Implementasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Bahasa Arab di MI Manarul Islam Malang

  • Devi Rafika Sari Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Sholeh Najmul Millah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: Implementasi, Pembelajaran Bahasa Arab, Teknologi Informasi dan Komunikasi

Abstract

Merebaknya virus Covid-19 ke seluruh negara tentu tidak hanya berimplikasi pada krisis kesehatan, akan tetapi juga berimplikasi pada aspek-aspek lainnya termasuk pendidikan. Keadaan ini menuntut seluruh lembaga pendidikan untuk mampu beradaptasi. Kegiatan pembelajaran termasuk pembelajaran bahasa Arab harus tetap dilaksanakan secara jarak jauh guna mencegah penyebaran virus ini semakin luas dengan cara memanfaatkan teknologi informasi sebagaimana yang telah dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Manarul Islam Malang. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan belajar mengajar bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Manarul Islam Malang dengan menggunakan teknologi informasi selama pandemi Covid-19. Dengan menggunakan data primer dan sekunder, penelitian ini berusaha menganalisis fenomena dan realitas sosial dengan pendekatan kualitatif-deskriptif. Hasil wawancara dengan pengajara Bahasa Arab di madrasah tersebut menjadi data primer. Sedangkan data sekunder bersumber dari jurnal, buku, dan artikel terkait. Penelitian ini menunjukkan bahwa selama pandemi Covid-19, platform digital yang digunakan dalam proses pembelajaran diantaranya adalah Zoom Cloud Meeting, PowerPoint, Googleform, Quizziz, Worldwall, dan Google Classroom. Dalam penugasan, pengajar memberikan dua jenis tugas; langsung dan tidak langsung.

References

Achyar, Sayyidi. “Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” Jurnal Al-Fawa’id : Jurnal Agama dan Bahasa 8, no. 1 (30 Maret 2018). https://doi.org/10.54214/alfawaid.Vol8.Iss1.105.
Aisa, Aufia, dan Linta Lisvita. “Penggunaan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Online Masa Covid-19,” 2020.
Albantani, Azkia Muharom. “PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH IBTIDAIYAH : SEBUAH IDE TEROBOSAN.” Attadib Journal Of Elementary Education 3 (2018).
Benedik, Salma Laksmita. Implementasi Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Studi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah Manarul Islam Malang). WhatsApp, Desember 2022.
Darimi, Ismail. “Teknologi Informasi dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Efektif.” Jurnal Pendidikan Informasi 1 No. 2 (2017).
Hasan, Hasan. “OPTIMALISASI GOOGLE FORM DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI ERA PANDEMI COVID-19.” Dalam Prosiding Konfrensi Nasional Bahaa Arab VI. Malang, 2020.
Huda, Irkham Abdaul. “Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Terhadap Kualitas Pembelajaran di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan dan Konseling 2 No. 1 (2020).
Makrifah, Nurul. “Inovasi Pemecahan Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah.” Syaikhuna: Jurnal Pendidikan dan Pranata Islam 11, no. 1 (26 Maret 2020): 16–30. https://doi.org/10.36835/syaikhuna.v11i1.3840.
Munir, Achmad Sirojul, dan Muassomah Muassomah. “PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI ERA PANDEMI: IMPLEMENTASI E-LEARNING DI SEKOLAH DASAR ISLAMIC GLOBAL SCHOOL KOTA MALANG.” Lisanul Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching 10, no. 1 (13 Juli 2021): 93–102. https://doi.org/10.15294/la.v10i1.43719.
Nafisah, Khoridatun, Nur Patni, Wildana Wargadinata, dan Nur Hasan Abdul Bary. “Aplikasi Smartschool Genius Alternatif Pembelajaran Bahasa Arab Interaktif di Era Covid-19,” t.t.
Novita, Almi, dan Munawir Munawir. “Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Teknologi Informasi Komunikasi pada Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar.” EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN 4, no. 1 (19 Januari 2022): 1378–86. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1947.
P., Andi Achru. “PENGEMBANGAN MINAT BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN.” Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan 3, no. 2 (30 Desember 2019): 205. https://doi.org/10.24252/idaarah.v3i2.10012.
Rusdiana. Sistem Informasi Manajemen Pendidikan: Konsep, Prinsip, dan Aplikasi. Bandung: Pusat Penelitian dan Penerbitan, 2018.
Sari, Devi Rafika, dan Ahmad Fadhel Syakir Hidayat. “The Effects of Using Animation Movies Toward Students Understanding on Sharaf Rules at Twelve Grade of Religious Class at MAN 2 Samarinda in Academic Year 2020/2021.” Borneo Journal of Language and Education 1, no. 1 (2021).
Published
2023-05-09
How to Cite
Sari, D., & Millah, S. (2023). Implementasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Bahasa Arab di MI Manarul Islam Malang. Borneo Journal of Language and Education, 3(1), 44-53. https://doi.org/10.21093/benjole.v3i1.6403