Telaah Kurikulum Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu Granada Samarinda

  • Suriyani Asri IAIN Samarinda
  • Muhammad Iwan Abdi IAIN Samarinda
  • Bahrani Bahrani IAIN Samarinda
Keywords: Telaah Kurikulum, SMA Islam Terpadu

Abstract

SMA Islam Terpadu Granada Samarinda masih terbilang cukup baru sebagai lembaga pendidikan tingkat menengah di Samarinda namun dapat mencapai akreditasi sangat baik. Sekolah ini dengan cepat dan tanggap segera mempersiapkan diri dan beradaptasi dengan berbagai komponen dalam kurikulum yang digunakannya. Maka dari itu kurikulum perlu disusun secara sistematis dan isinya harus sesuai dengan standar yang ada. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana isi kurikulum SMA Islam Terpadu Granada Samarinda dan posisi kurikulum tersebut dalam konteks pencapaian tujuan pendidikan nasional.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode analisis konten. Sumber data berasal dari dokumen kurikulum SMA Islam Terpadu Granada Samarinda yang didukung oleh beberapa hasil wawancara dari Kepala Sekolah dan Waka Kurikulum.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa SMA Islam Terpadu Granada Samarinda memadukan antara kurikulum nasional dan internasional. Penyusunan dokumen sesuai dengan pedoman penyusunan kurikulum BSNP dan Kurikulum di SMA Islam terpadu Granada Samarinda sangat khas dengan karakteristik nilai keislaman. Jadi, kurikulum nasional dan kurikulum Islam Terpadu saling bersinergi dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional yang akan menghasilkan peserta didik yang berkarakter. Hal ini dilakukan dengan cara memasukkan nilai-nilai keislaman dalam setiap mata pelajaran yang diberikan. Kedua kegiatanpengembangan melalui program-program sekolah dan pengembangan muatan lokal. Di dalam dokumen kurikulum tersebut terlihat bahwa pelaksanaan pendidikan di SMA Islam Terpadu Granada mengikuti peraturan dari dinas pendidikan dan juga menyisipkan nilai keislaman dalam setiap proses pendidikan tersebut.

References

Asmariani. “Prinsi-Prinsip Pengembangan Kurikulum dalam Perpspektif Islam”, dalam Jurnal Al-Afkar, Edisi No. 2 Vol. 128. 2014.
Izzan, Ahmad & Saehudin. Hadis Pendidikan. Bandung: Humaniora. 2016.
Kusumawati, Nanik & Rulviana, Vivi. Pengembangan Kurikulum di Sekolah Dasar. Magetan: CV. AE Media Grafika. 2017.
Latisi, Ismail, Waka Kurikulum SMA Islam Terpadu Granada. Wawancara. Samarinda 9 Maret 2020.
Lismina. Pengembangan Kurikulum di Sekolah dan Perguruan Tinggi. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia. 2019.
Mansur. “Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Multikultural”, dalam Jurnal Kependidikan dan Keislaman FAI Unisma, edisi No. 2 Vol. X. 2016.
Mulyasa. Implemetasi Kurikulum 2012 Revisi. Jakarta: PT Bumi Aksara. 2018.
Mustari, Mohamad. Manajemen Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo. 2015.
Peraturan Pemerintah RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Sanjaya, Wina. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. 2013.
Shobirin, Ma’as. Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013. Yogyakarta: CV Budi Utama. 2016.
Simatupang, Halim, dkk. Telaah Kurikulum SMP di Indonesia. Surabaya: CV. Pustaka MediaGuru. 2019.
Siregar, P. Sonang & Hatika, R. Genesa. Ayo Latihan Mengajar: Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah (Peerteaching dan Microteaching). Yogyakarta: CV Budi Utama. 2019.
Siviannisa, Rizqi. “Efektivitas Penilaian Auntentik Kurikulum 2013 dalam Menilai Sikap Siswa kelas VII E di SMP Negeri 2 Sedari”. Skripsi. UIN Sunan Ampel Surabaya tahun 2015.
Tim Penyusun. “Kurikulum SMA Islam Terpadu Granada”. Dokumen Kurikulum. SMA Islam Terpadu Granada tahun 2019.
Published
2020-07-14
How to Cite
Asri, S., Abdi, M., & Bahrani, B. (2020). Telaah Kurikulum Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu Granada Samarinda. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 1(3), 259-269. https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v1i3.3214

Most read articles by the same author(s)