Peran Supervisi Akademik dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan, Kinerja Guru, Profesional Guru dan Mutu Pembelajaran
Abstract
Supervisi akademik telah berkembang menjadi mekanisme strategis dalam peningkatan mutu
pendidikan di Indonesia. Penelitian ini berupaya untuk menganalisis secara sistematis peran
supervisi akademik dalam meningkatkan kualitas pendidikan, kinerja guru, dan hasil pembelajaran
berdasarkan studi-studi yang terindeks dalam database SINTA selama periode 2015–2025.
Metode yang digunakan adalah Tinjauan Pustaka Sistematis (Systematic Literature Review/SLR)
dengan mengikuti tahapan identifikasi, seleksi, uji kelayakan, dan analisis terhadap sepuluh artikel
ilmiah yang memenuhi kriteria. Hasil kajian menunjukkan bahwa pengawasan akademik
berkontribusi secara signifikan terhadap kualitas pendidikan, kinerja guru, profesional guru dan
mutu pembelajaran. Pendekatan supervisi yang suportif, kolaboratif, dan berkelanjutan terbukti
mampu mendorong pengembangan kompetensi guru secara menyeluruh, mencakup aspek
pedagogis, profesional, sosial, dan personal. Implikasi temuan ini menekankan pentingnya
penguatan kapasitas kepala sekolah sebagai supervisor akademik, integrasi hasil supervisi ke dalam
sistem pengembangan karier guru, serta pemanfaatan teknologi digital untuk mendukung
efektivitas supervisi. Dengan demikian, supervisi akademik dapat dimanfaatkan secara optimal
sebagai instrumen reformasi pendidikan yang berkelanjutan untuk mewujudkan peningkatan
mutu pembelajaran di satuan pendidikan di seluruh Indonesia
References
Anggraeni, A., Haryati, T., & Sudana, I. M. (2022). Pengaruh Supervisi Akademik, Motivasi Guru Dan Kinerja Guru Terhadap Mutu Sekolah Di Sekolah Dasar Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak. Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP), 11(1), 14–27. https://doi.org/10.26877/jmp.v11i1.14071
Arafat, Y., Fitria, H., Profesional, K., & Guru, K. (2020). Pengaruh Supervisi Akademik dan Kompetensi Profesional Guru terhadap Kinerja Guru di Sekolah Menengah Atas Negeri di Kecamatan Tanjung Raja. 9(1).
Asrowi, A. (2021). Perencanaan Dan Pelaksanaan Supervisi Pendidikan Serta Ugensinya. E-Jurnal Aksioma Al-Asas, 2(1), 1–17. https://doi.org/10.55171/jaa.v2i1.602
Aulia, S., Rachmadhani, D., & Kamalia, P. U. (2023). Asatiza : Jurnal Pendidikan. 4(3), 178–192.
Bastomi et al. (2020). Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 08(03), 271–284.
Dimhari. (2022). Implementasi Permendikbud Nomor 15 Tahun 2018 Tentang Pemenuhan Beban Kerja Guru, Kepala Sekolah, Dan Pengawas Sekolah Di Smpn 3 Doplang Kabupaten Blora. 11(1), 1–14.
Grant, M. J., & Booth, A. (2009). A typology of reviews: An analysis of 14 review types and associated methodologies. Health Information and Libraries Journal, 26(2), 91–108. https://doi.org/10.1111/j.1471-1842.2009.00848.x
Iskandar, A. 2020. (2020). Manajemen Supervisi Akademik Kepala Madrasah. 5(1), 69–82. https://doi.org/10.15575/isema.v5i1.5976
Jabar. (2024). Akademik Profesionalisme Guru Dalam. 13(1), 126–139.
Kartika, I., & Arifudin, O. (2022). manusia atau lebih dikenal dengan sebuah teori humanistik . Dalam buku Chairul Anwar ,. 3(2), 144–157.
Kulsum, U., Yuliejantiningsih, Y., & Rasiman, R. (2023). Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Budaya Kerja Guru Dan Motivasi Berprestasi Guru Terhadap Profesionalisme Guru Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Semarang Tengah Kota Semarang. Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP), 11(3), 263–279. https://doi.org/10.26877/jmp.v11i3.14928
Mailani, A. &. (2023). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Dengan Menggunakan Metode Miles Dan Huberman Di Kelas IV Sd Negeri 060800. 3, 6469–6477.
Maulana, A. D. (2023). Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Guru. 6(1).
Merukh, N., & Sulasmono, B. S. (2016). Pengembangan Model Supervisi Akademik Teknik Mentoring Bagi Pembinaan Kompetensi Pedagogik Guru Kelas. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(1), 30. https://doi.org/10.24246/j.jk.2016.v3.i1.p30-48
Muhsin et al, 2023. (2023). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran dan Pengembangan Budaya Mutu. 4(4), 2393–2398.
Mulalinda, S. N. ., Sumampow, I., & Kimbal, A. (2019). Perencanaan Terpadu di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Siau Tagulandang Biaro. 3(3), 1–11.
Muspawi, 2021. (2021). Strategi Peningkatan Kinerja Guru. 21(1), 101–106.
https://doi.org/10.33087/jiubj.v21i1.1265
Musyadad, et al 2022. (2022). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Motivasi Kerja Guru dalam Membuat Perangkat Pembelajaran. 5, 1936–1941.
Pamungkas, I., Akmal, A. K., Irawan, H. T., Syahputra, R. A., & Elba, A. (2023). Sistem Dinamis sebagai Alat Analisis dan Pengambilan Keputusan di Indonesia : Literature Review.
Rachmawati & Andari, 2023. (2023). Manajemen Supervisi Terjadwal Terintegrasi Nilai Spiritual Paradigm Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Di Smpit At-Taqwa Surabaya. 11, 1–23.
Ramly, 2023. (2023). Manajemen Supervisi Dan Evaluasi Pengawas Madrasah Di Kementerian Agama Kabupaten Buol.
Retoliah, 2023. (2023). Supervisi pendidikan.
Retorika, A., & M, N. A. N. (2023). Terhadap Profesionalisme Guru Smk Negeri Kabupaten Batang. 12(3), 426–447.
Risdiany, H. (2021). Pengembangan Profesionalisme Guru Dalam. 3(2), 194–202.
Riwanto et al, 2023. (2023). Supervisi Akademik Dalam Peningkatkan Mutu Pembelajaran Di Sekolah Dasar Negeri. 12(2), 237–250.
Rohman, H. 2020. (2020). Pengaruh kompetensi guru terhadap kinerja guru. 1(2), 92–102.
Semiyem et al, 2024. (2024). Organisasi Sekolah Terhadap Kinerja Guru Sekolah. 13(2), 235–247.
Sholeha, D., Lubis, N. M., Rifa, A., Ayundari, N. F., Sumayyah, L., & Nasution, I. (2023). Peran Supervisi Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. 3(2).
Sutiono, 2021. (2021). mutu Pendidikan adalah guru . Guru didalam sejarah perkembangan bangsa penting . Dengan demikian tingkat kompetensi profesi seseorang itu tergantung Profesionalisme Guru Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan , dengan. 4(20), 16–25.
Tranfield, D., Denyer, D., & Smart, P. (2003). Towards a Methodology for Developing Evidence-Informed Management Knowledge by Means of Systematic Review . 14.

