Pengaruh Metode Bermain Terhadap Penguasaan Mufrodat Siswa MTS Sabilarrasyad
Abstract
Pembelajaran bahasa Arab di MTS Sabilarrasyad Sangasanga masih kurang efektif, sehingga motivasi dan semangat belajar siswa menurun, karena penggunaan metode pembelajaran yang tidak beragam. Berangkat dari permasalahan tersebut, peneliti berinisiatif menggunakan metode yang belum pernah ada sebelumnya, yaitu metode game edukasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimental dengan menggunakan tipe desain unequal quasi eksperimen control group design dimana terdapat kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik saturasi yaitu seluruh anggota masyarakat dijadikan sampel penelitian yaitu 41 siswa kelas VII MTS Sabilarrasyad Sangasanga. Alat penelitian yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menggunakan uji hipotesis untuk sampel berpasangan dan N-Gain diperoleh nilai sig2 Tailed sebesar 0,000 < 0,05 dengan nilai mean pretest kelompok eksperimen sebesar 84,48 dan nilai mean posttest kelompok kontrol sebesar 75,30. Berdasarkan hasil uji N-Gain diketahui rerata kelompok eksperimen 62,23 dan rerata kelompok kontrol 48,85.
References
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Hadi,Sutrisno. Metodologi Research II. (Yogyakarta: Andi Offset, 2002.
Hasan, Psikolinguistik: Urgensi dan Manfaatnya pada Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Jurnal Al- Mi’yar: Jurnal ilmu Pembelajaran bahasa Arab dan Kebahasa Araban no. 2, Vol. 1, 2018.
Hidayat, Ahmad Fadhel Syakir. “‘Al-Arabiyyah Baina Yadaik’ Textbook (An Evaluative Descriptive Analysis Study).” Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 2019.
Ismail, Andang. Education Games, Panduan Praktis Permainan yang Menjadikan anak anda Cerdas, Kreatif, dan Saleh, (Yogyakarta: Pro-U Media, 2009).
Mujib, Fathul dan Rahmawati, Nailur.Metode Permainan-Permainan Edukatif dalam Belajar Bahasa Arab. Yogyakarta: Diva Pres,2016.
Neliwati. Metodologi Penelitian Kuantitatif (Kajian Teori dan Praktek). Medan: CV Widya Puspita,2018.
Rahmat, Abdul. Pengantar Pendidikan: Teori, Konsep, dan Aplikasi. Bandung: Manajemen Qolbun Salim, 2010.
Saepudin. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Arab: Teori dan Praktek, Yogyakarta- TrustMedia Publishing, 2012.
Sari, Devi Rafika, Ahmad Fadhel, and Syakir Hidayat. “The Effects of Using Animation Movies Toward Students Understanding on Sharaf Rules At Twelve Grade of Religious Class At MAN 2 Samarinda In Academic Year 2020/2021.” Borneo Journal of Language and Education 1, no. 1 (April 2, 2021): 81–95. https://journal.uinsi.ac.id/index.php/bjle/article/view/5271.
Siyoto, Sandu dan Sodik, M. Ali, Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta:Literasi Media Publishing, 2015.
Zuliyanti, Evi, Mustamin Fattah, and Ahmad Fadhel Syakir Hidayat. “Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Dalam Meningkatkan Keterampilan Tarjamah Siswa.” Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo 1, no. 3 (June 29, 2020): 283–95. https://doi.org/10.21093/JTIKBORNEO.V1I3.3802.