Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Siswa SDN Asam-Asam
Abstract
This research aims to improve the learning outcomes of 4th-grade students at UPTD SDN 1 Asam-Asam on the topic of welcoming puberty, where initial student performance was below the Minimum Completion Criteria (KKM) of 70. The study applied the inquiry learning strategy in a Classroom Action Research (CAR) model with two cycles. Data collection included tests, observations, and documentation. Results showed that the inquiry learning strategy significantly improved student learning outcomes. In Cycle I, the average score was 69, and in Cycle II, it increased to 85. Additionally, student activity improved from 69% in Cycle I to 91% in Cycle II. This indicates the effectiveness of the inquiry learning strategy in enhancing student engagement and learning outcomes
References
Arikunto, Suharsimi. 2014.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta : Rineka Cipta.2014
Darmansyah. 2010. Strategi Pembelajaran Menyenangkan dengan Humor. Jakarta: Bumi Aksara.
Dimyati Dan Mudjiono.2009.Belajar Dan Pembalajaran.Jakarta: Rineka Cipta
Fachri, Moh. 2020. Strategi Pembelajaran Inkuiri Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa di Madrasah. Diakses pada Selasa, 17 Oktober 2023 dari https://risbang.unuja.ac.id/media/arsip
Fachri, M., & Azizah, F. N. (2020). Strategi Pembelajaran Inkuiri Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Di Madrasah. MANAGERE: Indonesian Journal of Educational Management, 2(1), 90-97.
Hamalik, Omear,2007. Proses Belajar Mengajar.Jakarta: Bumi Aksara
HermanAnis.2022. Diakses pada tanggal 17 Oktober 2023 dari https://hermananis.com/langkah-langkah-model- pembelajaran-inkuiri/
Malanursifa, J. (2021). Upaya meningkatkan prestasi belajar siswa melalui penerapan metode pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII di MTs Al-Hamidiyah NW Sidemen Tahun Ajaran 2020/2021 (Doctoral dissertation, UIN Mataram).
Mulyadi,2010.Evaluasi Pendidikan Pengembangan Model Evaluasi Pendidikan Agama Di Sekolah,.UIN-Maliki Press
Pulungan, S. R. (2018). Penerapan strategi pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam materi pesawat sederhana di kelas v min Belawan kecamatan Medan Belawan 2016/2017 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).
Solihatin, Etin. 2012. Strategi Pembelajaran PPKN. Jakarta: Bumi Aksara. Tafsir web. Diakses pada Selasa, 17 Oktober 2023 dari https://tafsirweb.com/4473-surat-an-nahl-ayat-125.html
Ulwan , Dr. Abdullah.1999. Pendidikan Anak Dalam Islam 2.Jakarta: Pustaka Amani
Umaroh, L. (2017). Penerapan Metode Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Mata Pelajaran IPS SDN 1 Rajabasa Batanghari Tahun Pelajaran 2017/2018 (Doctoral dissertation, IAIN Metro).
Tinjuan Pustaka. Diakses pada Selasa 17 Oktober 2023 dari https://digilib.unila.ac.id/8534/15/BAB%20II.pdf
Zuriyani, S.Si,M.Pd, Elsy. Strategi Pembelajaran Inkuiri Pada Mata Pelajaran IPA. Diakses pada Selasa 17 Oktober 2023 dari https://sumsel.kemenag.go.id/files/sumsel/file/file/TULISAN/um vt1331613361.pdf