Media Digital Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kisah Keteladanan Nabi Siswa SDN Bontang Utara

  • Syamsiar Syamsiar
  • Nabila Syahrani Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Yunita Noor Azizah UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda

Abstract

Pendidikan adalah hak setiap manusia, Pembelajaran pada dasarnya merupakan upaya untuk mengarahkan anak didik ke dalam proses belajar sehingga mereka dapat memperoleh tujuan belajar sesuai dengan apa yang diharapkan. Belajar dan menuntut ilmu sangatlah penting bagi setiap manusia, hal ini disebabkan ilmu akan mengangkatderajat manusia kedalam kehidupan yang lebih baik. Pendidikan adalah transportasi ilmu pengetahuan, budaya sekaligus nilai-nilai yang berkembang pada suatu generasi agar dapat ditransformasi kepada generasi selanjutnya. Dalam penelitian ini penulis mempergunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dalam Bahasa Inggris disebut dengan Classroom Action Research (CAR). Penelitian Tindakan Kelas adalah suatu penelitian tindakan yang dilakukan dengan tujuan memperbaiki mutu praktik pembelajaran di kelasnya. Penelitian Tindakan Kelas berfokus pada kelas atau pada proses belajar mengajar yang terjadi di kelas, bukan pada input kelas (silabus, materi, dan lain-lain) ataupun output (hasil belajar). Penelitian Tindakan Kelas harus tertuju atau mengenai hal-hal yang terjadi di dalam kelas. Dari hasil penelitian pembelajaran menggunakan Media Digital dapat dikatakan berhasil. Hal ini terlihat dari peningkatan mulai dari pra siklus, I sampai II dengan nilai ketuntasan belajar. Bukan hanya dari siklus tapi juga dilihat dari lembar observasi yang dilakukan, dari hasil yang didapat pada siklus I 2,40 sedangkan pada siklus II 3,48.

References

[1] T. Rachmawati and Daryanto, Teori Belajar Dan Proses Pembelajaran Yang Mendidik, 1st ed. Yogyakarta: Gava Media, 2015.
[2] R. A. Suryadi and U. Sanusi, Ilmu Pendidikan Islam, 1st ed. Yogyakarta: Deepublish, 2018.
[3] Isnada and M. Al Muhajir, “Tipe Pembelajaran Aktif Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa,” J. Kependidikan Media, vol. 12, no. 2, pp. 29–37, 2023.
[4] Syarifuddin. and E. D. Utari, Media Pembelajaran (Dari Masa Konvensional Hingga Masa Digital). Palembang: Bening Media Publishing, 2022.
[5] A. S. Umam, R. Otaya, G. Sdn, N. Kabupaten, and C. Jawa, “Penggunaan Media Video dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI Materi Kisah Keteladanan Luqman Siswa Kelas V SDN 3 Nasol,” Al-Risalah J. Pendidik. Agama Islam, vol. 1, no. 1, pp. 57–66, 2022.
[6] Hamdani, Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia, 2011.
[7] J. Kurniawati and S. Baroroh, “Literasi Media Digital Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu,” J. Komun., vol. 8, no. 2, pp. 51–66, 2016.
[8] Paizaluddin and Ermalinda, Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) : Panduan Teoritis dan Praktis, 1st ed. Bandung: Alfabeta, 2016.
[9] I. Umam, Kaiful; Zaini, “Penerapan Media Digital Dalam Pembelajaran Apresiasi Batik Kelas X SMA Negeri 1 Blega,” J. Pendidik. Seni Rupa, vol. 1, no. 1, pp. 100–105, 2013, [Online]. Available: https://media.neliti.com/media/publications/246793-penerapan-media-digital-dalam-pembelajar-2cae37c2.pdf
[10] A. Eka, Y. Wibawa, U. Islam, N. Raden, and M. Said, “Implementasi Platform Digital Sebagai Media Pembelajaran Daring di MI Muhammadiyah PK Kartasura Pada Masa Pandemi Covid-19,” Berajah J. J. Pembelajaran dan Pengemb., vol. 1, no. 2, pp. 76–84, 2021, doi: https://doi.org/10.47353/bj.v1i2.27.
[11] M. Miftah, “Fungsi, Dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa,” J. Kwangsan, vol. 1, no. 2, p. 95, 2013, doi: 10.31800/jurnalkwangsan.v1i2.7.
[12] A. Arsyad, Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2016.
[13] N. Ahyat, “Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam,” Edusiana J. Manaj. dan Pendidik. Islam, vol. 4, no. 1, pp. 24–31, 2017, doi: https://doi.org/10.30957/edusiana.v4i1.5.
Published
2024-01-31
How to Cite
Syamsiar, S., Syahrani, N., & Azizah, Y. (2024). Media Digital Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kisah Keteladanan Nabi Siswa SDN Bontang Utara. Jurnal Sultan Idris Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 13-28. https://doi.org/10.21093/si-ppg.v1i2.7737