Potret Mahasiswa PAUD dengan Manajemen Pembelajaran Berbasis Gaya Belajar

  • Etty Nurbayani IAIN Samarinda
Keywords: Mahasiswa PAUD, Manajemen Pembelajaran, Gaya Belajar

Abstract

Gaya belajar merupakan suatu kombinasi dari bagaimana ia menyerap, kemudian mengatur serta mengolah informasi. gaya belajar bukan hanya berupa aspek ketika menghadapi informasi, melihat, mendengar, menulis dan berkata tetapi juga aspek pemrosesan informasi sekunsial, analitik. Aspek lain adalah ketika merespon sesuatu atas lingkungan belajar (diserap secara abstrak dan konkret). Secara umum gaya belajar mahasiswa pascasarjana PAUDI IAIN Samarinda diurutkan dari persentase (%) yang terbesar yaitu, gaya belajar mandiri sebesar 31.88%, gaya belajar bersaing 20.93%, gaya belajar partisipan 18.53 %, gaya belajar berkelompok 16.13 %, gaya belajar ketergantungan sebesar 11.20 % dan gaya belajar menyendiri 1.33 %.Secara khusus berdasarkan indikator yang telah dikemukakan  (lihat tabel  ) persentase (%) yang besar hingga melebihi 50% yaitu gaya belajar “berkelompok”, sebesar 64%” pada saat mahasiswa belajar di kelas secara umum. Lalu gaya belajar “bersaing” digunakan sebesar 58 % pada saat menghadapi ujian mahasiswa dan 56 % pada saat mengolah informasi.  Selanjutnya sebesar 54 % menggunakan gaya belajar “mandiri” dalam menerima informasi. Sedangkan di bawah 50 % mahasiswa menggunakan gaya belajar lainnya seperti 44 % gaya belajar partisipan.

References

A. Tabrani Rusyan dkk, Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remadja Karya, 1989
Abdul Gofur, Desain Instruksional (Suatu Langkah Sistematis. Penyusunan Pola Kegiatan Belajar dan Mengajar). Solo: Tiga. Serangkai, 2001
Angell dalam Ross dalam http.://id.wikipedia.org.wiki/partisipasi
Benny Prakasa Putra. “Kemandirian Belajaran dalam Era Teknologi” www.academia.edu.
Desmita, PsikologiPerkembangan Peserta Didik, Bandung: Rosdakarya, 2011
Diah Rahayu, 2) Muhammad Ali Adriansyah, “Hubungan Antara Kemandirian Dan Gaya Belajar Dengan Strategi Menyelesaikan Masalah Pada Mahasiswa Ditinjau Dari Jenis Kelamin” Jurnal Psikostudia Universitas Mulawarman, Vol. 3, No. 1/Juni 2014
E. Nuraini. Artikel, 2011 Studi mengenal ‘self regulator’ pada mahasiswa underachiever prosiding.lppm.unisba.ac.id/index.php/sosial/article/download/15/44. ISSN 2089-3590
Feni Olivia, Membantu Anak punya Ingatan Super Jakarta : PT Elex Media Komputindi, 2009
Gunawan, Adi W. “Genius Learning Strategi”. Jakarta: Pustaka Utama,, 2006
H. Douglas Brown, Principles of Language Learning and Teaching . Printice-Hlml, Inc. 2000.
Haris Mudjiman, Belajar Mandiri, Surakarta : UNS Press, 2008
Hisyam Zaini, dkk.Desain Pembelajaran di Perguruan Tinggi, (Yogyakarta: Center for Teaching Staff Development (CTSD), 2002
http.// indicator keberhasilan gaya belajar kolaborative.com//
http// indikator siswa yang memiliki gaya belajar partisipan.com.
http//` pengertian partisipasi belajar siswa.co.id
Lihat dalam http://edukasi .kompasiana.com dijelaskan yang masuk dalam dewasa dalam KUHPerdata/BW dimulai dari usia 21 tahun. Usia 40-60 tahun sebagai masa dewasa madya merupakan usia transisi ke masa tua
Ngadiyo Ay dkk, Teori Relasi,Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1979
Nini Subini, Rahasia Gaya Belajar Orang Besar, .Jogjakarta: Javalitera, 2001.
R.S Rachmahana “Psikologi Humanistik dan Aplikasinya dalam Pendidikan” El-Tarbawi Jurnal Pendidikan Islam no 1 vol 1 2008
RiehmanN daN grasha dalam Hisyam Zaini. Strategi Pembelajaran Aktif di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: CTSD,2002) hlm 127
Rita Dunn & Kenneth Dunn, Teaching Student Through Their Individual Learning Style , A Practical Approach.USA: Allyn & Bacon. 2005.
Salavin dalam Wina Sanjaya Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana, 2011
Suadirman, Bimbingan Orang Tua dan Anak,.Yogyakarta: Stunding Press, 1984
Sugema B dan Setyabudi.Psikologi Belajar Orang Dewasa Jakarta: Lembaga Administrasi Negara, 2002) dalam artikel Tutik Purwaningsih “Orang Dewasa Belajar“ www.bandiklatjatim.go.id.
Winkel, Psikologi Pengajaran, Edisi Revisi, Jakarta: Raja Grasindo Persada, 2005.
Witkin dalam Nasution, Berbagai Pendekatan dalam Proses belajar dan mengajar. Jakarta: Bina Aksara. 1982
Published
2020-10-03
How to Cite
Nurbayani, E. (2020). Potret Mahasiswa PAUD dengan Manajemen Pembelajaran Berbasis Gaya Belajar. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 1(3), 297-309. https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v1i3.6264

Most read articles by the same author(s)