Problematika Pelayanan Akademik Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda

  • Rabi’atul Adawiyah IAIN Samarinda
  • Etty Nurbayani IAIN Samarinda
  • Sunanik Sunanik IAIN Samarinda
Keywords: Problematika Pelayanan Akademik, FTIK

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pelayanan akademik yang ada di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (FTIK IAIN) Samarinda. Sedangkan, tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui problema, faktor dan solusi atau upaya yang telah dilakukan dalam menghadapi problema dalam pelayanan akademik fakultas, serta menawarkan solusi atau upaya lain bagi problema pelayanan akademik FTIK IAIN Samarinda yang masih membutuhkan solusi atau upaya penanganan. Penelitian ini termasuk deskriptif kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil yang didapat dalam penelitian ini yaitu dalam pelayanan akademik FTIK IAIN Samarinda terdapat beberapa problema. Solusi atau upaya penanganan telah dilakukan untuk menangani problema yang ada. Namun, masih terdapat beberapa problema yang belum mendapatkan solusi atau upaya penanganan dikarenakan belum ditemukannya solusi atau upaya untuk menangani sebagian problema yang dimakasud. Sehingga masih dibutuhkannya ide solusi atau upaya yang membantu untuk menangani sebagian problema tersebut.

References

Achmad Taqim, Staff Sub Bagian Akademik Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguran IAIN Samarinda, Samarinda, Wawancara, 14 Mei 2019.
Asriansyah, Staff Loket Layanan Akademik Program Studi PGMI Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Samarinda, Wawancara, Samarinda, 16 Mei 2019.
Miftah Lidya Afiandani, Staff Loket Layanan Akademik Program Studi PIAUD Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Samarinda, 16 Mei 2019.
Nita Yura Roslina, “Analisis Komparatif Pelayanan Akademik Pada Fakultas Ekonomi dan Fakultas ISIP Universitas Jenderal Ahmad Yani”, dalam Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Entrepreneurship, No. 2, Vol. 09, 2015, hlm 23.
Sri Safari, Kepala Sub Bagian Akademik Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Samarinda, Wawancara, Samarinda, 07 Mei 2019.
Sukimin. 2018. Standar Opersional Prosedur Kepala Bagian Tata Usaha Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK).
Zahir, Abdul dan Saputra, Saddang. 2015. “Analisis Kualitas Layanan Akademik Universitas Cokroaminoto Palopo”. Dalam Jurnal Universitas Cokroaminoto Palopo. No 1. Vol. 02. ISSN 2443-1109.
Published
2019-09-29
How to Cite
Adawiyah, R., Nurbayani, E., & Sunanik, S. (2019). Problematika Pelayanan Akademik Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 1(1), 93-105. https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v1i1.3212

Most read articles by the same author(s)