Penggunaan Metode Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik
Abstract
This research is motivated by the low activity and learning outcomes of fifth grade students of SDN Pandawan which is known from the results of observations. The purpose of this study is to determine the improvement in student learning outcomes in the subjects of Islamic Religious Education and Character Education on the material Living Spaciously by Sharing through the Problem Based Learning method in fifth grade students at SDN Pandawan, Pandawan District. The results of the study indicate that the application of the project based learning (PBL) learning model can improve the activity and learning outcomes of class V students of SDN Pandawan. The average learning activity of Control System Engineering in the pre-cycle only reached 53%. After the application of the project based learning (PBL) learning model in cycle I, the average student learning activity increased to 60% and in cycle II increased to 87%. The average learning outcomes in cycle I were 80.33 and in cycle II increased to 86.7. Based on these results, the hypothesis in the study was accepted.
References
Azhar Arsyad,Media Pembelajaran,2003, Jakarta : PT Radja Grafindo Persada
Abbas, Nurhayati. 2004. Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based Instruction) dalam Pembelajaran Matematika di SMU, dalam Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Jakarta, November 2004 Tahun ke-10, No.051.
Abdullah S, Ridwan. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara
Afandi. 2007. Peningkatan Keaktifan Belajar Matematika Siswa Melalui Strategi Problem Based Learning dengan Media Pembelajaran Ular Tangga di Kelas VII SMP N 2 Gondang Sragen Tahun Pelajaran 2006/2007. Skripsi UMS Tahun 2007, dalam http://www.library ums.ac.id/2007/04/77389.pdf.html. Diakses tanggal 10 Maret 2014 pukul 21.00 wib.
Amir. Taufik 2009. Inovasi Pendidikan melalui Probelem Based Learning: Bagaimana Pendidik Memberdayakan Pembelajar di Era Pengetahuan. Jakarta: Kencana
Arends, Richard. 2008.Learning to Teach: Belajar untuk Mengajar. Yogyakarta Pustaka Pelajar
Arifah, Binti. 2013. Penerapan Strategi Problem Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Baleharjo Tahun Ajaran 2012/2013. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Arikunto, Suharsimi dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara, Arikunto, Suharsimi (ed). 2008. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta, Bumi Aksara, cet,.ke-7
Budiningsih, C. Asri. 2006. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: FIP UNY h. 111Dasna.
I wayan dan Sutrisno. 2007. Pembelajaran Berbasis Masalah (problem based learning). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Dimyati dan Mudjiono. Belajar dan Pembelajaran. (Jakarta: Rineka Cipta.2002)
Dzakiah Drajat. Peranan Agama dalam Kesehatan Mental, Jakarta: PT Gunung Mulia. Dimyati dan Mujiono, Belajar dan Pembelajaran, 1996.Jakarta: Dirjen Pendidikan tinggi Depdikbud. Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara. h. 28.
Hanafiah, Nanang dan Cucu Suhana. 2012. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.
Hayati, Nurul. 2014. Penggunaan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Meningkatkan Keaktifan Belajar dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada Siswa Kelas VIII D SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Irnawati, Irnawati, Yusrizal Efendi, and Mega Adyna Movitaria. "Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Sekolah Dasar." Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 4.2 (2021).
Kunandar, 2007. Guru Profesional, Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru, Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada
MAYASARI, Tantri, et al. Apakah model pembelajaran problem based learning dan project based learning mampu melatihkan keterampilan abad 21?. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 2016.
Muhammad Abdullah ad- Duweisy. Menjadi Guru Yang Sukses dan Berpengaruh, terj.,Izzudin Karimi (Surabaya: Pustaka Elba)
Muhibbin Syah. 2010. Psikologi Pendidikan (Dengan Pendekatan Baru). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Murtadho Muthahari. 1984. Perspektif Al-Qur’an tentang Manusia dan Agama, ter Djalaludin Rahmat, (Bandung: Mizan, 1984)
Nasikhah, Umi. "Peran Zakat, Infaq Dan Shadaqah Dalam Kehidupan." Jurnal Ilmiah Al-Muttaqin 6.1 (2021)
Nurhadi, 2002, Pendekatan Kontekstual (ContextualTeaching and Learning / CTL), Malang: UniversitasNegeri Malang
Primadoniati, A. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(1).
Rohani Ahmad, Drs., Abu Ahmadi, Pengelolaan Pengajaran, 1995,Jakarta: Rineka Cipta
Setiyani, A. (2021). Analisis Manajemen Dan Efektifitas Pengelolaan Zakat Fitrah di Lembaga Amil Zakat Infak Sedekah Nahdhatul Ulama (LAZISNU) Kecamatan Sukolilo Pati (Doctoral dissertation, IAIN KUDUS).
Suparwati, Ni Putu, and Ni Nyoman Suastini. "Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Dengan Metode Belajar Daring Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sdn 1 Gadungan Kecamatan Selemadeg Timur Kabupaten Tabanan Pada Masa Pandemi Covid-19." Guna Widya: Jurnal.
Soekamto dan Winataputra, Teori Belajar dan Metode – Metode Pembelajaran 1997. Jakarta direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen pendidikan dan Kebudayaan