Implementasi Model Pembelajaran Examples Non Examples dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII-1 MTs Negeri 1 Balikpapan
Abstract
Kondisi real yang terjadi di lapangan, terkadang minat siswa terhadap mata pelajaran IPS terbilang minim Hal ini disebabkan kelemahan yang dimiliki oleh guru pengampu mata pelajaran IPS yang kurang bisa mendesain atau mengemas materi pembelajarannya secara baik salah satunya minimnya pengetahuan guru tentang model-model pembelajaran yang sekarang sudah banyak dibuat oleh para ahli pendidikan Selain itu guru pendidikan IPS juga belum bisa melakukan manajemen kelas secara optimal mereka lebih memposisikan dirinya sebagai penyaji informasi dari buku atau guru terkesan menyampaikan apa adanya yang ada di dalam buku. Penelitian ini bertujuan untuk implementasi pembelajaran examples non examples pada materi keungulan dan keterbatasan antarruang serta peran pelaku ekonomi Kelas VII-2 di MTs Negeri 1 Balikpapan. Hasil akhir (pada siklus II) maka nilai rata-rata yang dicapai adalah 81,71 atau mengalami peningkatan sebesar 93,75%. Angka persentase ini telah melampaui standar nilai indikator capaian yaitu sebesar 75%. Hal ini berarti bahwa guru telah berhasil meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran examples non examples pada pelajaran IPS materi “Keungulan dan keterbatasan dalam permintaan dan penawaran pelaku ekonomi” di MTs Negeri 1 Balikpapan.
References
Apriani, dkk., Implementasi Model Pembelajaran Example Non Example, Sumedang: IKIP PGRI, 2007.
Fattah, Mustamin. “Al-Kafa’ah Al-Inhirafiyyah Li Mudarris Al-Lughah Al-Arabiyah Fi Al-Madrasah Al-’Aliyah Al-Hukumiyyah Bi Kalimantan Asy-Syarqiyah.” Dinamika Ilmu 20, no. 1 (July 1, 2020): 147–64. https://doi.org/10.21093/di.v20i1.1806.
Fauzan, Umar. “The Use of Improvisations Technique to Improve the Speaking Ability of EFL Students.” DINAMIKA ILMU 14, no. 2 (December 1, 2014): 264. https://doi.org/10.21093/di.v14i2.17.
Hanim, Zaenab, Masyni Masyni, Rahmad Soe`oed, and Siti Nor Asiah. “Learning Innovation Management on Effective Classes at SMPIT Cordova Samarinda.” Dinamika Ilmu 19, no. 2 (December 15, 2019): 225–36. https://doi.org/10.21093/di.v19i2.1586.
Ilyasin, Mukhamad. “Transformation of Learning Management: Integrative Study of Islamic Boarding School Curriculum.” Dinamika Ilmu 20, no. 1 (June 12, 2020): 13–22. https://doi.org/10.21093/di.v20i1.2006.
Isti’anah, Arina. “Learning Journal and the Students’ Achievement in Grammar Class: Transitivity Analysis.” Dinamika Ilmu 17, no. 1 (June 11, 2017): 153. https://doi.org/10.21093/di.v17i1.741.
Nasir, Muhammad. “Curriculum Characteristics of Madrasah Aliyah in East Kalimantan.” Dinamika Ilmu 20, no. 1 (June 29, 2020): 95–105. https://doi.org/10.21093/di.v20i1.2215.
Nurhayati, Dwi Astuti Wahyu. “Students‘ Perspective on Innovative Teaching Model Using Edmodo in Teaching English Phonology: A Virtual Class Development.” Dinamika Ilmu 19, no. 1 (June 11, 2019): 13–35. https://doi.org/10.21093/di.v19i1.1379.
Johnson, Elain B., Contextual Teachig & Learning Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna, Bandung: Mizan Learning Center, 2006.
Komalasari, Kokom, Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi, Bandung: PT. Refika Aditama, 2011.
Kunandar, Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Jakarta : Raja Grafindo Persada, 2008.
Kunandar, Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru, Jakarta: Rajawali Press, 2008.
Poerwadarminto, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: PT. Balai Pustaka, 2003.
Rusman, Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalitas Guru, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2011.
----------, Model-Model Pembelajaran, Depok : PT. Rajagrafindo persada, 2013.
Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi, Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Solihatin, Etin, Raharjo, Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2012.
Sudjana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 1990.
Suherman, Erman, dkk. , Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer, Bandung: JICA, 2001.
Suprijono, Agus, Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.
Susanto, Ahmad, Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar, Jakarta: Prenada Media Group, 2014.
Uno, B., Hamzah, Belajar Dengan Pendekatan PAILKEM, Jakarta, PT Bumi Aksara 2011.
Wijaya, Ariyadi, Pendidikan Matematika Realistik, Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2012.