Pantomim : “Evalutainment Methods” dalam Peningkatan Efikasi Diri Maharah Al-Kalam Siswa Mts Terpadu Al-Kautsar

  • Chairani Astina Universitas Sains Al-Qur'an Jawa Tengah
  • Rifqi Aulia Rahman Universitas Sains Al-Qur'an Jawa Tengah
  • Nurul Azizah Universitas Sains Al-Qur'an Jawa Tengah
Keywords: Pantomim, Evalutainment, Efikasi Diri, Maharah Kalam

Abstract

Penelitian ini berawal dari kondisi efikasi diri siswa yang heterogen, hal ini disebabkan upaya guru dalam menentukan metode yang kurang inovatif dalam evaluasi pembelajaran Maharah Kalam. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efikasi diri siswa dan penerapan metode pantomim sebagai metode alternatif dan inovatif dalam evaluasi Maharah Kalam, serta menganalisis kelebihan dan kekurangan penerapan metode ini terhadap efikasi diri siswa pada MTs Terpadu al-Kausar. Jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif, dilaksanakan di MTs Terpadu Al-Kautsar, dengan jenis penelitian deskriptif analitis. Teknik pengumpulan data terdiri dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil pengumpulan data menunjukkan bahwa efikasi diri siswa MTs Terpadu Al-Kautsar dalam pembelajaran bahasa Arab bervariasi, sebagian besar siswa tidak memiliki keyakinan terhadap kemampuannya dalam mengamalkan Maharah Kalam; penerapan pantomim sebagai metode evaluasi dilakukan melalui prosedur sebagai berikut: perencanaan yang meliputi proses penyesuaian silabus, RPP dan bahan ajar, kemudian merancang rancangan instrumen evaluasi yang terdiri dari ranah kognitif, afektif dan psikomotorik, kemudian Penerapan metode evaluasi ini dengan prinsip kerja kelompok dan pemberian kesempatan remedial juga merupakan pengayaan bagi setiap siswa. Faktor pendukung penerapan metode evaluasi ini adalah meningkatnya kesiapan dan motivasi siswa, karena penerapan pantomim sebagai metode evaluasi membuat mereka tertantang sekaligus menyenangkan. Namun kendala penerapan metode ini adalah bekal kosa kata siswa yang terbatas, serta sesi evaluasi formatif yang memiliki alokasi waktu yang terbatas, padahal harus melalui prosedur dan tahapan yang cukup.

References

Adi, Habib Maulana Maslahul. “Teori Belajar Behaviorisme Albert Bandura Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” لسـانـنـا (LISANUNA): Jurnal Ilmu Bahasa Arab Dan Pembelajarannya 10, no. 1 (2020): 22–31.
Anwar, Astrid Indi Dwisty. “Hubungan Antara Self Efficacy Dengan Kecemasan Berbicara Di Depan Umum Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara.” Skripsi, 2009.
Anwar, Khoirul, and Sholihatul Atik Hikmawati. “SELF EFFICACY CALON GURU BAHASA ARAB.” Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 4, no. 1 (2022): 32–39.
Arnadi, Arnadi. “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013 Madrasah Ibtidaiyah Se-Kkm 2 Sambas.” Jurnal Inspiratif Pendidikan 10, no. 2 (2021): 247–56.
Azizah, Laelah, and Nurming Saleh. “Penerapan Metode Pembelajaran Reward And Punishment Dalam Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman.” Interference: Journal of Language, Literature, and Linguistics 2, no. 2 (2021): 98–104.
Bandura, Albert. “Self Efficacy.” In Human Behavior, 4:71–81. Academic Press, 1997.
Cahyadi, Silvia. “PERAN EFIKASI DIRI DALAM MOTIVASI BELAJAR BAHASA MANDARIN MAHASISWA PROGRAM STUDI BAHASA MANDARIN UNIVERSITAS KRISTEN PETRA.” Century: Journal of Chinese Language, Literature and Culture 10, no. 2 (2022): 38–51.
Dewi, Yolanda Puspita, and Heru Mugiarso. “Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Efikasi Diri Dalam Memecahkan Masalah Melalui Konseling Individu Di SMK Hidayah Semarang.” JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling 6, no. 1 (2020): 29–40.
dian Rahmawati, Rina, and Amrini Shofiyani. “Strategi Pembelajaran Menulis Bahasa Arab Untuk Mahasiswa Program Studi Bahasa Inggris.” Jurnal Education and Development 8, no. 3 (2020): 298.
Effendy, Ahmad Fuad. “Metodologi Pengajaran Bahasa Arab.” Malang: Misykat, 2005, 35.
Ekardo, Frisdo. “Pertunjukan Teaterikal Pantomime Berpola Randai.” Melayu Arts and Performance Journal 1, no. 1 (2019): 61–72.
Feist, Jess, and Gregory J. Feist. Theories of Personality. Seven. United States American: McGraw-Hill, 2008.
Ghozali, M Dzikrul Hakim Al, and Lailatul Mathoriyah. “Upaya Guru Mengatasi Kesulitan Belajar Bahasa Arab Siswa MAN 1 Jombang.” Jurnal Education and Development 8, no. 4 (2020): 88.
Hakim, Lukman. “Penguatan Efikasi Diri Pada Pribadi Introvert.” Jurnal Konseling Pendidikan Islam 2, no. 1 (2021): 203–16.
Hartanto, Eko Budi. “Efektifitas Media Pembelajaran Pantomim Untuk Meningkatkan Kemahiran Berbicara (Maharah Kalam).” Lahjah Arabiyah: Jurnal Bahasa Arab Dan Pendidikan Bahasa Arab 1, no. 2 (2020): 132–38.
Hasnia, Hasnia, Muhazzab Said, and Nursaeni Nursaeni. “Analisis Teknik Evaluasi Guru Pada Pembelajaran Agama Islam Di Madrasah Aliyah.” IQRO: Journal of Islamic Education 4, no. 1 (2021): 31–40.
Hendri, Muspika. “Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Melalui Pendekatan Komunkatif.” POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam 3, no. 2 (2017): 196–210.
Iswantara, Nur. “Iringan Musik Dalam Pantomim.” SELONDING 13, no. 13 (2018).
———. “Pantomim Di Indonesia: Sebuah Metode Pendidikan.” Dance and Theatre Review: Jurnal Tari, Teater, Dan Wayang 2, no. 1 (2019).
Jauhari, Muslehuddin, Moh Rofiki, and Yudik Al Farisi. “Authentic Assessment Dalam Sistem Evaluasi Pengembangan Kurikulum 2013.” Pedagogik: Jurnal Pendidikan 4, no. 1 (2017).
Mahdi, Rijal, Irsal Amin, Abdul Latif, Jamaluddin Shiddiq, and Ahmad Fadhel Syakir Hidayat. “Analisis Kesalahan Tata Bahasa Dan Diksi Para Debator Dalam Debat Ilmiah Bahasa Arab Muktamar ITHLA IX.” Al-Ma ‘Rifah 19, no. 1 (2022): 1–12.
Majid, Abdul. Penilaian Autentik Proses Dan Hasil Belajar. PT Remaja Rosdakarya, 2020.
Nalole, Darwati. “Meningkatkan Keterampilan Berbicara (Maharah Al-Kalam) Melalui Metode Muhadtsah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” Al-Minhaj: Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 1 (2018): 129–45.
Nurcahyono, Wahid. “Pementasan Teater Lingkungan ‘Sirna Ilang Kertaning Bumi’ Refleksi Konflik Horizontal Di Indonesia.” Resital: Jurnal Seni Pertunjukan (Journal of Performing Arts) 13, no. 1 (2012).
Omrod, Jeanne E. “Psikologi Pendidikan.” In 1, edited by Rikard Rahmat, 1st ed. Jakarta: Erlangga, 2008.
Prusdianto, Prusdianto, Andi Rahmaeni, Rahmatullah Mukminin, Muhammad Erwin Sain, and Besse Ayu Wulandari Kasin. “PEMBELAJARAN PANTOMIM KEPADA TUNARUNGU SEBAGAI SOLUSI KOMUNIKATIF TERHADAP ANAK DENGAR.” In Prosiding Seminar Nasional Dies Natalis UNM Ke 57, 287–95. Badan Penerbit UNM, 2018.
Rahman, Rifqi Aulia. “Introversi Dan Penguasaan Berbahasa Arab Aktif.” Lisanan Arabiya: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 3, no. 1 (2019): 33–44.
Rois, Ahmad, and Chairani Astina. “Implementasi Metode Maternal Reflektif Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Bagi Anak Tuna Rungu Di SLB Purwosari Kudus.” Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ 5, no. 3 (2018): 372–87.
Sadiyah, Halimatus. “Bermain Peran (Role Playing) Dalam Pembelajaran Maharah Al-Kalam Di PKPBA UIN Maliki Malang.” Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah 3, no. 2 (2018): 1–29.
Sari, Putri Maurina, Cut Zuriana, and Tengku Hartati. “PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DI SMP NEGERI 2 DARUL IMARAH.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Seni, Drama, Tari & Musik 4, no. 4 (2019).
Seftiani, Enok Elin. “PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE KARYA WISATA PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR.” Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian 6, no. 2 (2020): 115–24.
Sugiyono, Prof. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta, Cv. Bandung, 2016.
Sulistya, Rohmat, and PPPPTK Seni. “Heutagogi Sebagai Pendekatan Pelatihan Bagi Guru Di Era Revolusi Industri 4. 0 Heutagogy As a Training Approach for Teachers in the Era of Industrial Revolution 4. 0.” Pendidikan Dan Kebudayaan 4, no. 2 (2019): 127–38.
Syah, Imas Jihan. “Pembelajaran Bahasa Arab Sebagai Bahasa Asing Terhadap Anak Usia Dini.” JCE (Journal of Childhood Education) 2, no. 1 (2019).
Tamimi, Moh, Ach Khoironi, and Abd Syakur. “Optimalisasi Pembelajaran Bahasa Arab (Analisis Kendala-Kendala Dan Solusi Kreatif Pembelajaran Maharotul Istima’dan Maharotul Kalam Terhadap Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab Institut Ilmu Keislaman Annuqayah, Sumenep),” 2018.
Tanjung, Rahman, Opan Arifudin, Yayan Sofyan, and Hendar Hendar. “Pengaruh Penilaian Diri Dan Efikasi Diri Terhadap Kepuasan Kerja Serta Implikasinya Terhadap Kinerja Guru.” Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi) 4, no. 1 (2020): 380–91.
Widyaswarani, Elyvia. “PERAN ORANG DEWASA TERHADAP PROSES PERKEMBANGAN BAHASA ANAK.” Jurnal Iswara: Jurnal Kajian Bahasa, Budaya, Dan Sastra Indonesia 1, no. 2 (2022): 22–30.
Published
2023-03-01
How to Cite
Astina, C., Rahman, R., & Azizah, N. (2023). Pantomim : “Evalutainment Methods” dalam Peningkatan Efikasi Diri Maharah Al-Kalam Siswa Mts Terpadu Al-Kautsar. Borneo Journal of Language and Education, 3(1), 15-32. https://doi.org/10.21093/benjole.v3i1.6009