Peningkatan Hasil Belajar Matematika Kelas V MI Materi Operasi Bilangan Pecahan Model PBL
Abstract
Pembelajaran yang berasas pada masalah yang dikenal sebagai problem based learning (PBL) merupakan suatu model pembelajaran yang digunakan untuk mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa melalui pemecahan masalah yang relevan dengan kehidupan nyata dari mereka. Model PBL berfokus pada solusi masalah yang autentik dalam meningkatkan pemahaman siswa secara mendalam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model problem based learning efektif dalam meningkatkan pencapaian akademik dan partispasi aktif siswa dalam pembelajaran, terutama pada aspek kognitif dan keaktifan siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, dengan subjek penelitian berjumlah 17 siswa kelas V MIN 26 Hulu Sungai Utara pada semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui pengisian lembar observasi siswa dan tes tertulis. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada pra-siklus, nilai rata-rata siswa kelas V MIN 26 Hulu Sungai Utara adalah 68,12 dengan ketuntasan klasikal sebesar 47% ( 8 siswa) dari total 17 siswa yang mendapat nilai 65 (KKM). Namun, pada siklus 1 dan siklus 2 terjadi peningkatan nilai rata-rata siswa menjadi 75,29 dan 78,82 secara berturut-turut. Ketuntasan klasikal juga meningkat menjadi 70,59% dan 82,5% pada siklus 1 dan 2, dengan jumlah siswa yang mencapai nilai 65 sebanyak 12 dan 14 siswa.
References
Aristia, Risa. “Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa MI Walisongo Gempol.” Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 2018.
Asyafah, Abas. “MENIMBANG MODEL PEMBELAJARAN (Kajian Teoretis-Kritis Atas Model Pembelajaran Dalam Pendidikan Islam).” TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education 6, no. 1 (2019): 19–32. https://doi.org/10.17509/t.v6i1.20569.
Azriani, N., N. Islami, N. Hermita, M. Nor, E. Syaodih, H. Handayani, Z. Zulirfan, et al. “Implementing Inquiry Learning Model to Improve Primary School Students’ Critical Thinking on Earth and Universe Concept.” Journal of Physics: Conference Series 1227, no. 1 (2019). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1227/1/012033.
Dahliana, Dahliana, Firnanda Pradana Putra, and Ahmad Maulana Syafi’i. “PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING KELAS V MI NURUDDIN I BANJARMASIN.” Jurnal SIPPG: Sultan Idris Pendidikan Profesi Guru 1, no. 1 (2023): 47–61.
Hung, Woei. “Problem Design in PBL.” The Wiley Handbook of Problem‐based Learning, 2019, 249–72.
Mareti, Janista Windi, and Agnes Herlina Dwi Hadiyanti. “Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar IPA Siswa.” Jurnal Elementaria Edukasia 4, no. 1 (2021): 31–41.
Mirdad, J. “Model-Model Pembelajaran (Empat Rumpun Model Pembelajaran).” Jurnal Sakinah 2, no. 1 (2020): 14–23.
Mukrimatin, Nor Aulia, Murtono Murtono, and Savitri Wanabuliandari. “Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V SD Negeri Rau Kedung Jepara Pada Materi Perkalian Pecahan.” ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 1, no. 1 (2018): 67–71. https://doi.org/10.24176/anargya.v1i1.2277.
Nasional, Indonesia Departemen Pendidikan. “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional,” 2003.
Nurjana. “Pecahan Berpenyebut Berbeda Bagi Siswa Kelas IV SD.” THEOREMS (THE JOuRnal of MathEMatics) 2, no. 2 (2017): 157–75.
Nurlaelah, Nurlaelah, and Geminastiti Sakkir. “Model Pembelajaran Respons Verbal Dalam Kemampuan Berbicara.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 4, no. 1 (2020): 113–22.
Pangaribuan, Firman, Juli Antasari Br. Sinaga, and Herman Herman. “Desain Lembar Aktivitas Siswa (Las) Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Memahami Konsep Pembagian Pecahan Di Sd Negeri 095173 Sihemun.” Jubaedah : Jurnal Pengabdian Dan Edukasi Sekolah (Indonesian Journal of Community Services and School Education) 1, no. 1 (2021): 69–76. https://doi.org/10.46306/jub.v1i1.15.
Prof. DR. H. Wina Sanjaya, M. P. Penelitian Tindakan Kelas. Prenada Media, 2016. https://books.google.co.id/books?id=YMtADwAAQBAJ.
Putra, Firnanda Pradana, Ainin Nurqolbu, and M. Sabil Ihsan Jamil. “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Materi Dimensi Tiga Di Kelas XII MA.” Borneo Journal of Science and Mathematics Education 1, no. 2 (2021): 113–23.
Putra, Firnanda Pradana, and Susiswo Susiswo. “KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP DALAM MEMECAHKAN MASALAH POLA BILANGAN.” Math Educa Journal 6, no. 2 (2022): 190–205.
Rahmadani, Normala, and Indri Anugraheni. “Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika Melalui Pendekatan Problem Based Learning Bagi Siswa Kelas 4 Sd.” Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 7, no. 3 (2017): 241. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i3.p241-250.
Ramlah, Ramlah, Sudarman Bennu, and Baharuddin Paloloang. “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan Di Kelas Vii Smpn Model Terpadu Madani.” JIPMat 1, no. 2 (2017). https://doi.org/10.26877/jipmat.v1i2.1245.
Rohimah, Siti Maryam, Darta Darta, and Reva Intelliana Anggraeni. “Analisis Learning Obstacles Pada Materi Pecahan Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.” Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education 7, no. 2 (2022): 171–80. https://doi.org/10.23969/symmetry.v7i2.6386.
Rosmala Amelia, Isrok’atun. Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2018.
Saparwadi, Lalu. “Kesalahan Siswa Kelas Tiga Sekolah Dasar Dalam Menyelesaikan Operasi Penjumlahan Pecahan.” Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR 3, no. 1 (2020): 1–6.
Sinaga, Sopian. “Problematika Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dan Solusinya.” WARAQAT : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 2, no. 1 (2020): 14. https://doi.org/10.51590/waraqat.v2i1.51.
Suci, Dwi Wulan, and Taufina Taufina. “Peningkatan Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Berbasis Masalah Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 4, no. 2 (2020): 505–12. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.371.
Suharti, S. Pd, M. Kes Sumardi, Moh Hanafi, and Luqmanul Hakim. Strategi Belajar Mengajar. Jakad Media Publishing, 2020.
Suhendar, Uki, and Arta Ekayanti. “Problem Based Learning Sebagai Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Mahasiswa.” Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran 6, no. 1 (2018): 15–19. https://doi.org/10.24269/dpp.v6i1.815.
Tan, Fiona DH, Peter R. Whipp, Marylène Gagné, and Niels Van Quaquebeke. “Students’ Perception of Teachers’ Two-Way Feedback Interactions That Impact Learning.” Social Psychology of Education 22 (2019): 169–87.
Wardhana, Kautsar Eka. “Pengaruh Kematangan Anak Usia Dini Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar.” Sultan Idris Journal of Psychology and Education, 2022, 56–66.
Wardhana, Kautsar Eka, Ahmad Maulana Syafi’i, and Firnanda Pradana Putra. “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Macromedia Flash Dalam Pembelajaran Matematika.” Borneo Journal of Science and Mathematics Education 1, no. 1 (2021): 57–67.
Winarsih, Sri, Khresna Bayu Sangka, and Dini Octoria. “Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction Dan Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Ditinjau Dari Motivasi Belajar Di SMK.” Tata Arta: Jurnal Pendidikan Akuntansi 5, no. 2 (2019).
WS, Hasanuddin, Taufina, Chandra, and Yesi Anita. “Literasi Matematis Dalam Pembelajaran Berbasis Masalah.” Jurnal Pendidikan 1, no. 1 (2018): 167.
Zainal, Nur Fitriani. “Problem Based Learning Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah.” Jurnal Basicedu 6, no. 3 (2022): 3584–93. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2650.
Zubaidah, Siti. “Pembelajaran Kontekstual Berbasis Pemecahan Masalah Untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis.” Seminar Nasional Universitas Muhammadiyah Makassar, no. June (2017): 1–17.