Perkembangan Pesantren di Indonesia (Era Orde Lama, Orde Baru, Reformasi)

  • Syeh Hawib Hamzah IAIN Samarinda
Keywords: Perkembangan Pesantren, Orde Lama, Orde Baru, Reformasi

Abstract

Boarding school as the oldest educational institutions in Indonesia have a significant contribution to the Muslims in Indonesia , even up to the nation . Since the beginning of the coming of Islam to the era reform schools still exist and can keep abreast advances in science and technology , so that the boarding school be a great hope for this nation to relaese candidat the best to participate in the development and progress of the nation in various eras

References

Al-Attas, Sayyid Muhammad Naqib. (1969), Preliminary Statemen on a General Theory of The Islamization of The Malay-Indonesian Archipelago. Kuala Lumpur: Dewan Bakhasa dan Pustaka.
Ali, Mukti. (1993), Memahami Beberapa Aspek Ajaran Islam. Bandung: Mizan.
Aly, Machrs. (t.t), “Hakekat Cita Pondok Pesantren,” dalam Soeparlan Soeryopratondo dan M. Syarif, Kapita Selekta Pondok Pesantren. Jakarta: PT. Paryu Barkah.
Bawani, Imam. (1993),Tradisionalisme dalam Pendidikan Islam. Surabaya: Al-ikhlas.
Daulay, Haidar Putra. (2007), Sejarah Pertumbuhan dan Pembaruan Pendidikan Islam di Indonesia Jakarta: Kencana.
Fuad, A. Zakki. (2011), Sejarah Pendidikan Islam. Surabaya: IAIN Sunan Ampel.
Himpunan Peraturan Perundang-Undangan dalam “Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 55 tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan (Bandung: Fokusmedia, 2010).
Nasir, Muhammad Ridlwan. (2005), Mencari Tipologi Format Pendidikan Ideal: Pondok Pesantren di Tengah Arus Perubahan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nizar, Samsul. (2009), Sejarah Pendidikan Islam; Menelusuri Jejak Sejarah Pendidikan era Rasulullah sampai Indonesia. Jakarta: Kencana.
Qamar, Mujammil. (2005), Pondok Pesantren dari Transformasi Metodologi Menuju Demokratisasi Institusi. Jakarta: Erlangga.
Raharjo, Dawam. (1983), Dunia Pondok Pesantren dalam Peta Pembaharuan. Jakarta: LP3ES.
Republik Indonesia, Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Bandung: Fokusmedia, 2010.
Said, Muhammad dan Junimar Affan. (1987), Mendidik dari Zaman ke Zaman. Bandung: Jemmars.
Shaleh, Abdurrahman. (1984), Penyelenggaraan Madrasah, Peraturan Perundangan. Jakarta: Dharma Bakti.
Saksono, Wiji. (1995), MengIslamkan Tanah Jawa; Telaah Atas Metode Dakwah Wali Songo. Bandung: Mizan.
Sarijo, Marwan. (1980), Sejarah Pondok Pesantren di Indonesia. Jakarta: Dharma Bhakti.
Sumardi, Mulyanto. (1997), Sejarah Singkat Pendidikan Islam di Indonesia 1945-1975. Jakarta: Dharma Bhakti.
Teba, Sudirman. (1985), Dilema Pesantren: Belenggu Politik dan Pembaharuan Sosial. Jakarta: P3M.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Cet. I; Jakarta: Sinar Grafika, 2003.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah R.I. Nomor 47 Tahun 2008 Cet. II; Bandung: Citra Umbara, 2009.
Prasodjo, Sudjoko et al. (2001), “Profil Pondok Pesantren,” dalam Abuddin Nata (ed), Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Lembaga-Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Grasindo.
Yunus, Mahmud. (1985), Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Hidakarya Agung
Published
2014-06-01
How to Cite
Hamzah, Syeh. 2014. “Perkembangan Pesantren Di Indonesia (Era Orde Lama, Orde Baru, Reformasi)”. SYAMIL: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education) 2 (1), 14. https://doi.org/10.21093/sy.v2i1.490.