Penggunaan Aplikasi Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Di Era Globalisasi Digital

  • Nurul Fauziyah UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Ariani Ramadhini UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Kautsar Eka Wardhana UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Ahmad Fadhel Syakir Hidayat UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda https://orcid.org/0000-0001-9747-7873
Keywords: aplikasi tiktok, era digital, media pembelajaran.

Abstract

Pendidikan pada era globalisasi saat ini dalam penggunaan teknologi digital sangat dimaksimalkan, salah satunya yaitu sebagai penunjang proses kegiatan belajar mengajar yang dilakukan pendidik bagi peserta didik. Pemanfaatan teknologi sebagai media pembelajaran salah satunya yaitu menggunakan aplikasi TikTok sebagai media penunjang proses pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan minat belajar peserta didik. Dengan adanya aplikasi TikTok sebagai media pembelajaran maka akan banyak model pembelajaran yang bisa diterapkan sehingga dapat berpengaruh pada minat belajar peserta didik. Selain pengaruh positif ada pula pengaruh negatif dari penggunaan aplikasi TikTok. Sehingga diharapkan bagaimana pendidik dapat kreatif dan cermat dalam penggunaan media tersebut agar berjalan dengan efektif dan peserta didik bijak dalam menggunakannya.

References

Abdul Razak, Rumainur. “Efektivitas Penggunaan Multimedia Auto Play Etnik Kalimantan Timur Terhadap Hasil Belajar Matematika SD Fastabiqul Khairat Kelas VI Di Kota Samarinda.” Journal Of Madrasah Ibtidaiyah Education Vol 2, no. edisi no 1 (2018): 94.

Adawiyah, Dwi Putri Robiatul. “Pengaruh Penggunaan Aplikasi TikTok Terhadap Kepercayaan Diri Remaja Di Kbupaten Sempang.” Jurnal Komunikasi 14, no. edisi no 2 (2020): h.136.

Agusta, Ivanovich. “Teknik Pengumpulan Dan Analisis Data Kualitatif 1.” Dina Fatma Adriyani, n.d.

Aji, Wisnu Nugroho. “Aplikasi TikTok Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia.” Pertemuan Ilmiah Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2018, h.433.

Amalia Nur Aini, Marniati Kadir, Masliyana. “Penerapan Metode Bermain Dalam Menstimulasi Kemampuan Sosial.” Jurnal BOCAH : Borneo Early Childhood Education and Humanity Vol 1, no. edisi no 1 (2021).

Dewanta, Aanbj. “Pemanfaatan Aplikasi TikTok Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa 9, no. 2 (2020): 79–85.

Dewi, Adella Aninda. “Penggunaan Aplikasi TikTok Sebagai Media Pembelajaran.” Jurnal Epistima 3, no. 1 (2022): 12–13.

Dian Herdiati, Dhika Dwi Atmaji, Raden Mas Aditya Andriyanto, Dani Nur Saputra. “Pemanfaatan Aplikasi TikTok Sebagai Media Pembelajaran Musik Di SMAN 1 Muara Enim, Sumatera Selatan.” Jurnal Pengkajian Dan Penciptaan Musik 4, no. edisi No 2 (2021): 111–19.

Evi Apriyani, Wienike Dinar Pratiwi. “Penggunaan Aplikasi TikTok Sebagai Media Pembelajaran Menulis Teks Prosedur Kompleks Di Era Pandemi Covid-19.” Jurnal Bahasa Indonesia Prima vol 4, no. edisi no 1 (2022): h.37.

Fuja Siti Fujiawati. “PEMANFAATAN TEKNOLOGI UNTUK PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI MASA PANDEMI COVID-19.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP 3, no. 1 (2020): 123.

Hasugian, Penda Sudarto. “Perancangan Website Sebagai Media Promosi Dan Informasi.” Journal Of Informatic Pelita Nusantara Vol 3, no. 1 (2018): 82–86.

Haykal, Muhammad, Nor Latifah, Syti Nurdiniyah, and Kautsar Wardhana. “Pengaruh Penggunaan Youtube Terhadap Minat Belajar Mahasiswa PBA UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda Angkatan 2021.” Borneo Journal of Language and Education 1, no. 2 SE-Articles (November 29, 2021). https://journal.uinsi.ac.id/index.php/bjle/article/view/5911.

Herwin, Said Hasan, Indriana Rahmawati. “Penerapan Metode Card Sort Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Fiqh Siswa Mts Nabil Husein Samarinda.” Jurnal Sijope vol 1, no. edisi no 1 (2021): h.2.

Karmila, Karmila, Nurul Fauziah, Elsa Safira, M Nur Atdeni Sadikin, and Kautsar Eka Wardhana. “Diskriminasi Pendidikan Di Indonesia.” EDUCASIA: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Dan Pembelajaran 6, no. 3 SE-Articles (December 31, 2021). https://doi.org/10.21462/educasia.v6i3.128.

Mu’awanah. Strategi Pembelajaran Pedoman Untuk Guru Dan Calon Guru. Kediri: STAIN Kediri Press, 2011.

Muhammad Hasan, Milawati, Darodjat, Dkk. Media Pembelajaran. Edited by Fatma Sukmawati. Klaten: Tahta Media Group, 2021.

Musfiroh, Imroh Atul. “Pendayagunaan Pusat Sumber Belajar (PSB) Di IAIN Samarinda.” Syamil : Jurnal Pendidikan Agama Islam 7, no. 1 (2019): 1–3.

Nur, Euis, Amanah Asdiniah, and Triana Lestari. “Pengaruh Media Sosial Tiktok Terhadap Perkembangan Prestasi Belajar Anak Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5, no. Edisi 1 (2021): 1675–82.

Nursusanti, Desi Nugrahane, Erwan Setianto, and Harun Sabhara. “Kedudukan Teknologi Pendidikan Islam.” Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial Vol 3, no. edisi No 3 (2021): 402–16.

Ridho, Ahmad, Kautsar Eka Wardhana, Ayu Sasadila Yuliana, Ikhwan Nuur Qolby, and Zalwana Zalwana. “Implementasi Pendidikan Multikutural Berbasis Teknologi Dalam Menghadapi Era Society 5.0 .” EDUCASIA: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Dan Pembelajaran 7, no. 3 SE-Articles (December 31, 2022). https://doi.org/10.21462/educasia.v7i3.131.

Roostin, Erna. “Peningkatan Minat Belajar Dan Sikap Sains Anak Melalui Metode Eksperimen Pada Masa Pandemi Covid 19.” J-Sanak; Jurnal Kajian Anak 2, no. 01 (2020): 1–13.

Saputra, Muhammad Rohan, Kautsar Eka Wardhana, Rahmad Effendy, Rahmatul Muthmainnah, Trianisa Ayu Anastasya, Uin Sultan, and Aji Muhammad. “Penggunaan Video Animasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar.” EDUCASIA: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Dan Pembelajaran 6, no. 3 (December 31, 2021): 167–82. https://doi.org/10.21462/EDUCASIA.V6I3.126.

Zurqoni. “Menilai Kesulitan Belajar Peserta Didik Akibat Speech Disorder.” Jurnal Syamil Vol 4, no. edisi no 2 (2016).

Published
2023-01-01
How to Cite
Fauziyah, N., Ramadhini, A., Wardhana, K., & Hidayat, A. (2023). Penggunaan Aplikasi Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Di Era Globalisasi Digital. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 3(3), 181-193. https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v3i3.5925