Upaya Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Problem Based Learning Materi Ayo Bayar Zakat

  • Dwi Hermanto SD Negeri 007 Tulin Onsoi
  • Annisa Aisyah Putri UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Yunita Noor Azizah UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: Learning outcomes , Problem based learning

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan capaian pembelajaran kognitif siswa, penelitian ini juga bertujuan untuk menilai keefektifan penggunaan metode pembelajaran berbasis masalah atau problem based learning, dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VI di SDN 007 Tulin Onsoi Nunukan Kalimantan Utara pada topik "Ayo Bayar Zakat". Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil observasi terhadap siswa kelas VI di SDN 007 Tulin Onsoi, yang menunjukkan bahwa pemahaman siswa terhadap konsep materi yang diajarkan masih kurang. Sebagai respons terhadap hal tersebut, penelitian tindakan kelas ini akan dilakukan melalui dua tahap eksperimen. Pada tahap eksperimen pertama, akan dilakukan identifikasi masalah yang ada di dalam kelas, merencanakan urutan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan problem based learning, melakukan tindakan, mengamati hasilnya, dan melakukan refleksi untuk menentukan langkah selanjutnya yang akan diambil pada tahap kedua dari percobaan tersebut.

Pada penelitian ini, fokus penelitiannya adalah pada siswa yang berada di kelas VI di SDN 007 Tulin Onsoi Nunukan Kalimantan Utara. Indikator keberhasilan dari penelitian ini terletak pada pencapaian nilai rata-rata hasil belajar siswa yang mencapai batas KKM, yaitu 75. Berdasarkan observasi pada siklus 1, terdapat 9 siswa di kelas VI A SD NEGERI 007 Tulin Onsoi yang tidak mencapai batas ketuntasan atau memperoleh nilai di bawah KKM, yang merupakan persentase sebesar 37,5%. Pada kelas VI C SD NEGERI 007 Tulin Onsoi, terdapat 5 siswa yang tidak mencapai batas ketuntasan atau memperoleh nilai di bawah KKM, yang merupakan persentase sebesar 38,46%. Pada siklus kedua, tidak ada siswa di kelas VI A dan VI C yang tidak mencapai batas ketuntasan atau memperoleh nilai di bawah KKM, yang merupakan persentase sebesar 0%, dalam artian seluruh siswa tuntas dengan persentase sebanyak 100 %. Temuan penelitian mengindikasikan adanya perbaikan yang signifikan dalam hasil pembelajaran antara percobaan awal dan lanjutan. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran problem based learning pada materi "Ayo Bayar Zakat" telah terbukti efektif dalam meningkatkan pencapaian hasil belajar siswa.

References

Agustien, Didink, and Abdul Razak. “Efektivitas Metode Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas Iv Sd Islam Al-Azhar 47 Samarinda Pada Masa Pandemi Covid-19.” Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 5, no. 1 (2020): 39–53.
Alfina, Husna. “Peran Program Rombong Dhuafa Di Laznas Nurul Hayat Kediri Dalam Meningkatkan Produktivitas Usaha Mustahiq.” IAIN Kediri, 2020.
Anis, Muhammad. “Zakat Solusi Pemberdayaan Masyarakat.” El-Iqthisady: Jurnal Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Dan Hukum 2, no. 1 Juni (2020): 42–53.
Arifin, Zainur. “Manajemen Peserta Didik Sebagai Upaya Pencapaian Tujuan Pendidikan.” Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam 8, no. 1 (2022): 71–89.
Aziz, A. Saiful, and Subhan Subhan. “Analisis Hukum Islam Tentang Pendistribusian Zakat Fitrah Oleh Takmir Masjid At-Taqwa Terhadap Gharim Yang Hutangnya Untuk Lembaga.” Iqtisad: Reconstruction of Justice and Welfare for Indonesia 8, no. 2 (2021): 147–64.
Dahliana, Dahliana, Firnanda Pradana Putra, and Ahmad Maulana Syafi’i. “PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING KELAS V MI NURUDDIN I BANJARMASIN.” Jurnal SIPPG: Sultan Idris Pendidikan Profesi Guru 1, no. 1 (2023): 47–61.
Gunawan, Gunawan, Lilik Kustiani, and Lilik Sri Hariani. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS 12, no. 1 (2018): 14–22.
Hamzah, Hamzah. “Zakat Mal Dalam Perspektif Hadis Maudhu’iy.” TASAMUH: Jurnal Studi Islam 11, no. 1 (2019): 151–84.
Hasrah, Siti. “META ANALISIS PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SD.” Darul Ilmi: Jurnal Pendidikan Agama Islam. 1, no. 1 (2023): 18–24.
Jazuli, Ahmad Imam. “Makna Fisabilillah Sebagai Mustahiq Zakat (Studi Komparasi Antara Ahlus Sunnah Wal Jama’ah Dan Wahabi).” Journal of Islamic Business Law 5, no. 1 (2021).
Khosyula, Anik Marsello. “PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI AYO MEMBAYAR ZAKAT KELAS VI SDN 2 DAHIRANG.” Prosiding Pendidikan Profesi Guru Agama Islam (PPGAI) 2, no. 2 (2022).
Mariamah, Mariamah. “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI MACAM-MACAM ZAKAT.” Prosiding Pendidikan Profesi Guru Agama Islam (PPGAI) 3, no. 1 (2023).
Mutmainnah, Iin. Fikih Zakat. Dirah, 2020.
Nurhasanah, Siti, and SURYANI SURYANI. “Maksimalisasi Potensi Zakat Melalui Peningkatan Kesadaran Masyarakat.” JEBI (Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam) 3, no. 2 (2018): 185–94.
Permatasari, Rizki. “Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smp Guna Dharma Bandar Lampung.” UIN Raden Intan Lampung, 2018.
Qodariah Barkah, M. H. I., Peny Cahaya Azwari, MM SE, M. H. I. Saprida, and M. H. I. Zuul Fitriani Umari. Fikih Zakat, Sedekah, Dan Wakaf. Prenada Media, 2020.
Rifdah, Khonsaullabibah Maisun Nur, Muhammad Zaini, and Kautsar Eka Wardhana. “Peningkatan Hasil Belajar Matematika Kelas V MI Materi Operasi Bilangan Pecahan Model PBL.” Jurnal SIPPG: Sultan Idris Pendidikan Profesi Guru 1, no. 2 (2023): 1–16.
Riwayati, Sri. “Zakat Dalam Telaah Qs. At-Taubah: 103.” Al Furqan: Jurnal Ilmu Al Quran Dan Tafsir 1, no. 2 (2018): 77-91-77–91.
Sanusi, Makhda Intan. “Skala Prioritas Penentuan Mustahiq Zakat Di Lembaga Amil Zakat (LAZ) Ummat Sejahtera Ponorogo.” Lisyabab: Jurnal Studi Islam Dan Sosial 2, no. 1 (2021): 103–18.
Setiawan, Adi, Trisno Wardy Putra, and Risky Hariyadi. “Analisis Kebijakan BAZNAS Tentang Ibnu Sabil Sebagai Mustahik Zakat.” Jurnal Ar-Ribh 3, no. 2 (2020).
Sujana, I. Wayan Cong. “Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia.” Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar 4, no. 1 (2019): 29–39.
Ulya, Husna Nimatul. “Paradigma Kemiskinan Dalam Perspektif Islam Dan Konvensional.” El Barka: Journal of Islamic Economics and Business 1, no. 1 (2018): 129–53.
Utami, Sri. “Meningkatkan Mutu Pendidikan Indonesia Melalui Peningkatan Kualitas Personal, Profesional, Dan Strategi Rekrutmen Guru.” In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2:518–27, 2019.
Wardhana, Kautsar Eka. “Pengaruh Kematangan Anak Usia Dini Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar.” Sultan Idris Journal of Psychology and Education, 2022, 56–66.
Yusuf, Bistari Basuni. “Konsep Dan Indikator Pembelajaran Efektif.” Jurnal Kajian Pembelajaran Dan Keilmuan 1, no. 2 (2017): 13–20.
Zulhendra, Joni. “Tinjauan Hukum Islam Terhadap Zakat Fitrah Dalam Bentuk Uang.” Normative Jurnal Ilmiah Hukum 5, no. 2 November (2017): 94–105.
Published
2023-06-05
How to Cite
Hermanto, D., Putri, A., & Azizah, Y. (2023). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Problem Based Learning Materi Ayo Bayar Zakat. Jurnal Sultan Idris Pendidikan Profesi Guru, 1(3), 75-84. https://doi.org/10.21093/sippg.v1i3.6571