Problematika Pelaksanaan Program Tahfidz Ma’had Al-Jami’ah UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda

  • Muchammad Rifai Hamzah Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Muchammad Eka Mahmud Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Marajo Marajo Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Achmad Ruslan Afendi Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: Problematika, Pelaksanaan, Program Tahfidz Al-Qur’an

Abstract

Menghafal Al-Qur’an hakikatnya telah dimudahkan oleh Allah SWT bagi yang bersungguh-sungguh, hal tersebut ditegaskan di Al-Qur’an surah Al-Qamar ayat 17. Tetapi pada prosesnya justru pelaksanaan program tahfidz Ma’had Al-Jami’ah mengalami beberapa dinamika dan problematika. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis problematika pelaksanaan program tahfidz di Ma’had Al-Jami’ah UIN Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif dengan pendekatan field research. Sumber data diambil dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan secara langsung dan terlibat dalam kegiatan tersebut maka dapat diketahui bahwa problematika yang terjadi disebabkan oleh dua faktor : Pertama faktor internal yaitu kurang disiplin, kurang murajaah, lemah bacaan bin-nadzor, tidak memiliki latar belakang menghafal Al-Qur’an. Kedua faktor eksternal disebabkan oleh alokasi waktu yang minim, sarana dan prasana terbatas, lingkungan kurang kondusif, administrasi program belum tersusun secara sistematis. Maka solusi yang dapat ditawarkan yaitu dengan membuat tata tertib secara sistematis dan tertulis, sistem seleksi diperketat, mengajukan anggaran untuk sarana dan prasarana, menyiapkan asrama khusus penghafal Al-Qur’an, membuat administrasi program secara sistematis.

References

Afendi, A. R., Ramli, A., Sudadi, S., & Anwar, C. (2023). Metode Rasulullah Dalam Mendidik Anak Dan Kajian Terhadap Hadis Tentang Perintah Mendirikan Shalat. Journal of Social Computer and Religiosity (SCORE), 1(1), 1–7.
Ali, M. M. (2015). Al Qur’an Terjemah dan Tafsir. Darul Kutubil Islamiyah.
Aliyah, S. (2016). Ulul Albab Dalam Tafsir Fi Zhilali Al-Quran. Jurnal Ilmu Agama, 14(1), 115–150.
Amir, S., Fauzi, M. R., & Isomudin, M. (2021). Problematika pembelajaran tahfidz di pondok pesantren. Jurnal At-Tadbir: Media Hukum Dan Pendidikan, 31(2), 108–119.
As-Suyuthi, J., & Al-Mahalli, J. (2003). Tafsir jalalain. Surabaya: Imaratullah.
Batu Bara, N. F. (2019). Problematika pelaksanaan tahfidzul Qur’an di Pondok Pesantren Al-Ansor Manunggang Julu Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara Kota Padangsidimpuan. IAIN Padangsidimpuan.
https://quran.kemenag.go.id/
IZZA, B. S. S. F. (n.d.). Problematika Tahfiz} Al-Qur’an Bagi Mahasiswa Di Pondok Pesantren Madrosatul Qur’anil Aziziyyah Beringin, Ngaliyan, Semarang Skripsi.
Kafi, M. I. A., & Hanum, S. (2020). Pendidikan Kecerdasan Intelektual Berbasis Al-Qur’an. Al-Hikmah, 2(1), 98–107.
Karim, D. A., Muhammad, H. N., & Arifin, A. Z. (2019). Metode Yadain Li Tahfizh Al-Qur’an (Implementasi Program Karantina Sebulan Hafal Al-Qur’an). Studi Qur’an, 4(2), 81–99.
Lailiy, F. (2010). Motivasi Sebagai Upaya Mengatasi Problematika Santri Menghafal al-Qur’an Di Madrasah Tahfidzul Qur’an Pondok Pesantren Al-Munawwir Komplek Q Yogyakarta. Skripsi Tidak Diterbitkan. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Muhith, N. F. (2013). Semua Bisa Hafal Al-Qur’an. Surakarta: Al-Qudwah.
Utami, T. (n.d.). Problematika Santri Dalam Menghafal Al-Quran Di Pesantren Taḥfiẓ Alif Ciputat Tangerang Selatan.
Published
2023-06-10
How to Cite
Hamzah, M., Mahmud, M., Marajo, M., & Afendi, A. (2023). Problematika Pelaksanaan Program Tahfidz Ma’had Al-Jami’ah UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 4(1), 25-30. https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v4i1.6270