Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Prestasi Non-Akademik di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Nahdlatul Ulama 003 Samarinda

  • Ahmad Hikami IAIN Samarinda
  • Etty Nurbayani IAIN Samarinda
  • Gianto Gianto IAIN Samarinda
Keywords: Peran Kepala Sekolah, Prestasi Non Akademik

Abstract

Kepala sekolah sebagai orang yang paling bertanggung jawab atas kelancaran dan keberhasilan di sekolah yang mempunyai kewenangan untuk mengelola dan mengembangkan berbagai bidang di sekolah salah satunya peningkatan prestasi non akademik. Peran kepala sekolah sangat dibutuhkan dalam rangka membantu siswa dalam meraih prestasi di bidang non akademik. Peran kepala sekolah bertujuan meningkatkan kualitas para pembina kegiatan non akademik sehingga dalam pelaksanaan kegiatan non akademik bisa lebih terarah dan lebih mudah dalam merealisasikan tugas-tugasnya agar pelaksanaan tersebut bisa menjadi lebih efektif dan efesien. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Field Research. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah berperan sebagai educator, manajer, dan motivator. Sebagai manajer, kepala sekolah membantu membiayai keperluan dari kegiatan ekstrakurikuler termasuk saat mengikuti lomba. Sebagai edukator, kepala sekolah meningkatkan kualitas guru melalui pembinaan Kursus Mahir Dasar (KMD). Sebagai motivator, kepala sekolah mengapresiasi guru atau Pembina dengan memberikan honor tambahan dan reward bagi siswa.

References

Asmani, Jamal Ma’mur, Tips Menjadi Kepala Sekolah Profesional, Cet. 1, Yogyakarta: Diva Press, 2012.
Badrudin, Manajemen Peserta Didik, Jakarta: Indeks, 2014.
Damanik, Saipul Ambri, ”Pramuka Ektrakurikuler Wajib di Sekolah “, dalam Jurnal Ilmu Keolahragaan edisi no. 2, Vol. XIII, 2014.
Daryanto. Administrasi dan Manajemen Sekolah: untuk Mahasiswa, Guru, Peserta Kuliah Administrasi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2013.
Fatma, D. Aldes, “Presepsi Siswa terhadap Pembinaan Kesiswaan di SMA Kecamatan Gunung Talang” dalam Jurnal Administrasi Pendidikan edisi No. 2, Vol III, Oktober 2015.
Hendarman, Revolusi Kinerja Kepala Sekolah, Jakarta: Indeks, 2015.
Ikbal, Barlian, Manajemen Berbasis Sekolah Menuju Sekolah Berprestasi. Palembang: Erlangga, 2013.
Mulyasa, E., Menjadi Kepala Sekolah Profesional, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013.
Mulyono, Manajemen Administrasi & Organisasi,Yogyakarta: Ar Ruzz Media, 2008.
Nurkolis, Manajemen Berbasis Sekolah, Jakarta: PT Grasindo, 2003.
Rivai, V. & Murni, S., Education Management: Analisis Teori dan Praktik, Jakarta: Rajawali Pers, 2010.
Stronge, James H et.al. Qualities of effective principals. Alexandria: The Association for supervision and curriculum development., 2013.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2015.
Suryosubroto, B., Proses Belajar Mengajar Di Sekolah: Wawasan Baru, Beberapa Metode Pendukung dan Beberapa Komponen Layanan Khusus, Jakarta: Rineka Cipta, 2009.
Umaiarso & Imam Gojali, Manajemen Mutu Sekolah di Era Otonomi Pendidikan, Yogyakarta: IRCiSoD, 2010.
Published
2020-08-01
How to Cite
Hikami, A., Nurbayani, E., & Gianto, G. (2020). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Prestasi Non-Akademik di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Nahdlatul Ulama 003 Samarinda. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 2(1), 35-44. https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v2i1.3205

Most read articles by the same author(s)