Pendayagunaan Pusat Sumber Belajar (PSB) DI IAIN Samarinda

  • Imroh Atul Musfiroh IAIN Samarinda
Keywords: teknologi dan informasi, sumber belajar, akreditasi

Abstract

Keberhasilan proses kegiatan belajar dan mengajar tidak hanya ditentukan oleh kualifikasi tenaga pengajar, melainkan semua komponen yang menjadi faktor pendidikan juga memiliki peranan penting. Selain kurikulum yang matang, tenaga pendidik yang kompeten, input peserta didik yang pilihan, dan sarana yang memadai, juga perlu adanya sumber belajar yang dapat dimanfaatkan demi tercapainya tujuan pendidikan sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan.

Bagi kalangan pendidikan tinggi (perguruan tinggi) upaya untuk mengoptimalkan pengelolaan Pusat Sumber Belajar menjadi perhatian utama. Terlebih lagi adanya perpustakaan yang merupakan jantung lembaga pendidikan (perguruan tinggi), di samping sumber belajar lainnya. Demikian pula IAIN Samarinda yang menjadi icon Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri di provinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara juga mencanangkan program pendayagunaan Pusat Sumber Belajar yang dimilikinya.

Adapun Pusat Sumber Belajar (PSB) yang terdapat di IAIN Samarinda antara lain adalah perpustakaan, laboratorium komputer yang dikelola oleh Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (TIPD), Pesantren Kampus (ma’had al-Jami’ah) dan Unit Pengembangan Bahasa. Upaya mendayagunakan Pusat Sumber Belajar (PSB) telah dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hal ini termasuk pola penganggaran (dana), pengembangan program akademik (software dan hardware), manajerial SDM maupun administratifnya. Pendayagunaan PSB tersebut diselaraskan dengan akselerasi dan peningkatan status akreditasi baik lembaga (institusi) maupun program studi, serta pengembangan kurikulum untuk matakuliah yang bercirikan KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia), bahkan untuk pembukaan Program Studi baru.

References

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, 1993.

Dawam, Ainurrafiq, dan Ahmad Ta’arifin, Manajemen Madrasah Berbasis Pesantren, Cet. 2, T. KP: Listafariska Putra, 2005.

Furqan, Arief, Pengantar Penelitian dalam Pendidikan, Surabaya: Usaha Nasional, 1982.

Guntur, Alex, Kerangka Pokok-Pokok Manajemen, Jakarta: Bharata, 1975.

Hadi Miarso, Yusuf, Menyemai Benih Teknologi Pendidikan, Jakarta: Pustekkom DIKNAS, 2005.

Hadi, Sutrisno, Metodologi Research, Yogyakarta: Fak. Psikologi UGM, 1985.

Hamalik, Oemar, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara, 2003.

_____________, Pengembangan Kurikulum Lembaga Pendidikan dan Pelatihan, Bandung: Trigenda Karya, 1993.

Iskandar dan Musraji, Pengelolaan Sumber Daya Pembelajaran, Surabaya: IKIP Press, 1996.

Isjoni, Pemanfaatan Teknologi Pengajaran: Harapan untuk Indonesia, dalam Pembelajaran Terkini Perpaduan Indonesia-Malaysia, cet. 2, editor Isjoni dan Firdaus LN, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008.

Lubis, Ibrahim, Pengendalian dan Pengawasan Proyek dalam Manajemen, Jakarta: Ghalia Indonesia, 1985.

Munadi, Yudhi, Media Pembelajaran; Sebuah Pendekatan Baru, Jakarta: Gaung Persada Press, 2008.

Munir, Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunukasi, Bandung: Alfabeta, 2008.

Percival, Fred, Henry Ellington, Teknologi Pendidikan, alih bahasa Soedjarwo, Jakarta: Erlangga, 1988.

Rusyan, A. Tabrani, et. al, Upaya Pembaharuan dalam Pendidikan dan Pengajaran, Bandung: Remaja Rosda Karya, 1988.

Sanjaya, Wina, Kurikulum dan Pembelajaran, Cet. 2, Jakarta: Kencana, 2009.

Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta, 1995.

Sudirman, Ilmu Pendidikan, Bandung: Remaja Rosda Karya, 1987.

Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai, Teknologi Pengajaran, cet. V, Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2007.

Syaodih Sukmadinata, Nana, Pengembangan Kurikulum, Teori dan Praktek, Bandung: Rosda Karya, 2004.

Syukur, Fatah, Teknologi Pendidikan, Semarang: RaSAIL Walisongo Press, 2005.

Tantowi, Jawahir, Unsur-Unsur Manajemen Menurut Al-Qur’an, Jakarta: Pustaka al-Husna, 1983.

Terry, George R., Principles of Management, New York: R.D. Irwin Inc, 1966.

Jurnal

Ibrahim, Sumber Belajar, Jurnal Pendidikan, IKIP Malang, 1994, 65.

Sunarto, Macam dan Metode Analisa Data Penelitian Deskriptif, dalam Jurnal Penelitian BIMASUCI Nomor IV Tahun 1996.

Undang-Undang

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan

Website:

http://ern.pendis.depag.go.id/cfm/index.cfm?fuseaction
Published
2019-06-01
How to Cite
Musfiroh, Imroh. 2019. “Pendayagunaan Pusat Sumber Belajar (PSB) DI IAIN Samarinda”. SYAMIL: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education) 7 (1), 1-15. https://doi.org/10.21093/sy.v7i1.1421.