Meningkatkan Kemampuan Bercerita Melalui Media Gambar Kelompok B di KB Al-Malik Kelurahan Harapan Baru Kecamatan Loa Janan Ilir Samarinda
Abstract
Media gambar dapat meningkatakan kemampuan bercerita pada anak.dengan media gambar anak mampu bercerita baik didepan kelas atau didepan temannyasehingga anak tidak malu, merasa percaya diri dan dapat mengeluarkan kata-kata dari idenya sendiri.penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bercerita pada anak-anak khususnya pada anak didik KB Al-malik.penetitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari observasi,dan refleksi dengan penerapan media gambar yang dilakukan selama 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subyek penelitian yang digunakan adalah anak didik KB Al-malik kelompok B yang berusia 5-6 tahun. Obyek penelitiannya adalah kemampuan bercerita anak. instrumen dalam penelitian menggunakan checklist, pedoman observasi anak, dan dokumentasi. Kemudian untuk tekhnik analisis adata menggunakan penelitian kemampuan bercerita dan ketuntasan belajar. Hasil dari tindakan pembelajaran menunjukkan sebelum pembelajaran kemampuan bercerita anak berkisar 20 %, setelah tindakan awal meningkat hanya 30 % anak yang mampu bercerita setelah dilanjutkan tindakan ada peningkatan menjadi 60 % yang artinya mengalami peningkatan sebanyak 30% dari 7 anak didik.dan dilanjutkan pada siklus 2 menjadi 80 %. Dengan pelaksanaan guru menyiapkan media gambar dengan berbagai gambar binatang. Kemudian mencontohkan cara bercerita yang diikuti oleh subyek. Penilaian bercerita meliputi kemampuan bercerita, cara penggunaan artikulasi yang jelas, dan penggunaan ide dalam bercerita sehingga keluar kalimat sederhana yang dapat dimengerti oleh pendengar.
References
Aisyah, Siti, Dkk. Perkembangan Dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka, 2010.
Armida. ”Penerapan media gambar dalam berbahasa”.Dalam jurnal Pendidikan Anak Usia Dini tahun, 2016/1437 H.
Azhar Arsyad. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011.
Burhan Nurgiyantoro. Perkembangan Kegiatan Bercerita Di Taman Kanak-kanak. Jakarta: 2011.
Dr, Paul Suparno.Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: penerbit kanisius, 2011.
Dadan Djuanda. Pembelajaran Bahasa Indonesia Yang Komulatif dan Menyenangkan. Jakarta: 2011.
Daryanto. Media pembelajaran. Bandung: Satu Nusa, 2011.
Dhieni Nurbiana, Lara Fridhani, Gusti Yarmi, Dan Nani Kusniaty. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: 2010.
Lilis Madyawati. Strategi Pengembangan Bahasa Anak. Jakarta: Prenada Media Group, 2016.
Mentri Pendidikan nasional. Standar Pendididkan Anak Usia Dini RA/BA No 58, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Musfiroh Tadkirotun. Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini, Yogyakarta: Kementrian Pendidikan Nasional, 2010.
Muhammad Fadillah. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Diva Pres, 2014.
Moeslichatoen. Media Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2009.
Maimunah Hasan. Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Diva Pers, 2009.
Nelva Rolina. Media Sumber Belajar. Pendidikan Guru Taman Kanak-kanak, Yogyakarta: Panitia Sertifikasi Guru (PSG) Rayon 11. Kementrian Pendidikan Nasional, 2010.
Peraturan Mentri Pendidikan Nasional Nomor 58 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini Tahun 2009
Rahman, Hibama S. Konsep Dasar Pendidikaan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Galah, 2009.
Oemar Hakim. Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Media Insani, 2011.
Syaikh Albani. HR Ibnu Majah No 224. Kementrian Agama RI, Bimbingan masyarakat Islam Dan Pembinaan Syari’ah. Jakarta: PT Sinergi Pustaka Indonesia, 2012.
Siti Zaenab, Syahbudin. Profesionalisme Guru Paud Menuju NTB Bersaing,Sleman: Deepublish, 2016.
Slamet Suyanto, Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia dini. Yogyakarta: Hikayat Publishing, 2015.
Dian Fitriani. Peningkatan Keterampilan Bercerita Dengan Media Gambar Berseri Di Tk Padureso, Kebumen: 2017
Nanik. Upaya Meningkatkan Bahasa Anak Melalui Media Kartu Kata pada Anak Kelompok B Tk Teladan PPI Seragen, Seragen: 2015
Saugi, Wildan. Implementation of Curriculum Kuttab Al-Fatih on Children at an Early Age. Jurnal Obsesi, Volume 5 Issue 1, 2020. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.510
Siti Nur Istianingsih. Meningkatkan Kemampuan Bercerita Anak Melalui Media Audio Visual Dengan Pendekatan BCCT Di Tk Buntala Klaten, Universitas Pendidikan Ganesa Singaraja Indonesia, 2016