Peningkatan Kualitas Hafalan Al - Quran Melalui Media Audio Speaker Al-Quran Di Hsg Khoiru Ummah Loa Janan Ilir Samarinda
Abstract
Penelitian ini bertujuan utuk mengetahui peningkatan kualitas hafalan Al-Quran dengan media audio speaker Al-Quran dalam proses pembelajaran tahfizh di HSG Khoiru Ummah Loa Janan Ilir Samarinda. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari pra siklus, siklus I, siklus II dalam tiga kali pertemuan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes lisan dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi siswa dan guru. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III HSG Khoiru Ummah Loa Janan Ilir Samarinda yang berjumlah 9 siswa terdiri dari 5 siswa laki-laki dan 4 siswa perempuan, objek penelitian adalah peningkatan kualitas hafalan Al-Quran di kelas III HSG Loa Janan Ilir Samarinda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas hafalan Al-Quran di kelas III HSG Khoiru Ummah Samarinda, melalui media audio speaker Al-Quran dapat meningkatkan kualitas hafalan Al-Quran, hal ini dibuktikan dari hasil yang diperoleh selalu positif dalam setiap siklusnya. Pada pelaksanaan prasiklus rata-rata pencapaian kelas sebesar 27%, Siklus I rata-rata pencapaian kelas sebesar 55% dan meningkat pada siklus II rata-rata pencapaian kelas sebesar 88%. Hasil tersebut telah melebihi dari indikator keberhasilan kelas yang telah disepakati dengan sekolah sebesar 75%.
References
Arikunto, Suharsimi dkk. Peneliti Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara, 2017.
Ali, H.Mahrus. Terjemah Riyadhussalihin jilid II,Surabaya: Al Hidayah,1997.
Badan Wakaf Al-Quran. Al-Qur’anul karim dan Terjemahannya,Bandung: PT Pantja Cemerlang, 2014.
Departemen Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahannya, Bandung: PT Syaamil Cipta Media, 2009.
Hidayatullah, Agus dkk. Al Quran Translite Per kata dan Terjemah Perkata QS Fathir 29-30, Cet. I: Bekasi: Cipta Bagus Segera, 2011.
Hasbi, Ashshiddiq, dkk. Al Quran dan terjemah QS Kahfi 27, Cet. I: Jakarta: Yayasan Penyelenggara Penerjemah/Penafsir Al Quran, 1974.
Habiburrahman, Nurul dkk. Bait Qurany Menghapal Semudah Menggerakkan Jari Tangan Dengan Matematika Al Quran,Cet. II: Tenggerang : Yayasan Bait Qur’ny At-Tafkir, 2013.
Hamdani. Speaker Al-Qur’anku, Samarinda:HSG Khoiru Ummah, 2012.
Hopkins, David. Panduan Guri Peneliti Tindakan Kelas, Jakarta: Pustaka Pelajar, 2007
Kusuma, Wijaya dan Dedi Dwiyagama. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta, PT Indeks, 2012.
Muhammad Maulan, Zakaria Zakaria. Himpunan Fadhilah Amal, Cet. II: Yogyakarta: Ash-Shaff, 2006
Poerwadarminta, W.J.S. Kamus Umum Bahasa Indonesia Edisi Ketiga, Jakarta: : Balai Pustaka, 2007.
Shihab, M. Quraish. Wawasan Al-qur’an, Bandung: Mizan, 1996.
Sukardi. Metode Penelitian Tindakan Kelas Impementasi dan pengembanganya, Jakarta,Bumi Aksara, 2012.
Zaini, Muhammad dan Abdul Wahid. Pengantar ‘Ulumul Quran dan ‘Ulumul Hadist, Banda Aceh: Pena, 2016.
Yayasan Khoiru Ummah, Kumpulan Hadis, Cet I Yayasan Khoiru Ummah: 2012
Khuriyah, Upaya guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pembelajaran Al Quran Hadist pokok pembahasan surat Al alaq melalui menggunakan media audio di MTS Maharesi Siddiq Wanantara Kecamatan Talun Kabupaten Cirebun (Skripsi IAIN Syekh Nurjati Cirebun), 2015.
Laili Mufarikhah, Penerapan Metode Resitasi Dan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Penguasaan Hafalan Surat – Surat Pendek Mapel Al Quran Hadist Pada Siswa Kelas Iii Mi Nu 43 Wonorejo Kaliwungu Kendal (Skripsi UIN Walisongo Semarang), 2015.
Malik, Penggunaan media audio visual untuk meningkatkan hafalan surat– surat pendek mapel al-qur’an hadist pada siswa kelas III MI Nashrul Fajar Meteseh Tembalang Semarang (Skripsi UIN Walisongo Semarang), 2016.
Bobi Erno Rusadi ”Implementasi Pembelajaran Tahfizh Mahasantri Pondok Pesantren Nurul Quran tenggarang” Dalam Jurnal agama dan pendidikan“ NSSN 1979-9950, 2018.
Imam Mahmud ”Jurnal Kajian dan penelitan dan pendidikan dan pembelajaran “ Meningkatkan Kemampuan setoran hafalan Al-Quran melalui metode talaqqi pada siswa kelas VIB Sekolah Dasar Islam Yakmi Tahun 2018, Vol.03.No 02 2019.
Fatma Siti Fatimah1, Zulkhah Noor2 “Efektivitas Mendengarkan Murotal Al-Qur’an terhadap Derajat Insomniapada Lansia di Selter Dongkelsari Sleman Yogyakarta”. Dalam Jurnal Ners dan Kebidanan Indonesia edisi no. 1, Vol.V. 2015.
Muhammad Roihan Daulany ”Studi Pendekatan Al-Quran” Dalam Jurnal thariqoh ilmiah Vol.0I.No 01 2014.
Lilik Sumarni, “Upaya meningkatkan hafalan Q.S.Al-Fatihah siswa/i melalui strategi pembelajaran audio visual pada kelas I SD Negeri 106162 Medan Estate”, dalam school Education Journal Vol. 09 .No 02 2019.
Cerdastastore. “Manfaat Speaker Al Quran” dari Cerdastastore “dalam http://www.cerdasta.com
Farihiya Anita. “Problem dan tantangan menghapal Al Quran “dalam http://www.kompas.com.
Pendidik. “Pengertian Al Quran Menurut Bahasa, Istilah, Para Ulama dan Secara Umum“ dalam https://www.pendidik.co.id