian Umum 2 (3): 144–55. https://doi.org/10.47861/jkpu-nalanda.v2i3.1106.
Siswanto, Deny Hadi, Samsinar, Sri Rahayu Alam, and Andriyani. 2024. “Peran Kompetensi Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka.” Jurnal Pendidikan DIDAXEI 5 (1): 763–73. https://e-journal.iaknambon.ac.id/index.php/DX/article/view/1042.
Sriyanto, Kartono, and Maximus Gorky Sembiring. 2022. “Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dasar Menyongsong Merdeka Belajar Di Era Industri 4.0.” Jurnal Basicedu 6 (4): 5877–89. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1230.
Variani, Herlin, Hanif Al Qadri, and Nellitawati Nellitawati. 2024. “Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Terhadap Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Sebuah Satuan Pendidikan.” Academy of Education Journal 15 (1): 991–1000. https://doi.org/10.47200/aoej.v15i1.2356.
Wibawa, Bebet Adi, Titik Haryati, and Negeri Kalirejo. 2024. “Transformasi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar” 8:30123–31.
Windayanti, Windayanti, Mihrab Afnanda, Ria Agustina, Emanuel B S Kase, Muh Safar, and Sabil Mokodenseho. 2023. “Problematika Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka.” Journal on Education 6 (1): 2056–63. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3197.
Published
2024-12-25
How to Cite
Ratnawati, E., Warman, W., Mulawarman, W., & Haryaka, U. (2024). STRATEGI KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH UNTUK MENDUKUNG KEBERHASILAN KURIKULUM MERDEKA. Borneo Journal of Islamic Education, 4(2), 175-184. https://doi.org/10.21093/bjie.v4i2.9583