PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITA FANTASI KELAS VII SMP SALSABILA SAMARINDA

  • Khairun Nisyah UNIVERSITAS MULAWARMAN
Keywords: learning media development, pop up book, fantasy storytelling

Abstract

Penelitan ini menghasilkan produk media pembelajaran berupa Pop Up Book, dan menguji efektivitas produk media di kelas VII pada pembelajaran bercerita fantasi. Desain penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengadopsi model Plomp. Desainnya mencakup tiga fase: penelitian pendahuluan, pengembangan atau pembuatan prototipe, dan fase penilaian. Subyek penelitian ini adalah satu orang guru bahasa donesia, dan satu kelas sebagai kelas eksperimen SMP Salsabila Samarinda. Hasil penelitian pendahuluan menegaskan kebutuhan media Pop Up Book sebagai media pembelajaran untuk membantu meningkatkan kemampuan bercerita fantasi. Tahap pengembangan menghasilkan media Pop Up Book yang telah di validasi oleh ahli materi dan ahli media. Pada tahap akhir, media diujicoba dengan menggunakan penelitian pra-eksperimental dengan desain one-group pretest-posttest yang menunjukkan media yang dikembangkan efektif meningkatkan kemampuan bercerita fantasi siswa.

References

Alhadi, M. L. (2021). Pengembangan Media Pop Up-Book Pada Materi Daur Hidup Di Kelas Iii Sekolah Dasar Negeri 004 Pulau Tepi Air.
Anggraini, W., & Hudaidah. (2021). Reformasi Pendidikan Menghadapi Tantangan Abad 21. Journal On Education, 03(03), 208–215.
Arip, M., & Aswat, H. (2021). Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 261–268. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V3i1.329
Dameria, R. (2024). Kemampuan Bercerita Tentang Tokoh Idola Siswa Kelas Vii Smp Negeri 1 Bone-Bone Kabupaten Luwu Utara. Jurnal Vokatif : Pendidikan Bahasa, Kebahasaan Dan Sastra, 1(1), 41–51.
Deswita, E., & Amini, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunanakan Canva Untuk Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar. Journal Of Basic Education Studies, 5(1), 950–961.
Dhuha, S. (2023). Peningkatan Kemampuan Berbicara Menggunakan Media Animasi Pada Materi Teks Cerita Fantasi Ssiswa Kelas Vii Smpn 1 Kuala. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 4(1), 1–15.
Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar Dan Pembelajaran. In Kaffah Learning Center.
Dyah, Anung D. M. (2019). Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar Untuk Menstimulasi Kemampuan Problem Solving Anak Usia 5-6 Tahun.
Erica, & Sukmawarti. (2021). Pengembangan Media Pop Up Book Pada Pembelajaran Pkn Di Sd. Journal Ability : : Journal Of Education And Social Analysis, 2(4), 110–122. Https://Doi.Org/10.51276/Edu.V1i1.44
Hudiyono, Y., Aminah, S., & Gm, W. (2023). Pengaruh Media Audio Visual Dan Kegiatan Literasi Terhadap Kemampuan Menulis Teks Negosiasi Pada Siswa. Jbsi: Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(01), 156–161. Https://Doi.Org/10.47709/Jbsi.V3i01.2853
Khasanah, U., & Herina, D. (2019). Membangun Karakter Siswa Melalui Literasi Digital Dalam Menghadapi Pendidikan Abad 21 (Revolusi Industri 4.0). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 999–1015.
Made, N., Dewi, A. S., Made Ardana, I., & Sudiarta, G. P. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Edukasia: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 547–560. Http://Jurnaledukasia.Org
Magdalena, I., Shodikoh, A. F., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., & Susilawati, I. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sdn Merayu Selatan 06 Pagi. Edisi : Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(2), 312–325. Https://Ejournal.Stitpn.Ac.Id/Index.Php/Edisi
Mahardika, A. I., Wiranda, N., & Pramita, M. (2021). Pembuatan Media Pembelajaran Menarik Menggunakan Canva Untuk Optimalisasi Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 4(3), 2614–7947.
Mardhiyah, Rifa H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. Rizal. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar Di Abad 21 Sebagai Tuntutan Dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40. Https://Doi.Org/10.31849/Lectura.V12i1.5813
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis A Methodes Sourcebook (S. Helen, Ed.; 3rd Ed.). Sage.
Mulya, G., & Lengkana, A. S. (2020). Pengaruh Kepercayaan Diri, Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Jasmani. Competitor: Jurnal Pendidikan Kepelatihan Olahraga, 12(2), 83–94. Https://Pdfs.Semanticscholar.Org/9642/924d69e47d2aaaa01c9884a402c34a7bf13f.Pdf.
Nabila, S., Adha, I., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Kearifan Lokal Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3928–3939. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i5.1475
Nirmalasari, O., & Yahya, M. (2022). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Narasi (Cerita Fantasi) Dengan Model Project Based Learning Dan Media Film Ambilkan Bulan Pada Siswa Kelas Vii E Mtsn 2 Surakarta Tahun Ajaran 2021/2022. Metamorfosis, 15(2), 24–37. Http://Ejournal.Unibba.Ac.Id/Index.Php/Metamorfosis
Nisaa’, F. K., & Adriyani, Z. (2021). Pengaruh Penggunaan Pop-Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Konsep Siklus Air. Journal Of Integrated Elementary Education, 1(2), 89–97. Https://Doi.Org/10.21580/Jieed.V1i2.8238
Plomp, Tj. (Tjeerd), Bannan, B., Akker, J. J. H. Van Den (Jan J. H., Cobb, Paul., Folmer, Elvira., Gravemeijer, K. (Koeno P. E., Kelly, A. E., Nieveen, N. M., & Slo (2000- ). (2013). Educational Design Research / Part A: An Introduction.
Puspita, I. A., Azainil, & Basir, A. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Matematika. Universitas Mulawarman, 2(22), 75–92. Https://Jurnal.Fkip.Unmul.Ac.Id/Index.Php/Psnpm
Puspita, I. A., Azainil, & Basir Abdul. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Matematika. Universitas Mulawarman, 2, 2022. Https://Jurnal.Fkip.Unmul.Ac.Id/Index.Php/Psnpm
Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 Dan Penerapannya Di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i2.2082
Rasagama, Ig. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Getaran Berbasis Video Youtube Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa Politeknik. Jurnal Pendidikan Sains (Jps), 8(2), 91–101. Https://Doi.Org/10.26714/Jps.8.2.2020.91-101
Riduwan. (2008). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian (Warsiman, Ed.; 1st Ed.). Alfabeta.
Riono, & Fauzi. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pai-Bp Di Sd Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 117–127. Https://Doi.Org/10.31949/Jcp.V8i1.1921
Sulistiowati, D., & Wiarsih, C. (2021). Studi Literatur Pendekatan Calla (The Cognitive Academic Language Learning Approach) Dan Media Pop Up Book Dalam Peningkatan Minat Membaca Di Sekolah Dasar. 7(1), 64–73. Https://Doi.Org/10.31949/Educatio.V7i1.835
Susilawati, M., Haruna, M. J., & Suhatmady, B. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Komik Pada Pembelajaran Parafrasa Teks Hikayat Menjadi Cerpen Siswa Kelas X Sman 10 Samarinda. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 6(2), 597–606. Https://Doi.Org/10.30872/Diglosia.V6i2.654
Syahroni, M. (2020). Pelatihan Implementasi Media Pembelajaran Interaktif Guna Peningkatan Mutu Pembelajaran Jarak Jauh. International Journal Of Community Service Learning, 4(3). Https://Doi.Org/10.23887/Ijcsl.V4i3.28847
Trisdiana, N. Z., Arkam, R., & Mustikasari, R. (2022). Meningkatkan Kemampuan Bercerita Anak Usia Dini Dengan Media Boneka Jari. Jurnal Mentari, 2(2), 92–101. Https://Jurnal.Stkippgriponorogo.Ac.Id/Index.Php/Mentari
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Journal On Education, 05(02), 3928–3936.
Yuniar, F., Sumarni, & Adiastuty, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Segiempat Berbasis Adobe Flash Cs6 Melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning Untuk Memfasilitasi Kemampuan Koneksi Matematis. Jes-Mat, 6(2), 101–112.
Published
2024-10-03
How to Cite
Nisyah, K. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITA FANTASI KELAS VII SMP SALSABILA SAMARINDA. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 5(3). https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v5i3.8784