Implementasi Edraw Mind Map Berbasis Discovery Learning Dalam Meningkatan Hasil Belajar PAI

  • Noor Hikmah SMA Negeri 10 Samarinda
  • Nanang Faisol Hadi UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: edraw mind map, discovery learning, hasil belajar

Abstract

Pembelajaran online merupakan sistem pembelajaran dilakukan dengan memanfaatkan internet. Pembelajaran ini merupakan tantangan bagi guru, karena guru dituntut mampu mengelola, menyusun bahan ajar, model pembelajaran maupun media pembelajaran seunik mungkin agar mencapai tujuan pembelajaran dan meminimalisir kebosanan siswa dalam pembelajaran online tersebut. Tujuan penelitian ini untuk peningkatan hasil belajar peserta didik melalui aplikasi edraw mind map berbasis discovery learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi penyelenggaraan jenazah di kelas XI MIPA 1 SMAN 10 Samarinda semester ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian berbentuk penelitian tindakan kelas dengan materi penyelenggaraan jenazah. Hasil penelitian menunjukkan nilai yang diperoleh pada penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan aplikasi edraw mind map berbasis discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam materi penyelenggaraan jenazah dengan pengayaan penyelenggaraan jenazah terpapar Covid-19 di kelas XI MIPA 1 SMAN 10 Samarinda Tahun Pelajaran 2021/2022

References

Balım, Ali Günay. “The Effects of Discovery Learning on Students’ Success and Inquiry Learning Skills.” Eurasian Journal of Educational Research (EJER), no. 35 (2009).

Burhanuddin, Hamam. “Rekonstruksi Sistem Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah.” Muaddib: Studi Kependidikan Dan Keislaman 4, no. 2 (2016).

Cintia, Nichen Irma, Firosalia Kristin, and Indri Anugraheni. “Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Siswa.” Perspektif Ilmu Pendidikan 32, no. 1 (2018): 67–75.

Dini, JPAU. “Efektivitas Pembelajaran Online Pendidik PAUD Di Tengah Pandemi COVID-19.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5, no. 1 (2021): 686–97.

Fatkhurrohman, Mukhammad Aji. “Efektivitas Pembelajaran IPA Dengan Model Integrasi Pembelajaran Kooperatif STAD Dan Peta Konsep.” PSEJ (Pancasakti Science Education Journal) 1, no. 1 (2016): 0–67.

Ferry, Dharma. “Peningkatan Hasil Belajar Dan Keaktifan Mahasiswa Melalui Strategi Pembelajaran Peta Konsep Pada Mata Kuliah Evolusi.” Journal on Education 1, no. 4 (2019): 809–16.

Firman, Firman, and Sari Rahayu. “Pembelajaran Online Di Tengah Pandemi Covid-19.” Indonesian Journal of Educational Science (IJES) 2, no. 2 (2020): 81–89.

Hadi, Nanang Faisol. “Kulturisasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Di Sekolah.” FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman 2, no. 1 (2016): 73–92.

———. “Mendesain Bangsa Yang Religius Dan Nasionalis Dari Bangku Sekolah.” Tazkir: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman 4, no. 1 (2018): 41–70.

Irawan, Yudie, Nanik Susanti, and Wiwit Agus Triyanto. “Analisa Dan Perancangan Sistem Pembelajaran Online (e-Learning) Pada Smk Mambaul Falah Kudus.” Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer 6, no. 2 (2015): 345–52.

Kokotovich, Vasilije. “Problem Analysis and Thinking Tools: An Empirical Study of Non-Hierarchical Mind Mapping.” Design Studies 29, no. 1 (2008): 49–69.

Mardiah, Mardiah, Hendra Hendra, and Nina Hastina. “APLIKASI EDRAW MIND MAP BAGI GURU SD NEGERI 050702 KECAMATAN SECANGGANG KABUPATEN LANGKAT.” Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2, no. 2 (2019): 71–77.

Muliya, Ade Putri. “PELAKSANAAN PENILAIAN AUTENTIK BERDASARKAN PERMENDIKBUD NOMOR 23 TAHUN 2016 PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP KOTA BATUSANGKAR.” El-Hekam 5, no. 1 (2020): 15–30.

Nugrahani, Farida, and M. Hum. “Metode Penelitian Kualitatif.” Solo: Cakra Books, 2014.

Priyandana, I. Wayan Putra, I. Ketut Dibia, and Putu Rahayu Ujianti. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Media Pembelajaran Mind Mapping Berbantuan Aplikasi Edraw Mindmaster.” MIMBAR PGSD Undiksha 9, no. 2 (2021).

Putri, Ihdi Shabrona, Rita Juliani, and Ilan Nia Lestari. “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Dan Aktivitas Siswa.” Jurnal Pendidikan Fisika 6, no. 2 (2017): 91–94.

Rahayuningsih, Rina. “Penerapan Siklus Belajar 5E (Learning Cycle 5E) Disertai Peta Konsep Untuk Meningkatkan Kualitas Proses Dan Hasil Belajar Kimia Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kartasura Tahun Pelajaran 2011/2012,” 2012.

Setiawan, Yayan Eryk, and Syaifuddin Syaifuddin. “Peningkatan Kompetensi Profesionalitas Guru Melalui Pelatihan Desain Pembelajaran Peta Konsep.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 26, no. 3 (2020): 148–53.

Sulfemi, Wahyu Bagja. “Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan.” Jurnal Rontal Keilmuan Pancasila Dan Kewarganegaraan 5, no. 1 (2019).

Tumurun, Septiani Wahyu, Diah Gusrayani, and Asep Kurnia Jayadinata. “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Sifat-Sifat Cahaya.” Jurnal Pena Ilmiah 1, no. 1 (2016): 101–10.

Widodo, Susilo Tri, Rudi Salam, and Fitria Dwi Prasetayaningtyas. “Pemanfaatan Aplikasi Mind Map Sebagai Media Inovatif Dalam Pembelajaran Mata Kuliah Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Dasar,” 2016.

Yuniati, Suci. “Peta Konsep (Mind Mapping) Dalam Pembelajaran Struktur Aljabar.” Gamatika 3, no. 2 (2012).

Published
2021-10-30
How to Cite
Hikmah, N., & Hadi, N. (2021). Implementasi Edraw Mind Map Berbasis Discovery Learning Dalam Meningkatan Hasil Belajar PAI. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 2(3), 147-161. https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v2i3.4179