Peranan Khauf terhadap Kontrol Diri Remaja Pondok Pesantren

  • Almadina Almadina Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin
  • Muhammad Zainal Abidin Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin
  • Mahdia Fadhila Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin
Keywords: kenakalan remaja, khauf, kontrol diri

Abstract

Perilaku negatif masih sering dijumpai pada remaja yang bersekolah di pondok pesantren. Salah satu faktor penyebabnya adalah kurangnya kontrol diri, yang dapat ditingkatkan dengan khauf. Hipotesis pada penelitian ini, yaitu (Ha) khauf berpengaruh signifikan terhadap kontrol diri remaja Pondok Pesantren Manba’ul ‘Ulum Putri Kertak Hanyar dan (Ho) khauf tidak berpengaruh signifikan terhadap kontrol diri remaja Pondok Pesantren Manba'ul 'Ulum Putri Kertak Hanyar. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan metode kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah 62 remaja Pondok Pesantren Manba’ul ‘Ulum Putri Kertak Hanyar. Penelitian ini menggunakan skala khauf dan skala kontrol diri sebagai alat pengumpulan data. Hasil yang didapat adalah khauf berpengaruh signifikan terhadap kontrol diri remaja Pondok Pesantren Manba’ul ‘Ulum Putri Kertak Hanyar (p = 0,000 artinya p < 0,05) sehingga Ha diterima. Adapun besaran pengaruh khauf terhadap tingkat kontrol diri remaja Pondok Pesantren Manba’ul ‘Ulum Putri Kertak Hanyar adalah sebesar 46,4%.

References

Alaydrus, R. M. (2017). Membangun kontrol diri remaja melalui pendekatan islam dan neuroscience. Psikologika: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 22(2), 15-27. https://doi.org/10.20885/psikologika.vol22.iss2.art2

Arjoni, A. (2017). Pendidikan Islam dan kenakalan remaja. Turast: Jurnal Penelitian dan Pengabdian, 5(2), 189–204. https://doi.org/10.15548/turast.v5i2.368

Averill, J. R. (1973). Personal control over aversive stimuli and its relationship to stress. Psychological Bulletin, 80(4), 286–303. https://doi.org/10.1037/h0034845

Casmini, C., Nurfadhi, T., & Kusumaningrum, P. (2021). Penanaman Khauf dan Raja’ dalam pendidikan karakter remaja. Syifa Al-Qulub, 5(2), 123-131. https://doi.org/10.15575/saq.v5i2.8730

Dacholfany, M. I. (2014). Al-Khauf dan Al-Raja’ menurut Al-Ghazali. As-Salam, 5(1), 35–44. https://doi.org/10.51226/assalam.v3i1.52

Diananda, A. (2019). Psikologi remaja dan permasalahannya. Journal ISTIGHNA, 1(1), 116–133. https://doi.org/10.33853/istighna.v1i1.20

Geldard, K., Geldard, D., & Foo, R. Y. (2018). Counselling children: A practical introduction. SAGE.

Gulen, M. F. (2014). Tasawuf untuk kita semua. Republika Penerbit.

Hidayah, N. R. (2020). Kontrol diri dan konformitas terhadap kenakalan remaja. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(4), 657–670. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i4.5571

Hidayati, K. B., & Farid, M. (2016). Konsep diri, adversity quotient dan penyesuaian diri pada remaja. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 5(2), 137-144. https://doi.org/10.30996/persona.v5i02.730

Ikrar, I. (2019). Konsep khauf dalam tafsir Al—Misbah telaah atas pokok-pokok pikiran tasawuf M. Quraish Shihab. Mumtaz: Jurnal Studi Al-Qur’an dan Keislaman, 2(1), 27–56. https://doi.org/10.36671/mumtaz.v2i1.18

Jannah, M. (2017). Remaja dan tugas-tugas perkembangannya dalam islam. Psikoislamedia : Jurnal Psikologi, 1(1), 243-256. https://doi.org/10.22373/psikoislamedia.v1i1.1493

Jayanti, M. D. (2015). Pengaruh khauf terhadap perilaku menyontek mahasiswa tasawuf dan psikoterapi Fakultas Ushuluddin dan Humaniora UIN Walisongo Semarang. [Skripsi]. Universitas Islam Negeri Walisongo.

Kenyawati, A. M. (2018). Pengaruh kontrol diri terhadap kenakalan remaja di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) “Raden Sahid” Mangunan Lor Kebonagung Demak [Skripsi]. Universitas Islam Negeri Walisongo.

Leonsyah, L. (2021, September 26). Terungkap tawuran Banjarmasin terjadi tiap minggu, gunakan celurit, pisau sampai kayu. Koranbanjar.Net. https://koranbanjar.net/terungkap-tawuran-banjarmasin-terjadi-tiap-minggu-gunakan-celurit-pisau-sampai-kayu/

Luthfiana, N. U. (2017). Analisis makna khauf dalam Al-Qur`an: Pendekatan semantik Toshihiko Izutsu. AL ITQAN: Jurnal Studi Al-Qur’an, 3(2), 95–118. https://doi.org/10.47454/itqan.v3i2.61

Masruroh, H. Z. (2019). Pengaruh penerapan self training khauf dan raja’ untuk regulasi emosi pada santri di Madrasah Tsanawiyah Nurul Wafa Besuki Situbondo [Skripsi]. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.

Mujib, A. (2017). Teori kepribadian: Perspektif psikologi Islam. Rajawali Pers.

Munib, M. (2017). Membangun tradisi akademik pendidikan pesantren dalam pembentukan karakter. KABILAH : Journal of Social Community, 2(1), 118–136. https://doi.org/10.35127/kbl.v2i1.3093

Munjiat, S. M. (2018). Peran Agama Islam dalam pembentukan pendidikan karakter usia remaja. Al-Tarbawi Al-Haditsah : Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 170–190. https://doi.org/10.24235/tarbawi.v3i1.2954

Najati, M. ʻUthmān, Aldizar, H. A., & Suparta, T. (2006). Ilmu jiwa dalam Al-Qur’an. Pustaka Azzam.

Nurdin, Muh. N. H., Rahmah, A. I., Ansyar, A., Salim, M. Y., Jannah, M., & Fitriazahra, M. (2021). Regulasi emosi sebagai upaya kontrol diri warga binaan rutan kelas 1 Makassar. PENGABDI: Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat, 2(2), 197–202. https://doi.org/10.26858/pengabdi.v2i2.24976

Rusdiyanti, I., Fahrurazi, F., & Anggraeni, S. (2019). Faktor-faktor yang melatarbelakangi kenakalan pada remaja di yayasan “wagas limpua” Banjarmasin. Healthy-Mu Journal, 3(1), 14-24. https://doi.org/10.35747/hmj.v3i1.377

Ulya, M., Nurliana, N., & Sukiyat, S. (2021). Pengelolaan dan pengendalian emosi negatif perspektif Al Quran. El-Umdah, 4(2), 159–184. https://doi.org/10.20414/elumdah.v4i2.4229

UNICEF. (2017). UNICEF annual report 2016. United Nations Children’s Fund.

Wulandari, N. (2018). Identifikasi kontrol diri dan asertivitas diri anggota geng sekolah. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, 4(3), 155-166.

Yusuf, M. (2020). Bahaya Hamba Bersandar Pada Amal: Perspektif Khauf dan Raja’. PUTIH: Jurnal Pengetahuan Tentang Ilmu Dan Hikmah, 5(1), 53–84. https://doi.org/10.51498/putih.v5i1.62

Published
2022-06-03
How to Cite
Almadina, A., Abidin, M., & Fadhila, M. (2022). Peranan Khauf terhadap Kontrol Diri Remaja Pondok Pesantren. TAUJIHAT: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 3(1), 1-10. https://doi.org/10.21093/tj.v3i1.4465
Section
Articles