Analisis Makna Kalimat Imperatif Lafaz Hadis dalam Buku Ayyuhal Walad; Panduan Kepada Guru

  • Yunaldi Yunaldi Universitas Islam Negeri Syahada Padangsidimpuan
  • Irsal Amin Siregar Universitas Islam Negeri Syahada Padangsidimpuan
Keywords: Analisis Makna, Kalimat Imperatif, Ayyuhal Walad

Abstract

Pendidikan seumur hidup artinya selama manusia masih ada maka kebutuhan akan pendidikan tetap akan ada, buku merupakan salah satu harta yang sangat berharga dan banyak menyimpan nilai-nilai pengetahuan dan pendidikan. Masalah utama penelitian ini adalah bagaimana makna kalaimat imperatif dalam hadits-hadits pendidikan yang terdapat dalam buku imam al-Gazali. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuai bagamana makna kalaimat imperatif dalam hadits-hadits pendidikan yang terdapat dalam buku Ayyuhal Walad karangan imam al-Gazali. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian keputakaan menggunakan analisis konten. Hasil dari penelitian ini terdapat tiga jenis kalimat perintah dalam buku Ayyuhal Walad, pertama bermakna perintah seperti aslinya, kedua kalimat perintah bermakna larangan, ketiga kalimat perintah bermakna doa dan  perintah yang bermakna doa dalam buku ini paling banyak. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hadist  tentang cara-cara penggunaan kata perintah dalam buku Ayyuhal Walad.

References

Al-Ghalayain, Musthafa. Jami’ Durus Al-Arabiyah. Vol. 323. Kairo: Dar Al-Salam, 2014.
Amri, Saiful, Tri Ismawati, and Armila Armila. “Studi Analisis Nilai Nilai Pendidikan Karakter Perspektif Syech Muhammad Khudhari Bek dalam Kitab Khulashah Nurul Yakin.” Attractive : Innovative Education Journal 2, no. 2 (July 22, 2020): 77. https://doi.org/10.51278/aj.v2i2.52.
As-Suyuthi, Jalaluddin Abdurrahman bin Abi Bakr. Al-Itqan fi ‘Ulum Al-Quran. 1st ed. Mesir: Makatabah Shafa, 2006.
Aziz, Asep Abdul, Rida Nurfarida, Nurti Budiyanti, and Qiqi Yuliati Zakiah. “Model Analisis Kebijakan Pendidikan.” Tapis : Jurnal Penelitian Ilmiah 4, no. 2 (December 6, 2020): 192. https://doi.org/10.32332/tapis.v4i2.2575.
Chaer, Abdul. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta, 2011.
Darmawanti, Anak Agung Sri, Made Sri Indriani, and Made Astika. “Analisis Kalimat Imperatif Dalam Video Tutorial Skincare Clarin Hayes Di Youtube Dan Relevansinya Pada Pembelajaran Teks Prosedur Di Sma.” Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha 9, no. 2 (September 5, 2019). https://doi.org/10.23887/jjpbs.v9i2.20488.
Dirwan, Dirwan, Bunyamin Bunyamin, and St Umrah. “Perintah Membaca dalam Al-Qur’an Perspektif Pendidikan (Surah Al-Alaq).” AL-FIKR: Jurnal Pendidikan Islam 4, no. 2 (July 1, 2028): 34–47. https://doi.org/10.32489/alfikr.v4i2.32.
Husaimin, Ibn. دروس البلاغة. Vol. 1. Kuait: مكتبة اهل الأثر, 2004.
Jubaedah, Siti, Hendra Setiawan, and Ferina Meliasanti. “Analisis Kalimat Imperatif pada Pidato Nadiem Makarim Rekomendasi sebagai Bahan Ajar Teks Pidato Persuasif.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 3, no. 6 (August 30, 2021): 3808–15. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1246.
Jung, Cintiawinata, Julina Julina, and Rudiansyah Rudiansyah. “Analisis Sintaksis Fungsi Kalimat Imperatif Bahasa Mandarin Dalam Film ‘The Captain.’” Metahumaniora 11, no. 1 (April 29, 2021): 14. https://doi.org/10.24198/metahumaniora.v11i1.29854.
Keraf. Tata Bahasa Indonesia. Jakarta: Nusa Indah, 1984.
Nuryani, Nuryani. “Kalimat Imperatif Dalam Bahasa Jawa.” Jurnal Dialektika 1, no. 2 (2014): 181–92.
Putrayasa, and Ida Bagus. Sintaksi Memahami Kalimat Tunggal. Bandung: PT Refika Aditama, 2017.
Ramaniyar, Eti. “Analisis Tuturan Imperatif Dalam Bahasa Melayu Dialek Sintang Kecamatan Serawai Kajian Pragmatik” 6, no. 2 (2017).
Rusd. Pemikiran Al- Ghazali Tentang Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset, 1998.
Tohir Ritonga, Muhammad. “Makna Amar Dan Nahy Dalam Alquran.” Al-I’jaz: Jurnal Kewahyuan Islam VI, no. 1 (2020).
Wahyudin, Yuyun. Menguasai Balaghah. Yogyakarta: Nurma Media Idea, 2007.
Wulandari, Sri. “Kalimat Imperatif Dalam Novel Selena Karya Tere Liye (Kajian Sintaksis).” Jurnal PENEROKA 1, no. 01 (January 4, 2021): 134. https://doi.org/10.30739/peneroka.v1i01.748.
Yunaldi, Yunaldi. “اشتسهاد طريقة تعليم العربية في أفلام أحمد ابن حنبل بحسب يوتوب.” Thariqah Ilmiah: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan Dan Bahasa Arab 9, no. 1 (June 8, 2021): 116–31. https://doi.org/10.24952/thariqahilmiah.v9i1.3696.
الغازالى, إمام. أيها الولد. Vol. 2. Libanon: Dar al-Manhaj, 2014.
الهاشمي, أحمد. جواهر البلاغة. 1st ed. لبنان: المعارف, 1999.
Published
2023-05-12
How to Cite
Yunaldi, Y., & Siregar, I. (2023). Analisis Makna Kalimat Imperatif Lafaz Hadis dalam Buku Ayyuhal Walad; Panduan Kepada Guru. Borneo Journal of Language and Education, 3(1), 87-98. https://doi.org/10.21093/benjole.v3i1.6431